Cara Mendapatkan Personal Learning Network atau Jaringan Pembelajaran Personal

Pengertian Personal Learning Network / Jaringan Pembelajaran Personal (JPN)

PLN adalah singkatan dari Personal Learning Network atau Jaringan Pembelajaran Personal JPP. Definisi JPP itu luas, tetapi pengertian yang konsisten dari JPP adalah melibatkan jaringan atau sekelompok peserta yang terpercaya yang berinteraksi dan belajar satu sama lain secara teratur. JPP adalah tempat untuk berkomunikasi dengan orang lain, berbagi sumber daya, membuat, dan berbagi / mengumpulkan informasi baru. JPP dapat berlangsung di berbagai lokasi seperti secara langsung atau melalui aplikasi media sosial (Twitter, Skype, Face Time, Facebook, LinkedIn, blog, instagram, Zoom, dan lainnya).

Cara Mendapatkan Personal Learning Network atau Jaringan Pembelajaran Personal

JPP berbeda dari pengembangan profesional karena terus berlangsung dalam jangka waktu yang lama, terkadang berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Anggota JPP juga dianggap anggota profesional. Dalam grup JPP, anggota bisa mendapatkan nasihat profesional dan umpan balik dari individu yang tidak terlibat langsung dalam kehidupan profesional seseorang. Meskipun JPP sudah ada sejak lama, saat ini mereka lebih berkembang lagi dan menggunakan tampilan baru karena media sosial dan jaringan mengubah cara orang terhubung. Media sosial dan teknologi menghilangkan hambatan kolaborasi.

Manfaat Personal Learning Network / Jaringan Pembelajaran Personal

Manfaat dari jaringan pembelajaran profesional sangat banyak. Banyak guru di sekolah pedesaan hanya memiliki akses ke orang yang bekerja sama dengan mereka, karena jarak sekolah yang berdekatan. Hal ini dapat menimbulkan perasaan isolasi profesional dan kurangnya kolaborasi profesional. JPP dapat memberikan dukungan kepada mereka yang membutuhkan kolaborasi profesional. Komunitas pendidik online yang berkumpul untuk berbagi ide, sumber daya, rencana, dan strategi dapat sangat bermanfaat bagi pendidik, terutama mereka yang berada di komunitas pedesaan. JPP untuk mereka yang berada di daerah pedesaan memberikan dukungan yang dapat diakses oleh guru di lingkungan perkotaan.

Selain itu, JPP membantu pendidik membangun hubungan dengan teman sebaya di mana mereka dapat berdiskusi dan menemukan praktik terbaik dalam mengajar. JPP dapat berfungsi sebagai tempat untuk berbagi pengalaman dan mengembangkan rasa kebersamaan. Partisipasi di JPP tidak hanya membantu membangun komunitas, tetapi juga mendorong pendidik untuk merangkul perubahan. Bagi banyak guru, perubahan bisa jadi menakutkan, tetapi penting untuk mempelajari teknologi baru yang akan bermanfaat bagi siswa saat ini. Membangun jaringan hubungan profesional dengan pengajar lain dapat membantu pengajar memperluas pengetahuan teknologi mereka, mendorong mereka untuk mempelajari bagaimana berbagai aplikasi dan program serta alat online dapat membantu siswa menjadi sukses di abad ke-21 .

Selain itu, JPP memungkinkan guru memiliki akses ke alat dan sumber daya yang lebih luas. Guru sering kali tidak punya waktu untuk membuat materi baru. JPP memungkinkan pendidik untuk berbagi ide dan strategi. JPP memberi pendidik akses ke sumber daya tak terbatas yang mudah diakses. Dengan alat online seperti Google Docs, menggunakan materi orang lain bisa semudah membuat salinan dokumen pengajaran dan menyesuaikan dokumen itu agar sesuai dengan kebutuhan guru tersebut.

Cara Membuat Jaringan Pembelajaran Pribadi

Jelas bahwa JPP bisa sangat bermanfaat bagi para pendidik, terutama saat ini selama pandemi nasional ketika banyak sekolah berpartisipasi dalam pembelajaran virtual dan para guru sedang mengeksplorasi cara memanfaatkan waktu pendidikan virtual . Jadi, bagaimana cara membuat JPP ? Ada banyak cara untuk memulai. Inilah yang dapat dilakukan pendidik:

  • Mulai akun Twitter yang berfokus pada pendidikan dan ikuti pendidik lainnya
  • Temukan blog pendidikan untuk dibaca, dikomentari, dan dibagikan dengan orang lain
  • Bergabunglah dengan grup pendidikan di Facebook
  • Ikuti akun pendidikan di Instagram
  • Berpartisipasi dalam grup pendidikan di LinkedIn
  • Bergabunglah dengan komunitas online seperti, Classroom 2.0 atau PLN Pendidik
  • Buat halaman arahan di mana Anda dapat menyimpan tautan ke situs dan sumber daya JPP Anda ( Symbaloo sangat bagus untuk ini)

Membangun JPP membutuhkan tiga langkah penting.

Pertama, seseorang harus mencari profesional. Proses ini dimulai dengan berhubungan dengan pendidik lain melalui organisasi dan kelompok pendidikan. Penulis dan peneliti yang dipublikasikan juga merupakan tujuan yang bagus. Mengikuti mereka di media sosial atau membaca blog mereka bisa sangat bermanfaat.

Kedua, guru harus menemukan "kecocokan" dalam jaringan pembelajaran profesional, yang berarti bahwa pendidik perlu mencari tahu apa yang mereka inginkan atau perlu pelajari lebih lanjut. Ini bisa berupa tingkat kelas atau mata pelajaran tertentu.

Ketiga, temukan "mentor" jaringan pembelajaran profesional. Mentor ini adalah individu yang Anda hormati secara profesional dan yang Anda percayai untuk menghubungkan Anda ke grup jaringan profesional yang tepat. Orang-orang ini mungkin individu yang Anda rasa nyaman untuk berkomunikasi lebih sering dan dekat.

Jika Anda baru mengenal jaringan profesional, bagian tersulit adalah membuat langkah pertama. Keluar dari zona nyaman Anda sering kali menghasilkan peningkatan kapasitas mengajar Anda. Berpartisipasi dalam komunitas belajar adalah bagian penting dari pertumbuhan sebagai pendidik di dunia saat ini. Keindahan membuat JPP Anda sendiri adalah dapat mempersonalisasi pembelajaran profesional Anda sendiri! Sebagai pendidik dan pencipta JPP, Anda dapat memilih apa yang menjadi kebutuhan dan tujuan pembelajaran Anda, serta sumber daya apa yang ingin Anda peroleh.

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.