Lembar Kerja Peserta Didik Potensi Lokasi Indonesia dan Upaya Pemanfaatannya

Indonesia dikenal sebagai negara dengan lokasinya yang strategis. Posisinya berada di antara dua benua dan dua samudera sehingga dilalui jalur pelayaran internasional. Karena lokasinya juga, Indonesia merupakan negara tropis, dengan suhu dan curah hujan yang tinggi. Ini memungkinkan Indonesia memiliki beragam tumbuhan dan hewan sebagai sumber pangan dan obat-obatan. Kekayaan Indonesia berupa bahan tambang juga terkait dengan lokasinya yang secara geologis terletak pada pertemuan lempeng Eurasia, Pasifik dan Hindia.

Lembar Kerja Peserta Didik Potensi Lokasi Indonesia dan Upaya Pemanfaatannya

Indonesia memiliki jumlah penduduk yang besar. Jika diurutkan, posisi Indonesia berada pada urutan keempat terbesar di dunia dalam hal jumlah penduduk. Jumlah penduduk yang bsar menguntungkan Indonesia karena tersedia tenaga kerja untuk mengolah sumber daya alam. Selain kaya akan sumber daya alam, Indonesia juga kaya akan budaya. Beraneka ragam budaya dapat dijumpai di negara ini. Kekayaan budaya tersebut menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai negara sehingga Indonesia menjadi daerah tujuan wisata.

Setiap lokasi di permukaan bumi memiliki keunikan dan potensi yang berbeda dengan lokasi lainnya. Tidak ada satu lokasi pun yang karakteristiknya sama persis antara satu dan lainnya. Indonesia sebagai suatu wilayah di permukaan bumi juga memiliki karakteristik sendiri yang berbeda dengan wilayah lainnya, sekalgus menyimpan potensi yang dimilikinya.

Secara astronomis, Indonesia terletak pada 95 derajat BT - 141 derajat BT dan 6 derajat LU - 11 derajat LS. Posisi tersebut membuat Indonesia berada pada wilayah tropis. Akibatnya, Indonesia memiliki iklim tropis yang ditandai dengan suhu dan curah hujan yang tinggi.  Suhu di Indonesia berkisar antara 27 derajat - 32 derajat celsius dan curah hujan tahunan berkisar antara 1000 - 4000 mm/tahun.

Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudera. Benua yang mengapit Indonesia adalah benua Asia dan Australia. Samudera yang mengapit Indonesia adalah Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Posisi ini membuat Indonesia dilalui oleh jalur pelayaran internasional antarnegara dan antar benua.

Walaupun tampak rumit, rute pelayaran utama (core route) pelayaran dunia relatif sederhana, yaitu menghubungkan Amerika Utara, Eropa dan Asia Pasifik melalui Terusan Suez, Selat Malaka, dan terusan Panama. Indonesia dilalui oleh jalur pelayaran utama dunia. Jalur utama tersebut merupakan jalur pelayaran komersial paling penting dan melayani pasar utama dunia. Selain jalur utama Indonesia juga dilalui jalur pelayaran sekunder.

Indonesia berada di Benua Asia yang saat ini perkembangan ekonominya sangat cepat. Kemajuan yang pesat dari negara Jepang, China, Korea, dan Taiwan. Kemana, jalur mana dan lautan apasaja yang mereka lewati untuk mengirimkan barangnya ke Australia, Eropa, Afrika dan Timur Tengah ?

Negara-negara Asia Timur, seperti Jepang dan Korea Selatan, menggunakan jalur Selat Malaka untuk mengirimkan barang-barang ekspor ke berbagai wilayah di dunia seperti Afrika, Timur Tengah, dan Eropa. Demikian juga halnya engan negara-negara Eropa yang menggunakan Selat Malaka untuk menyalurkan ekspornya ke berbagai negara di Asia.

Keuntungan posisi Indonesia juga dapat dilihat secara geologis. Indonesia berada pada jalur pertemuan tiga lempeng, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng Hindia. Posisi tersebut membuat Indonesia memiliki banyak gunung api dengan berbagai implikasinya. Keuntungan dari letak geologi seperti ini adalah beragamnya potensi sumber energi dan mineral.

Sebagai contoh energi panas bumi banyak ditemukan di Indonesia karena adanya aktivitas kegunungapian. Aktivitas kegunungapian juga membuat banyaknya batuan yang mengandung berbagai mineral berharga serta menyubrkan tanah. Namun demikian, loksi ini juga sekaligus menjadikan Indonesia rawan bencana alam, khususnya letusan gunung api dan gempa bumi.

Posisi Indonesia sangat strategis sehingga banyak dilalui pelayaran internasional. Posisi yang strategis tersebut memungkinkan bangsa Indonesia berhubungan dengan berbagai negara atau bangsa lainnya di dunia. Para pedagang Indonesia telah lama menjalin hubungan dagang dengan bangsa lain yang melewati wilayah Indonesia. Sejumlah pelabuhan berkembang di Indonesia untuk mempermudah hubungan dagang tersebut.

Tabel 1 : Potensi Lokasi Indonesia

Potensi Lokasi
Deskripsi Potensi Lokasi
Upaya Pemanfaatan
Secara Astronomis


Secara Geografis


Secara Geologis



Tabel 2 : Rute Pelayaran Dunia

Jalur Pelayaran
Negara yang dilewati
Selat yang dilewati
Jepang - Inggris


Indonesia – Saudi Arabia


Jepan - Australia


Korea Selatan – Iran


China – Australia


Jerman - Jepang





Rincian Kerja
  1. Baca materi/wacana diatas !
  2. Perhatikan Peta jalur pelayaran internasional diatas !
  3. Lengkap tabel 1 tentang potensi lokasi Indonesia dan tabel 2 rute pelayaran dunia !
Pertanyaan
  1. Sebutkan potensi  Letak astronomis Indonesia dan upaya pemanfaatannya !
  2. Sebutkan potensi letak geologis Indonesia !
  3. Sebutka negara dan selat yang dilewati pelayaran antara Jepang dan Inggris !
  4. Sebutkan apa yang harus dilakukan untuk memperoleh manfaat maksimal dari kondisi Indonesia sebagai jalur pelayaran internasional !

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.