Supervisi Akademik Tema Tell the time, the date, the day and the month Kelas VII

Pada Supervisi Akademik kali ini adalah Mata pelajaran Bahasa Inggris kelas VII pada aemester ganjil. Materi pokok/tema yang akan diobservasi adalah Interaksi Transaksional Lisan dan tulis tentang memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun/what time is it ? (Chapter 3 ) To tell the time, To tell the date, To tell the daya and To tell the month.

Supervisi Akademik  Tema Tell the time, the date, the day and the month Kelas VII
Kompetensi Dasar :
  • 3.3. Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisaan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, sesuai dengan konteks penggunaannya. 
  • 4.3. Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator Pencapaian Kompetensi
  • 3.3.1 menguraikan fungsi sosial, struktur tek, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis tentang memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
  • 4.3.1 menerapkan interaksi transaksional memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun sesuai fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
  • 4.3.2 membuat teks memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun sesuai fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
Langkah-langkah Kegiatan Pemebelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan
  • Pendidik mengucapkan salam (ketika memasuki ruangan)
  • Mempersiapkan kelas dan berdoa
  • Menyanyikan lagu Indonesia Raya (jam pelajaran pertama)
  • Menyapa peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik
  • Menghubungkan materi sebelumnya dengan yang akan diajarkan
  • Memberikan motivasi dengan menyampaikan pentingnya materi yang akan dipelajari dan mengaitkannya dengan Mata Pelajaran yang lain
  • Menjelaskan kompetensi dan tujuan pembelajaran
  • Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian
Hasil observasi kelas kegiatan pendahuluan dapat diamati pada video berikut :


Video 1. Kegiatan Pendahuluan

Setelah mengamati video diatas supervisor/observator dapat menilai kesesuaian antara program yang ada pada RPP dan kegiatan di dalam kelas.

2. Kegiatan Inti

Mengamati (Observing)

  • Peserta didik mengamati gambar jam selanjutnya menirukan nama-nama angka secara bersama.
  • Peserta didik kembali mengamati dan menirukan cara menanyakan dan menyatakan waktu.


video 2. Kegiatan Inti bagian 1

Menanya (questioning)

Peserta didik menanyakan tentang perbedaan antara cara menanyakan dan menyebutkan nama waktu dalam angka dalam bahasa inggris.

Mengumpulkan Informasi (Experimenting)
  • Peserta didik dibagi ke dalam kelompok kecil lalu diberikan worksheet 1
  • Peserta didik diberi pertanyaan terkait menanyakan waktu makan kepada orang lain dan lawan  bicara :
          -  What is his/her name ? / What is your name ?
          -  When does Beni has breakfast? / When do you have breakfast?
          -  When does Beni has lunch? / When do you have lunch ?
          -  When does Beni has dinner? / When do you have dinner ?


video 3. kegiatan inti bagian 2

Mengasosiasi (Associating)

Peserta didik dalam kelompok berkunjung ke kelompok lain secara tertib dan bergantian untuk mendapatkan informasi terkait worksheet 1 yang telah diberikan




video 4. kegiatan inti bagian 3

Mengomunikasikan (Communicating)

Peserta didik diminta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain diminta


video 5. kegiatan inti bagian 4

3. Kegiatan Penutup 

Kegiatan yang akan dilaksanakan guru pada RPP yang telah direncanakan antara lain :
  • Pendidik mengecek pemahaman tentang materi dan peserta didik diarahkan membuat rangkuman materi yang telah dipelajari.
  • Pendidik menfasilitasi pengumpulan hasil kerja peserta didik sebagai bahan portofolio
  • Pendidik memberikan refleksi terkait penilaian
  • Pendidik memberi tindak lanjut tentang materi 

video 6. kegiatan penutup
  • Pendidik menutup pertemuan (dengan ucapan terima kasih dan permohonan maaf)
  • Mempersiapkan kelas, menyanyikan salah satu lagu wajib nasional atau lagu daerah dan diakhiri dengan do'a (jam pelajaran terakhir
  • Sebelum meninggalkan ruangan Pendidik berjabat tangan kepada peserta didik
Instrumen yang digunakan pada proses supervisi akademik ini adalah sebagai berikut:

-  Rencana Program Pembelajaran (RPP) Bahasa Inggris Kelas VII SMP
-  Instrumen Pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.