Lembar Kerja Peserta Didik Persebaran Benua di Bumi

Benua merupakan massa daratan yang memiliki ciri atau karakteristik tertentu. Bagi ahli geografi, benua tidak hanya sekadar istilah fisik tetapi juga menyangkut aspek budaya. Karena itulah Asia dan Eropa dianggap sebagai dua benua yang berbeda walaupun masih dalam satu masa daratan yang menyatu. Pemisahnya adalah budaya yang berbeda antara Eropa dan Asia.


Berapakah jumlah benua yang ada di dunia? Sejumlah ahli geografi berbeda pendapat tentang hal itu. Sebagian ahli geografi menyebutkan ada tujuh benua di dunia, sedangkan sebagian lainnya menyatakan ada enam dan lima benua. Mereka yang menyebut ada tujuh benua membaginya atas benua Asia, Eropa, Amerika utara, Amerika Selatan, Afrika, Australia, dan Antartika. 

Mereka yang menyebut lima benua membaginya atas Eurasia (gabungan Eropa dan Asia), Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Australia dan Antartika. Mereka yang menyebut lima benua membaginya atas Eurasia (gabungan Eropa dan Asia), Amerika, Afrika, Australia dan Antartika. Ada pula yang membagi lima benua tetapi tidak mengikutsertakan Antartika, sehingga benua di dunia terdiri atas Asia, Eropa, Amerika, Afrika, dan Australia.

Dalam lembar kerja peserta didik  ini, kita akan menggunakan pembagian benua menjadi lima benua yaitu Benua Asia, Eropa, Afrika, Amerika dan Australia. Benua-benua tersebut memilki kondisi alam yang berbeda, demikian halnya dengan kondisi budayanya. Karena itu, sejak dulu terjadi interaksi antarbenua. 


Lembar Kerja Peserta Didik Persebaran Benua di  Bumi


Rincian Kegiatan

Perhatikan sebaran benua di dunia pada peta dasar diatas ! Cermati letak setiap benua, Carilah informasi tambahan tentang benua tersebut pada atlas. Selanjutnya tulislah hasil pengamatanmu pada tabel berikut ini.


No
Nama Benua
Isilah dengan huruf berdasarkan peta diatas
Luas
Contoh 3 Negara yang ada pada benua tersebut
1
Asia



2
Amerika



3
Eropa



4
Australia



5
Afrika





Pertanyaan

Berdasarkan hasil pengamatan yang dituangkan kedalam tabel, jawablah pertanyaan berikut

1. Sebutkan nama benua yang ditandai dengan huruf A, B, C, D dan E !
2. Sebutkan luas masing-masing benua tersebut diatas !
3. Sebutkan masing-masing 3 negara yang ada di benua Asia, Afrika, Australia, Amerika dan Eropa

Baca juga :
-  Lembar Kerja Peserta Didik Potensi Sumber Daya Alam Indonesia dan  Pemanfaatannya
-  Lembar Kerja Peserta Didik Potensi Lokasi Indonesia dan Upaya Pemanfaatannya

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.