Teknik supervisi adalah cara spesifik yang digunakan oleh upervisor ntuk mencapai tujuan supervisi yang pada akhirnya dapat melakukan perbaikan proses pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi. Ada dua macam teknik supervisi akademik, yaitu individual dan kelompok.
Teknik supervisi individual adalah pelaksanaan supervisi yang dilakukan terhadap uru secara perorangan. Supervisor berhadapan dengan seorang guru untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut. Teknik supervisi individual ini dapat dilakukan dengan lima cara, yaitu kunjungan kelas, observasi kelas, pertemuan individual, kunjungan antar kelas, dan menilai diri sendori.
Pada postingan kali ini akan dipaparkan contoh hasil observasi kelas yaitu mengamati proses pembelajaran secara teliti di kelas, pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam kelas VIII. Tujuannya adalah untuk memporoleh data objektif aspek-aspek situasi pembelajaran, kesulitan-kesulitan guru dalam memperbaiki proses pembelajaran.
Pelaksanaan observasi kelas ini melalui tahap: persiapan, pelaksanaan, penutupan, penilaian hasil observasi dan tindak lanjut. Postingan ini juga dapat dijadikan media latihan bagi para kepala sekolah atau guru sebagai supervisor dalam mengamati proses pembelajaran.
Kompetensi dasar yang akan dijadikan obyek observasi kelas adalah "Beriman kepada rasul Allah swt". dengan tujuan pembelajaran sebagai berikut :
- Beriman kepada rasul Allah swt
- Menunjukkan perilaku amanah sebagai implementasi iman kepada rasul Allah swt
- Mengidentifikasi dalil naqli tentang nabi dan rasul sebagai utusan Allah swt
- Mengidentifikasi fungsi nabi dan rasul diutus ke muka bumi
- Mengidentifikasi informasi sejarah perjuangan dan ajaran nabi dan rasul melalui berbagai sumber
- Mengidentifikasi keberadaan para rasul yang mendapat gelar ulul azmi
- Menghubungkan sejarah perjuangan dan ajaran antara satu nabi dengan nabi yang lainnya
- Merumuskan tugas para nabi dan rasul serta perubahan yang dialami oleh umatnya
- Menyimpulkan keberadaan para rasul yang mendapat gelar ulul 'azmi
- Menyajikan paparan mengenai hubungan sejarah perjuangan dan ajaran antara satu nabi dengan nabi lainnya
- Memaparkan rumusan tugas para nabi serta perubahan yang dialami oleh umatnya
- Memaparkan keberadaan para rasul yang mendapat gelar ulul 'azmi
Baca juga : Instrumen Supervisi Akademik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013
Kegiatan pendahuluan proses pembelajaran yang diobservasi dapat dilihat pada video berikut:
Pada kegiatan inti guru melaksanakan kegiatan sebagai berikut :
Kegiatan pendahuluan proses pembelajaran yang diobservasi dapat dilihat pada video berikut:
Video 1. Kegiatan pendahuluan bagian 1
Pada kegiatan pendahuluan guru melakukan langkah-langkah seperti yang terurai pada RPP sebagai berikut :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjakkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu
- Memberitahukan tetang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
Video 2. Kegiatan Inti Bagian 2
Video 3. Kegiatan inti bagian 3
Video 3. Kegiatan inti bagian 3
Video 4. Kegiatan Inti bagian 4
Video 5. Kegiatan Inti bagian 5
Video 6. Kegiatan Inti bagian 6
- Kegiatan Literasi yang terdiri dari : Melihat, Mengamati, Membaca, Mendengar, Menyimak, mengamati objek/kejadian, membaca sumber lain selain buku teks, aktivitas, wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
- Berpikir kritis dengan kegiatan : mengajukan pertanyaan,
- Collaboration (kerjasama) : Berdiskusi, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ualng, saling tukar informasi
- Berkomunikasi : Menyampaikan dan mempresentasikan, hasil diskusi, mengemukakan pendapat, dan bertanya.
- Kreativitas : menyimpulkan tentang point-point yang muncul dalam kegiatan pembelajaran.
Video 7. Kegiatan Penutup
Peserta Didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran sejarah perjuangan dan dan ajaran para nabi dan rasul.
- Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai
- Memberikan penghargaan