15 Macam Keterampilan Pengembangan Profesional Untuk Menjadi Guru Modern

Ketika sekolah membutuhkan atau ingin mengankat seorang guru ada beberapa syarat yang harus di penuhi diantaranya : gelar sarjana, pengalaman kerja dengan siswa atau anak-anak, dan tentu saja kesabaran ( 15 Professional Development Skills for Modern Teachers )  Seorang guru membutuhkan berbagai keterampilan pengembangan profesional bersama dengan pengetahuan tentang materi pelajaran dan pengalaman mereka untuk menjadi guru yang efektif.

15 Macam Keterampilan Pengembangan Profesional Untuk Menjadi Guru Modern


Demikian juga, seiring perkembangan pesat dalam teknologi yang masuk ke dalam kehidupan kita, telah berpengaruh terhadap cara siswa dalam belajar dan cara guru mengajar. Guru modern harus kompoten tidak hanya dalam keterampilan dasar, tetapi juga keterampilan baru.

Berikut adalah 15 dari banyak keterampilan pengembangan profesional abad ke-21, atau bisa juga disebut "keterampilan modern" yang harus dimiliki para guru saat ini.

1. Pengembangan Profesional: Kemampuan Beradaptasi
Di era digital dan modern ini, para guru harus fleksibel dan mampu beradaptasi dengan apa pun yang dilemparkan dengan cara mereka. Teknologi baru dikembangkan setiap hari yang dapat mengubah cara siswa belajar, dan cara guru mengajar. Demikian juga, administrator mengubah dan memperbaharui harapan dan standar pembelajaran. Mampu beradaptasi adalah keterampilan yang harus dimiliki setiap guru modern. Guru harus mampu beradaptasi dengan cara siswa belajar, karakteristik  ruang kelas, rencana pembelajaran,  semua itu harus dimiliki oleh guru.

2. Keyakinan
Setiap guru perlu memiliki kepercayaan diri, tidak hanya pada diri mereka sendiri tetapi terhadap siswa dan teman sejawab/kolega mereka. Orang yang percaya diri menginspirasi orang lain untuk percaya diri, dan kepercayaan diri seorang guru dapat membantu mempengaruhi orang lain untuk menjadi orang yang lebih baik.

3. Komunikasi
Mampu berkomunikasi dengan bukan hanya siswa tetapi juga dengan orang tua siswa dan pegawai sekolah lain, hal ini adalah suatu keterampilan yang penting. Beberapa hal penting yang perlu dipikirkan : Hampir semua waktu yang dimiliki guru digunakan untuk berkomunikasi dengan siswa dan kolega lainnya sehingga sangat penting guru memiliki keterampilan berbicara dengan jelas untuk menyampaikan maksud dan tujuan.

4. Keterlibatan dalam Tim
Mampu bekerja sama sebagai bagian dari tim atau kelompok adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh guru. Ketika bekerjasama dalam tim, guru dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar lebih baik dan merasakan kesenangan. Berjejaring dengan guru lain (bahkan secara virtual) dan menyelesaikan masalah bersama akan menghasilkan kesuksesan. Melakukan hal itu menumbuhkan rasa kebersamaan bukan hanya di kelas sendiri, tetapi juga di seluruh lingkungan sekolah.

5. Pembelajar Berkelanjutan
Mengajar adalah proses belajar seumur hidup. Selalu ada sesuatu untuk dipelajari ketika seseorang berstatus sebagai guru. Dunia selalu berubah, bersama dengan kurikulum dan teknologi pendidikan, sehingga guru dituntut untuk mengikuti perkembangan ini. Seorang guru yang selalu bekerja keras untuk belajar akan selalu menjadi guru yang efektif dan sukses.

6. Imajinatif
Kegiatan yang efektif yang dapat digunakan guru adalah imajinasi mereka. Para guru perlu kreatif dan memikirkan cara-cara unik untuk membuat siswa mereka tetap terlibat dalam pembelajaran, terutama sekarang karena banyak negara telah menerapkan Standar Inti Pembelajaran Inti ke dalam kurikulum mereka.

