Beberapa Karakteristik Gaya Belajar Interpersonal

Anda mungkin bertanya-tanya, apa dan bagaimana gaya belajar interpersonal? Kelompok siswa ini keberhasilan belajar mereka paling baik dan tepat melalui komunikasi dengan orang lain, baik itu verbal maupun non-verbal. Pembelajar sosial suka berada di sekitar orang lain, bekerja dalam kelompok, tim, dan berkembang secara keseluruhan melalui interaksi sosial.

Beberapa Karakteristik Gaya Belajar Interpersonal


Mereka sering dipandang sebagai kupu-kupu sosial karena mereka suka menghabiskan banyak waktu dengan orang lain. Pembelajar sosial suka berbagi pengetahuan dengan orang lain, tetapi juga suka mendengarkan pandangan melalui teman-teman mereka.

Pembelajar interpersonal terkenal karena kemampuan mereka untuk "membaca" orang lain dan kadang-kadang disebut "orang pintar". Kemampuan unik ini membantu mereka memahami apa yang terjadi di sekitar mereka. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang gaya belajar interpersonal ini bisa disimak pada uraian berikut

Apa dan Bagaimana Karakteristik Pelajar Sosial?

Untuk memaksimalkan potensi belajar dari gaya belajar interpersonal, berikut adalah beberapa karakteristik pembelajar sosial:
  • Mereka suka bergaul dengan sekelompok orang
  • Mereka melakukannya dengan baik dengan kelompok belajar atau segala jenis kegiatan kolaboratif
  • Mereka berjuang bekerja sendirian, terutama pada proyek-proyek
  • Mereka vokal dan tidak takut untuk bertanya
  • Mereka lebih suka kegiatan sosial
  • Mereka pandai memahami orang lain, menafsirkan nada, gerak tubuh, dan wajah
  • Mereka adalah pemimpin alami
  • Mereka biasanya tidak kesulitan mencari teman baru

Kiat Belajar untuk Pembelajar Interpersonal

Penting untuk dicatat bahwa menjadi pembelajar sosial adalah gaya belajar sekunder; gaya belajar utama adalah visual, verbal, kinestetik, pendengaran, dan logis. Pastikan untuk memeriksa gaya belajar lain ini untuk membantu menentukan apa gaya belajar utama siswa Anda! Pelajar sosial biasanya bersosialisasi dengan mereka yang memiliki gaya belajar dasar yang sama.

Cara terbaik untuk membuat pelajar sosial Anda terlibat adalah dengan membiarkan mereka bekerja dengan orang lain. Dalam skenario homeschooling, orangtua bekerja sama seperti siswa lain! Jangan takut untuk menentang batasan usia saat membiarkan pembelajar sosial Anda melakukan percakapan dengan orang lain. Tidak masalah jika pelajar sosial berbicara dengan orang dewasa atau siswa seusia mereka; belajar masih terjadi dan anak Anda masih akan terlibat.
  • Mungkin bijaksana untuk bergabung dengan kelompok pendukung homeschool atau kelompok bermain yang memungkinkan anak Anda berkesempatan untuk melihat orang lain dan berdiskusi, baik untuk bersenang-senang atau mendidik.
  • Pilihan terbaik untuk melibatkan pelajar interpersonal adalah bergabung atau memegang klub buku! Ini memungkinkan siswa Anda untuk berdiskusi dengan orang lain tentang apa yang telah ia pelajari, dan membuat kreatif itu mengalir.
  • Daftarkan anak Anda di kelas kebugaran fisik, atau temukan grup balita / anak-anak / remaja di perpustakaan setempat. Ada banyak kegiatan kelompok yang tersedia untuk anak-anak di luar sekolah.
  • Jangan takut untuk mendaftar di kelas orangtua-anak juga; ingat, pembelajar sosial tidak mengenal usia.
  • Anda juga dapat menemukan komunitas dan forum online untuk anak Anda untuk mengambil bagian dalam diskusi sosial dan keterlibatan, tetapi pastikan anak Anda dengan aman menavigasi web.
  • Pastikan untuk memberikan banyak umpan balik karena para pembelajar ini senang mendengar pujian dan keprihatinan dari rekan atau instruktur.
  • Anda juga dapat meminta anak Anda meninjau pekerjaan orang lain, dan mempraktikkan komunikasi yang efektif. Ini akan bekerja dengan sangat baik jika mengerjakan tugas juga.
  • Salah satu hal terbaik untuk dilakukan bagi pelajar interpersonal Anda adalah berada di sana hanya sebagai teman sebaya atau pendengar.
  • Pelajar sosial berkembang bahkan mengajarkan apa yang mereka ketahui kepada orang lain, apakah satu atau banyak. Dengan memberikan kehadiran Anda, Anda membantu melibatkan siswa Anda.
  • Kunjungan lapangan akan bekerja dengan baik untuk pelajar sosial; kunjungan lapangan sering kali memiliki elemen sosial, apakah siswa melakukan perjalanan dengan yang lain, atau jika perjalanan dipimpin oleh seorang pemandu wisata.
  • Biarkan anak Anda untuk mewawancarai profesional untuk belajar tentang peluang karir, dan berbicara dengan mereka tentang pengalaman mereka sendiri di dunia kerja.
  • Bermain peran sangat cocok untuk pelajar interpersonal karena membutuhkan memerankan situasi kehidupan nyata (atau cerita) yang menguji kemampuan orang-orangnya!
  • Diskusi panel atau debat juga merupakan tip studi yang bagus untuk pelajar interpersonal.
Meskipun pelajar interpersonal lebih suka belajar dengan orang lain di sekitar mereka, penting untuk membuat siswa Anda nyaman dengan kadang-kadang bekerja sendirian. Cara yang bagus untuk memperkenalkan ide ini adalah dengan membuat proyek bersama anak Anda. Brainstorming sebuah ide, dan buat berbagai bagian proyek.

Tetapkan anak Anda satu bagian dari proyek itu untuk dikerjakan secara mandiri, dan kemudian kerjakan sendiri bagian yang lain, atau berikan kepada teman yang lain . Setelah Anda berdua menyelesaikan bagian-bagian proyek Anda, cobalah bekerja sama untuk menjadikan proyek itu satu kesatuan yang kohesif. Ini mengajarkan anak Anda menggunakan gaya belajarnya, tetapi juga mengajarkan pentingnya kemandirian.

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.