Cara Menggunakan Video dalam Proses Pembelajaran

Beberapa tahun yang lalu, video hanya digunakan untuk beberapa alasan: Untuk mengajarkan acara bersejarah, sebagai hadiah untuk sesuatu yang siswa lakukan dengan baik, atau untuk mengisi waktu ketika guru keluar dari kelas. Banyak yang telah berubah, guru sekarang menyadari bahwa siswa belajar dalam berbagai cara, termasuk melalui teknologi di kelas.

Hari ini teknologi dikelas video adalah alat yang sangat efektif dalam belajar, hiburan, dan cocok untuk belajar visual dan pendengaran. Saat ini pembelajaran dapat terjadi tampa menggunakan buku teks, membaca atau mencatak.

Cara Menggunakan Video dalam Proses Pembelajaran
edpuzzle.com

Tidak sulit untuk mengetahui mamfaat video yang luar biasa. Jika dilakukan dengan benar, siswa akan lebih banyak menyimpan imformasi, memahami konsep lebih cepat, dan lebih antusias dengan apa yang mereka pelajari.

Cara Menggunakan Video

Saat menggunakan video di kelas, pastikan untuk melakukan pratinjau terlebih dahulu, dan kemudian pilih yang paling tepat untuk siswa. Ada begitu banyak untuk menemukan video pembelajaran. Beberapa sumber antara lain You Tube, TED Ed, C-Span, atau lainnya.

Saat memilih video pembelajaran, pertimbangkan Model SAMR yang diperkenalkan oleh Dr. Ruben Puentedura. Untuk selanjutnya inilah cara menggunakan video berdasarkan tahapan SAMR.

S (Substitusi): Gunakan video yang mendukung rencana pembelajaran Anda sebagai pengganti buku teks, lembar kerja, atau alat digital, seperti tampilan slide dengan video untuk mendorong sebagai pengganti ketika guru tidak ada.

A (Augmentasi) atau tambahan: Gunakan video untuk memperluas pembelajaran; Guru dapat memberikan daftar video (misalnya, untuk membahas konsep kalkulus) yan dapat dipilih oleh siswa.

M (Modifikasi): Gunakan video untuk mengubah pembelajaran dengan memperluas diskusi. Dalam hal ini, diharapkan siswa menggunakan pemikiran tingkat tinggi.

R (Redefinition):  Definisikan kembali rencana pembelajaran Anda dengan memungkinkan siswa mengakses video yang mengeksplorasi minat mereka pada suatu topik; dorong siswa untuk terlibat dalam pemikiran tingkat tinggi dengan membuat video yang membagikan pemikiran mereka tentang pertanyaan penting pelajaran.

Baca juga : Contoh Supervisi Akademik Bahasa Inggris Kelas VII Dengan Video

Beberapa ide tentang penggunaan video yang akan melibatkan siswa bukan sebagai pengamat pasif tetapi pemikir tingkat tinggi:
  • Ajak siswa melakukan perjalanan lapangan yang mustahil - di dalam tubuh manusia, atau pergi ke Jupiter.
  • Ajak siswa di seluruh dunia, untuk bertemu orang-orang baru, dan dengarkan ide-ide mereka.
  • Gambarkan konsep abstrak yang kompleks melalui animasi, gambar 3-D.
  • Tampilkan eksperimen yang tidak dapat dilakukan di kelas.
  • Bawalah sastra, drama, musik, atau adegan-adegan penting dari sejarah ke dalam ruangan.
  • Berikan pengetahuan latar belakang tentang topik yang sedang dibahas, bukan untuk pengujian tetapi untuk melengkapi pembelajaran.
  • Personalisasi pembelajaran dengan membedakan pelajaran dengan video untuk masing-masing siswa
4 Alat aplikasi video yang dapat digunakan dalam membuat pembelajaran

Ketika berbicara tentang video, siswa tidak boleh menjadi penerima passif dari apa yang terjadi dilayar. Mereka harus menjadi peserta aktif dalam melihat, berbagi ide, menguji pemahaman, dan memadukan pengetahuan baru ini dengan semua yang mereka ketahui.

Mereka perlu memahami dan mengkritik, membaca dan bereaksi, serta mendapatkan dan memberikan pengetahuan. Di bawah ini ada empat alat yang baik untuk membantu guru mempersonalisasi video untuk kebutuhan di kelas, memperkaya materi, dan dapat menilai pemahaman siswa saat menonton.

Baca juga: Contoh Supervisi Akademik Pendidikan Agama Islam kelas VIII melalui Video

EdPuzzle

EdPuzzle memungkinkan guru untuk memilih video dari Khan Academy, Crash Course, You Tube, atau banyak kurator video lainnya dan kemudian meningkatkannya dengan pertanyaan, komentar, atau bahkan pendapat guru sendiri. Ketika siswa menonton dan berinteraksi, guru dapat melacak pemahaman siswa apakah berhasil atau tidak. EdPuzzle gratis untuk siswa dan guru tersedia di desktop, iOS, Crome, atau Android.

PlayPosit

PlayPosit memudahkan untuk membuat video interaktif yang melibatkan dan menggairahkan siswa. Guru memilih video, memperkaya dengan berbagai pilihan seperti pertanyaan pilihan ganda, diskusi kelas, dan mengisi bagian yang belum lengkap.

Touchcast Studio 

Touchcast Studio adalah aplikasi iOS gratis yang memungkinkan guru untuk merekam video, mengedit klip, menambahkan fitur interaktif dinamis (seperti soundtrack, grafik, dan halaman web), dan kemudian menerbitkan. Alat ini memungkinkan untuk mengambil video dan menambahkan "Hotspot" dengan elemen interaktif.

VideoNot.es

VideoNot.es adalah aplikasi pencatatan untuk kursus online yang bekerja dengan alat kurasi video seperti you tube, Vimeo, Khan Academy, Udacity, dan Coursera. Siswa membuka kursus online di monitor mereka baik sebagai jendela web yang berdiri sendiri atau dalam aplikasi VideoNot.es, dan membuat catatan. Ini disinkronkan secara otomatis dengan video dan dapat diekspor ke berbagai platform atau disimpan di akun Google Drive.

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.