7. Kepemimpinan
Seorang guru yang efektif adalah seorang mentor dan tahu bagaimana membimbing siswa-siswanya ke arah yang benar. Guru memimpin dengan memberi contoh dan merupakan teladan yang baik. Guru mendorong siswa dan menuntun mereka ke arah yang sukses.

8. Organisasi
Guru modern harus  memiliki kemampuan untuk mengatur dan mempersiapkan hal-hal yang mungkin terjadi. Mereka selalu siap untuk mengantisipasi dengan cara mereka sendiri. Jika mereka berhalangan misalnya sakit, tidak masalah mereka telah memiliki strategi  untuk mengantisipasi untuk siap dilaksanakan. Studi menunjukkan bahwa guru yang memimpin secara terorganisir dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebi efekti dalam mencapai siswa berprestasi.

9. Inovatif
Seorang guru modern bersedia untuk mencoba hal-hal baru, dari aplikasi pendidikan baru hingga keterampilan mengajar dan perangkat elektronik. Menjadi inovatif berarti tidak hanya mencoba hal-hal baru, tetapi mengajak siswa, membuat koneksi yang nyata dan menumbuhkan pola pikir kreatif. Ini membuat siswa berani mengambil risiko dan membuat siswa belajar untuk berkolaborasi.

10. Komitmen
Seorang guru modern harus selalu terlibat dalam profesinya. Para siswa perlu melihat bahwa guru mereka selalu hadir dan berdedikasi untuk berada ditengah-tengah mereka.

11. Kemampuan untuk Mengelolah Reputasi Online
Keterampilan mengajar modern abad ke-21 ini jelas merupakan keterampilan yang baru. Di era digital ini guru modern perlu tahu cara mengelolah reputasi daring dan jejaring sosial mana yang boleh digunakan. misalnya Linkedin adalah jejaring sosial profesional untuk terhubung dengan kolega.

12. Kemampuan untuk Terlibat
Guru modern tahu cara menemukan sumber daya yang menarik. Dalam era digital ini, penting untuk menemukan bahan dan sumber daya bagi siswa yang akan membuat mereka tertarik. Ini berarti tetap mengikuti perkembangan teknologi dan aplikasi pembelajaran baru, dan menjelajahi web serta menghubungkan dengan sesama guru. Bahkan dapat melibatkan siswa dan menjaga hal-hal yang menarik dalam proses pembelajaran adalah suatu keharusan.

13. Pemahaman Teknologi
Teknologi berkembang dengan pesat. Dalam lima tahun terakhir kita telah melihat kemajuan besar yang akan terus tumbuh. Walaupun mungkin sulit untuk mengikutinya, itu adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh semua guru modern. Guru tidak hanya perlu memahami teknologi terbaru, tetapi guru juga harus tahu alat digital mana yang tepat untuk siswa. Ini memakan waktu tetapi sangat berpengaruh dalam keberhasilan siswa.

14. Mengetahui Kapan harus Beristirahat
Guru modern tahu kapan ia beristirahat. Mereka juga memahami bahwa tingkat kejenuhan guru tinggi, sehingga mereka perlu meluangkan waktu sejenak untuk diri mereka sendiri. termasuk kepada siswa untuk beristirahat.

15. Kemampuan Memberdayakan
Guru modern memiliki kemampuan untuk memberdayakan siswa untuk berpikir kritis, menjadi inovatif, kreatif, mudah beradaptasi, bersemangat, dan fleksibel. Guru dapat memberdayakan diri sendiri untuk dapat menyelesaikan masalah, mengarahkan diri, mencerminkan diri sendiri, dan memimpin, tidak hanya di sekolah tetapi juga dalam kehidupan.

Itulah 15 keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru untuk dapat menjadikan dirinya menjadi guru modern.

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.