5 Tips Manajemen Kelas Pada Awal Tahun Ajaran Baru

Ketika siswa pertama kali masuk dihari pertama pada awal tahun ajaran baru di sekolah, akan dipenuhi dengan kegembiraan, antisipasi, dan kegelisahan hari pertama. Dengan kegembiraan ini muncul beberapa hal yang tidak diinginkan sampai guru menerapkan rencana manajemen kelas.

5 Tips Manajemen Kelas Pada Awal Tahun Ajaran Baru

Tujuan seorang guru mulai saat pertama siswa baru memasuki kelas adalah untuk menetapkan tata tertib. Ini berarti guru harus mengamankan rencana manajemen kelas. Guru segera menerapkannya. Berikut lima tips untuk membantu guru memulai tahun ajaran baru sehingga menjadi tahun yang produktif dan sukses.

1. Mengenal Siswa

Cara terbaik untuk mengelola siswa adalah mengenal mereka lebih baik. Mengetahui kepribadian, minat, dan bagaimana mereka ingin belajar semuanya akan membantu guru untuk mengelolahnya. Cobalah strategi 3 x 10, dimana guru mengambil tiga  menit sehari selama sepuluh hari berturut-turut untuk bertemu dengan masing-masing siswa.

baca juga : Pentingnya Kreatifitas Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Ketika guru memiliki hubungan baik dengan siswa maka siswa akan mempercayai guru, maka guru dapat mengelolah kelas jauh lebih mudah. Membangun hubungan positif membutuhkan waktu, dan guru harus meneruskannya sepanjang tahun ajaran.

2. Ciptakan Kegiatan di Kelas

Menugaskan siswa pekerjaan di kelas di awal tahun ajaran memiliki banyak manfaat. Pertama, ini cara yang bagus untuk mengajarkan tanggung jawab terhadap siswa. Kedua, menjaga kelas tetap bersih dan teratur. Ketiga, ini membantu ruang kelas berjalan dengan lancar. Kunci untuk membuat sistem ini bekerja adalah konsistensi. Guru harus menjaga sistem untuk ketertiban kelas.

Cara mudah untuk melakukan ini adalah dengan memutar pekerjaan kelas setiap minggu sehingga semua siswa senang. Jika satu siswa membenci pekerjaan yang mereka dapatkan satu minggu, mereka akan dapat memulai yang baru minggu berikutnya.

3. Buat Ekspektasi Kelas Bersama

Menciptakan ekspektasi sebagai kelas versus mendesainnya sendiri adalah cara yang bagus untuk membuat siswa mengikuti aturan, karena mereka memiliki andil dalam menciptakannya. Jika guru ingin memiliki peranan dalam aturan, tetapi juga ingin para siswa merasa seolah-olah mereka telah memikirkannya sendiri. Adakan sesi curah pendapat di kelas di mana siswa diizinkan untuk mengekspresikan gagasan tentang peraturan dan harapan di kelas. Anda juga dapat berbagi ide.

4. Ajarkan Prosedur dengan Cara yang Benar

Tips manajemen kelas lainnya untuk memulai tahun ajaran dengan catatan yang baik adalah mengajarkan prosedur dengan cara siswa dapat memahaminya. Prosedur dimaksudkan untuk menjelaskan sesuatu yang ingin dilakukan dengan cara yang diinginkan. Namun, kadang-kadang guru berasumsi bahwa siswa mereka memahami apa yang mereka minta, padahal pada kenyataannya siswa benar-benar tidak tahu.

baca juga : 15 Macam Keterampilan Pengembangan Profesional untuk Menjadi Guru Modern

Jangan menganggap siswa  memahami apa yang diminta dari mereka. Perlu menunjukkan secara fisik. Jika memiliki prosedur bagaimana siswa menyerahkan pekerjaan rumah mereka, perlihatkan sendiri kepada mereka, kemudian minta mereka untuk menunjukkan kepada anda apa yang mereka lihat yang anda lakukan.

Ini tidak hanya akan memperkuat prosedur menjadi otak mereka, tetapi juga akan menunjukkan  bahwa mereka memahami prosedur tersebut dan tahu apa yang harus dilakukan. Setelah ini terjadi maka harus meminta siswa mempraktikkan prosedur berulang-ulang. Semakin banyak mereka mempraktikkannya, semakin cepat mereka melakukannya sendiri.

5. Selalu Memiliki Sesuatu untuk Dilakukan Siswa

Supaya ruang kelas suasana terus stabil, maka harus selalu memiliki sesuatu untuk dilakukan oleh siswa. Saat pertama dimana siswa tidak tahu apa yang diharapkan dari mereka, ruang kelas yang dikelolah akan tidak stabil. Buat rencana untuk saat-saat tidak terduga ketika pelajaran selesai lebih awal atau selama periode transisi.  Pastikan siswa tahu apa yang harus mereka lakukan sebelum bel berbunyi di pagi hari dan kapan sekolah berakhir.

Semua tips ini akan membantu mengelolah ruang kelas dan mencegah masalah disiplin. Namun, penting untuk dicatat bahwa seiring dengan menggunakan tips ini, juga harus diingat untuk tidak membiarkan hal-hal kecil terjadi selama minggu pertama sekolah. Meskipun terpikir bahwa itu tidak apa-apa karena siswa masih belum terbiasa dengan aturan baru.

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.