Workshop Membuat Website dari Nol tepat bagi Anda yang ingin membuat website sekolah, website pembelajaran, website personal, website organisasi, portal berita, dan website lainnya. Pastikan Anda bergabung di kegiatan ini! Yuk, langsung cek dan daftar melalui link dibawah ini

Supervisi Akademik Materi Pokok Beriman Kepada Rasul Allah SWT Kelas VIII

Teknik supervisi adalah cara spesifik yang digunakan oleh upervisor ntuk mencapai tujuan supervisi yang pada akhirnya dapat melakukan perbaikan proses pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi. Ada dua macam teknik supervisi akademik, yaitu individual dan kelompok.

Supervisi Akademik  Materi Pokok Beriman Kepada Rasul Allah SWT   Kelas VIII


Teknik supervisi individual adalah pelaksanaan supervisi yang dilakukan terhadap uru secara perorangan. Supervisor berhadapan dengan seorang guru untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut. Teknik supervisi individual ini dapat dilakukan dengan lima cara, yaitu kunjungan kelas, observasi kelas, pertemuan individual, kunjungan antar kelas, dan menilai diri sendori.

Pada postingan kali ini akan dipaparkan contoh hasil observasi kelas yaitu mengamati proses pembelajaran secara teliti di kelas, pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam kelas VIII. Tujuannya adalah untuk memporoleh data objektif aspek-aspek situasi pembelajaran, kesulitan-kesulitan guru dalam memperbaiki proses pembelajaran.

Pelaksanaan observasi kelas ini melalui tahap: persiapan, pelaksanaan, penutupan, penilaian hasil observasi dan tindak lanjut. Postingan ini juga dapat dijadikan media latihan bagi para kepala sekolah atau guru sebagai supervisor dalam mengamati proses pembelajaran.

Kompetensi dasar yang akan dijadikan  obyek observasi kelas adalah "Beriman kepada rasul Allah swt". dengan tujuan pembelajaran  sebagai berikut :

  • Beriman kepada rasul Allah swt
  • Menunjukkan perilaku amanah sebagai implementasi iman kepada rasul Allah swt
  • Mengidentifikasi dalil naqli tentang nabi dan rasul sebagai utusan Allah swt
  • Mengidentifikasi fungsi nabi dan rasul diutus ke muka bumi
  • Mengidentifikasi informasi sejarah perjuangan dan ajaran nabi dan rasul melalui berbagai sumber
  • Mengidentifikasi keberadaan para rasul yang mendapat gelar ulul azmi
  • Menghubungkan sejarah perjuangan dan ajaran antara satu nabi dengan nabi yang lainnya
  • Merumuskan tugas para nabi dan rasul serta perubahan yang dialami oleh umatnya
  • Menyimpulkan keberadaan para rasul yang mendapat gelar ulul 'azmi
  • Menyajikan paparan mengenai hubungan sejarah perjuangan dan ajaran antara satu nabi dengan nabi lainnya
  • Memaparkan rumusan tugas para nabi serta perubahan yang dialami oleh umatnya
  • Memaparkan keberadaan para rasul yang mendapat gelar ulul 'azmi
Pada pelaksanaan observasi kelas ini supervisor menggunakan instrumen Pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran K13 dan berpodoman pada Rencana Program Pembelajaran  (RPP)

Baca juga : Instrumen Supervisi Akademik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013
Kegiatan Pendahuluan 

Kegiatan pendahuluan proses pembelajaran yang diobservasi dapat dilihat pada video berikut:


Video 1. Kegiatan pendahuluan bagian 1

Pada kegiatan pendahuluan guru melakukan langkah-langkah seperti yang terurai pada RPP sebagai berikut :

Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjakkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan 
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu
  • Memberitahukan tetang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran


Video 2. Kegiatan Inti Bagian 2


Video 3. Kegiatan inti bagian  3


Video 4. Kegiatan Inti bagian 4


Video 5. Kegiatan Inti bagian 5


Video 6. Kegiatan Inti  bagian 6

Pada kegiatan inti  guru melaksanakan kegiatan sebagai berikut :
  • Kegiatan Literasi yang terdiri dari : Melihat, Mengamati, Membaca, Mendengar, Menyimak, mengamati objek/kejadian, membaca sumber lain selain buku teks, aktivitas, wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
  • Berpikir kritis dengan kegiatan : mengajukan pertanyaan, 
  • Collaboration (kerjasama) : Berdiskusi, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ualng, saling tukar informasi
  • Berkomunikasi : Menyampaikan dan mempresentasikan, hasil diskusi, mengemukakan pendapat, dan bertanya.
  • Kreativitas : menyimpulkan tentang point-point yang muncul dalam kegiatan pembelajaran.
Kegiatan Penutup



Video 7. Kegiatan Penutup 
Peserta Didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru
  • Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran sejarah perjuangan dan dan ajaran para nabi dan rasul.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai
  • Memberikan penghargaan  
Instrumen observasi kelas yang digunakan terdiri dari :

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.