Workshop Membuat Website dari Nol tepat bagi Anda yang ingin membuat website sekolah, website pembelajaran, website personal, website organisasi, portal berita, dan website lainnya. Pastikan Anda bergabung di kegiatan ini! Yuk, langsung cek dan daftar melalui link dibawah ini

Manfaat Menulis Deskriptif Bagi Siswa di Kelas

Menulis deskriptif adalah inti dari kegiatan siswa yang mengungkapkan detail yang hidup melalui proses menulis. Jenis tulisan khusus ini sangat penting untuk menciptakan penulis karena memungkinkan siswa untuk mengekspresikan diri. Penulisan model ini melampaui batasan hanya dengan menetapkan topik dan menulis esai. Penulisan deskriptif meningkatkan kreativitas, keterlibatan , dan kesenangan bagi penulis dan pembaca.

Manfaat Menulis Deskriptif Bagi Siswa di Kelas

Apa itu Penulisan Deskriptif?

Penulisan deskriptif memberi pengertian kepada pembaca bahwa mereka dapat memvisualisasikan apa yang penulis tulis. Siswa “menunjukkan dan tidak menceritakan” dalam tulisan mereka. Penulis menutup mata dan membayangkan apa yang mereka dengar, cium, lihat, rasakan, dan rasakan. Mereka menggunakan detail sensorik menggunakan panca indera untuk membantu menulis deskripsi. Guru mendorong siswa untuk mengambil gambaran mental tentang apa yang mereka gambarkan.

Siswa membutuhkan topik atau gagasan utama untuk difokuskan selama penulisan deskriptif. Mahasiswa menulis tentang satu topik, dan ini akan menjadi pernyataan tesis. Penting untuk bertanya pada diri sendiri apa yang ingin Anda katakan tentang topik tersebut selama proses penulisan ini. Kemudian, tambahkan detail pendukung menggunakan indra Anda untuk apa yang Anda dengar, lihat, cium, rasakan, dan rasakan.

Saat menulis detail pendukung, siswa harus spesifik dan menyertakan frasa deskriptif. Ini juga merupakan cara yang bagus bagi siswa untuk menunjukkan kreativitas mereka dan membuatnya lebih menarik. Menggunakan detail memberikan gambaran yang lebih akurat tentang apa yang mereka tulis.

Saat menulis secara deskriptif, hindari redundansi dan jelaskan detail dengan perumpamaan dan metafora. Siswa menghindari pernyataan sederhana seperti. Wanita itu bosan. Jelaskan tanpa memberi tahu dan beri tahu pembaca apa yang membuat wanita itu bosan dan bagaimana Anda mengetahuinya. Penting untuk memilih beberapa detail dan menguraikannya. Gunakan kata sifat dan detail yang jelas untuk menunjukkan efek dari apa yang Anda coba gambarkan. Tip bagus lainnya adalah dengan menekankan item yang tidak diperhatikan dalam deskripsi.

Apa Manfaat Menulis Deskriptif?

Ada banyak sekali manfaat menggunakan tulisan deskriptif. Jenis tulisan ini memungkinkan guru dan siswa untuk berkreasi. Ini meningkatkan dan mempromosikan bahasa, kosakata baru, dan mendorong siswa untuk belajar tentang hal-hal yang tidak mereka kenal. Ini memungkinkan siswa untuk berpikir di luar kepala dan mengembangkan pemikiran mereka.

Penulisan deskriptif memungkinkan otonomi siswa dalam memilih apa yang mereka tulis. Siswa mungkin ingin menulis lebih banyak jika diberi kebebasan dan memiliki energi yang berbeda. Mereka didorong oleh tujuan batin dan memiliki lebih banyak kegembiraan sehubungan dengan tugas tersebut. Ini adalah motivasi intrinsik , dan mereka memiliki tingkat kendali atas apa yang mereka pelajari. Memberikan kesempatan ini juga meningkatkan kemungkinan untuk keterampilan berpikir tingkat tinggi lainnya seperti melakukan penelitian .

Jenis tulisan ini juga meningkatkan pengorganisasian dan memperjelas pemahaman. Tulisannya menjadi sangat deskriptif sehingga pembaca bisa melihatnya dalam benak mereka. Mereka menggunakan proses penulisan tertentu, dan kemudian membiarkan kreativitas mereka mengalir. Memotivasi siswa untuk mengeksplorasi lebih dalam adalah memancing pemikiran. Sungguh menakjubkan melihat apa yang dapat dilakukan siswa ketika diberi kesempatan.

Cara Menggunakan Penulisan Deskriptif di Kelas Anda

Guru hendaknya memberikan kesempatan yang teratur dan bervariasi kepada siswa untuk menggunakan tulisan deskriptif di kelas mereka. Siswa dapat memilih topik yang sedikit mereka ketahui tetapi perlu diteliti lebih lanjut. Ide umum untuk memanfaatkan penulisan deskriptif adalah menyediakan topik dalam tulisan. Siswa akan memilih topik secara acak. Ide ini meningkatkan kemampuan mereka untuk meregangkan dan mempelajari topik baru.

Contoh lain termasuk siswa yang membawa gambar tempat liburan favorit mereka atau waktu luang favorit mereka (misalnya memancing) dan memungkinkan mereka untuk menjelaskan tujuan tersebut kepada audiens mereka. Keterlibatan sangat tinggi dalam tugas ini karena siswa menulis tentang sesuatu yang mereka sukai dan nikmati. Guru juga dapat menggabungkan kontes dengan tulisan dan memajang karya siswa di Dinding Menulis .

Menulis dapat dimasukkan ke dalam banyak bidang subjek. Contohnya termasuk menulis rincian tentang bagaimana siswa melakukan percobaan sains atau menulis tentang tokoh sejarah yang terkenal. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat siswa tertarik, dan mereka mempelajari begitu banyak fakta karena mereka mencakup banyak keterampilan dalam prosesnya.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.