Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SMP

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013 menyatakan bahwa satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dapat melaksanakan Kurikulum Tahun 2006 paling lama sampai dengan tahun pelajaran 2019/2020. Ketentuan ini memberi kesempatan kepada sekolah untuk mengelolah implementasi Kurikulum 2013.


Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 dikembangkan untuk memfasilitasi pengelolaan implementasi Kurikulum 2013 dari segi manajerial. Modul disusun dengan mengintegrasikan keterampilan yang diperlukan peserta didik agar mampu bertahan di abad XXI, yakni literasi dasar (bagaimana peserta didik menerapkan keterampilan berliterasi untuk kehidupan sehari-hari), kompetensi ( bagaimana peserta didik menyikapi tantangan yang kompleks), dan karakter (bagaimana peserta didik menyikapi perubahan lingkungan mereka).

Literasi menjadi sarana peserta didik dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan siswa, baik dirumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi pekerti  mulia.

Keterampilan berbahasa ini merupakan dasar bagi pengembangan "melek" dalam berbagai hal. Pencapaian kompetensi peserta didik diukur melalui penilaian hasil belajar. Penilaian hasil belajar merupakan proses pengumpulan informasi/data tentang capaian belajar peserta didik.

Penilaian tersebut dapat dilakukan oleh Pendidik, Satuan Pendidikan, dan Pemerintah. Kepala sekolah mengelolah pendidik (guru) melalukan pemantauan proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar melalui penugasan dan pengukuran pencapaian satu atau lebih Kompetensi Dasar. Dalam lingkup karakter, penguatan pendidikan karakter (PPK) di Indonesia mengacu pada lima nilai utama, yakni (1) religiositas, (2) nasionalisme, (3) kemandirian, (4) gotong royong, (5) integritas (Depdikbud, 2018).

Implementasi PPK dapat dilakukan dengan tiga pendekatan utama, yaitu berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis masyarakat. Ketiga pendekatan ini saling terkait dan merupakan satu kesatuan yang utuh. Pendekatan ini dapat membantu satuan pendidikan dalam merancang dan mengimplementasikan program dan kegiatan PPK.

Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 ini memfasilitasi untuk memahami pengelolaan kurikulum 2013 dengan mempelajari prinsip  penyusunan kurikulum dan pengembangan strategi penyusunan kurikulum.

Modul manajemen implementasi kurikulum 2013 ini meliputi 7 topik utama, yaitu analisis SKL, KI-KD, IPK dan Silabus, analisis materi dalam buku teks pelajaran, analisis penilaian dan pengelolaan hasil belajar, analisis model pembelajaran, perancangan perangkat pembelajaran, pengelolaan implementasi kurikulum 2013, dan strategi penyempurnaan buku KTSP.

Pembelajaran manajemen kurikulum 2013 akan dilakukan melalui serangkaian  kegiatan yaitu SKL, KI-KD, IPK dan silabus, menganalisis materi dalam buku teks pelajaran, menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), menganalisis penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, praktik pengolahan dan pelaporan hasil penilaian; menganalisis model pembelajaran, membuat Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), mengembangkan silabus, menyusun RPP, menyusun strategi pengelolaan implementasi kurikulum 2013, dan menyempurnakan buku KTSP.

Kegiatan-kegiatan akan dilakukan bersama-sama oleh kepala sekolah melalui diskusi, curah pendapat (brainstorming), studi kasus, simulasi, dan presentasi. Kegiatan ini dapat dilakukan secara mandiri jika jumlah peserta tidak memungkinkan.

Setelah mempelajari modul ini, Saudara dapat mengimplementasikan hasil belajar tersebut di sekolah dengan tetap mengintegrasikan literasi, kompetensi dan karakter sebagai bekal keterampilan peserta didik agar mampu bertahan di abad XXI.

Setelah mempelajari Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SMP ini diharapkan mampu memahami proses :
  1. Menganalisis dokumen SKL, KI-KD, silabus
  2. Menganalisis materi dalam buku teks pelajaran
  3. Menganalisis penilaian dan pengolahan hasil belajar
  4. Menganalisis model pembelajaran
  5. Merancang pembelajaran
  6. Menyusun strategi pengelolaan implementasi kurikulum 2013
  7. Menyempurnakan Buku KTSP

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.