Lembar Kerja Peserta Didik Potensi Sumber Daya Tambang

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang kaya akan bahan tambang. Beraneka bahan tambang tersedia untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun luar negeri. Aktivitas pertambangan telah menghasilkan banyak penghasilan atau devisa bagi Indonesia. Seberapa besarkah potensi tambang di Indonesia?  Dimanakah jenis dan lokasi pertambangan di Indonesia ? 

1. Minyak Bumi dan Gas

Lembar Kerja Peserta Didik  Potensi Sumber Daya TambangMinyak bumi dan gas merupakan sumber energi utama yang saat ini banyak dipakai untuk keperluan industri, transportasi, dan rumah tangga. Saat ini telah dikembangkan sumber energi alternatif misalnya bioenergi dari beberapa jenis tumbuhan dan sumber energi lainnya seperti matahari, angin dan gelombang. Namun, produksi energi dari sumber energi dari sumber energi alternatif masih terbatas jumlahnya.

Cadangan minyak bumi Indonesia terus berkurang seiring dengan pengambilan atau eksploitasi yang terus dulakukan. Ada yang memperkirakan dalam kurung waktu 14 tahun ke depan cadangan tersebut akan habis dan Indonesia terpaksa harus membeli atau mengimpor dari negara lain.

Hal ini tidak akan terjadi dengan cepat jika ditemukan cadangan baru yang diperkirakan masih besar. Cadangan minyak bumi Indonesia diperkirakan masih cukup besar.  Adapun sebaran penghasil minyak pada sejumlah pulau di Indonesia dapat di lihat pada tabel berikut.

Lembar Kerja Peserta Didik  Potensi Sumber Daya Tambang

2. Batu Bara

Batu bara adalah batuan sedimen yang terbentuk dari sisa tumbuhan yang telah mati dan mengendap selama jutaan tahun yang lalu. Unsur-unsur yang menyusunnya terutama adalah karbon, hidrogen, dan oksigen.

Batu bara digunakan sebagai sumber energi untuk berbagai keperluan. Energi yang dihasilkan batu bara dapat digunakan untuk pembangkit listrik, untuk keperluan rumah tangga, pembakaran pada industri batu bata atau genteng, semen, batu kapur, biji besi dan baja, industri kimia dan lain-lain.

Lembar Kerja Peserta Didik  Potensi Sumber Daya Tambang
Cadangan batu bara Indonesia hanya 0,5% dari cadangan dunia, namun dilihat dari produksinya merupakan yang ke-6 terbesar di dunia dengan jumlah produksi mencapai 246 juta ton. Batu bara dapat dijumpai di sejumlah pulau, yaitu Kalimantan dan Sumatera. Potensi batu bara di kedua pulau tersebut sangat besar. Pertambangan batu bara  di Kalimantan terdapat di Kalimantan timur (Lembah Sungai Berau dan Samarinda), Sumatera Barat (Ombilin dan Sawahlunto), Sumatera Selatan (Bukit Asam dan Tanjung Enim).

3. Bauksit

Bauksit adalah sumber biji utama untuk menghasilkan aluminium. Bauksit bermanfaat untuk industri keramik, logam, kimia, dan metalurgi. Indonesia memiliki potensi bauksit yang cukup besar dengan produksi mencapai 1.262.710 ton. Sebagian dari hasil pertambangan bauksit dimanfaatkan untuk industri dalam negeri dan sebagian lainnya diekspor. Bauksit ditambang di daerah Kepulauan Riau (pulau Bintang) dan Kalimantan Barat (Singkawang).

4. Pasir Besi

Pasir besi dimanfaatkan untuk industri logam besi dan industri semen. Aktivitas enambangan pasir besi dapat ditemukan di Cilacap (Jawa Tengah), Sumatera, Lombok, Yogyakarta, Gunung Tegak (Lampung), Pegunungan Verbeek (Sulawesi Selatan) dan pulau Sebuku (Kalimantan Selatan).

5. Emas

Emas umumnya dimanfaatkan untuk perhiasan. Berdasarkan data Tekmira ESDM, produksi emas Indonesia pada tahun 2003 mencapai 141.019 ton. Tambang emas yang terbsebar di Indonesia adalah Papua (Freeport Timika), Kalimantan Barat (Sambas), Nangroe Aceh Darussalam (Meulaboh), Sulawesi Utara (Bolaang Mongondow, Minahasa), Riau (Logos), dan Bengkulu (Rejang Lebong).


Lembar Kerja Peserta Didik  Potensi Sumber Daya Tambang

Rincian Kegiatan
  1. Bacalah materi pelajaran diatas atau buku sumber belajar lainnya !
  2. Perhatikan peta dasar Indonesia di atas !
  3. Isilah titi-titik berikut: Persebaran minyak bumi terletak pada angka ..................................... ........................ ..............., Batu bara : ......................................... ............................., Bauksik : ....................................., Pasir besi, .................................................................. ,  Emas : ............., .................................
Pertanyaan 
  1. Sebutkan persebaran minyak bumi dan gas di Indonesia ?
  2. Sebutkan persebaran pertambangan batu bara di Indonesia ?
  3. Sebutkan persebaran Bauksik di Indonesia ?
  4. Sebutkan daerah persebaran Pasir besi di Indonesia ?
  5. Sebutkan daerah persebaran emas di Indonesia ?

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.