Lembar Kerja Peserta Didik Letak dan Luas Benua Asia

Benua Asia terletak pada 26° BT - 170° BT dan 11° LS - 80° LU. Hampir seluruh wilayahnya berada di belahan bumi utara (BBU). Hanya sebagian kecil yang berada di belahan bumi selatan, termasuk Indonesia.

Batas benua Asia ialah Samudera Arktik di utara, Samudera Hindia di Selatan,  Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah di barat, serta dengan Selat Bering dan Samudera Pasifik di Timur.

Lembar Kerja Peserta Didik Letak dan Luas Benua Asia


Benua Asia merupakan benua terluas di permukaan bumi. Luasnya mencapai 44.000.000 km bujur sangkar atau seperempat luas wilayah daratan dunia atau empat setengah kali luas Benua Eropa. Wilayahnya yang membentang dari Turki di bagian barat sampai Rusia di bagian timur. Benua Asia juga meliputi Indonesia di selatan sampai Rusia di utara mendekati kutub utara. Dibandingak dengan negara lainnya di Asia, maka Rusia adalah negara terluas di Benua Asia.

Benua Asia terbagi menjadi beberapa wilayah atau region yaitu Asia Barat atau Asia Barat Daya (Asia Timur Tengah), Asia Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara dan Rusia. Masing-masing wilayah memiliki ciri atau karakteristik yang membedakannya dengan wilayah lainnya. Pembagian tersebut lebih didasari oleh perbedaan budaya dibandingkan aspek fisik wilayah.

Pembagian Benua Asia menjadi sejumlah wilayah atau region dapat dilihat pada peta bagan berikut ini.

Lembar Kerja Peserta Didik Letak dan Luas Benua Asia























Berdasarkan kedua peta diatas siswa melakukan kegiatan sebagai berikut :

  1. Perhatikan peta letak astronomis Benua Asia kemudian isilah titik-titik dengan letak astronomis benua Asia!
  2. Perhatikan Peta pembagian wilayah Asia kemudian tuliskan pada lembar kerja wilayah embagian benua Asia yang ditandai dengan huruf A, B, C, D dan E.
Selanjutnya jawablah pertanyaan berikut :

  1. Sebutkan letak astronomis enua Asia ?
  2. Sebutkan lima pembagian wilayah benua Asia ?

----------------- selamat bekerja ----------------

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.