Instrumen Telaah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
- Berilah tanda cek (V) pada kolom skor ( 0, 1, 2) sesuai dengan kriteria yang tertera pada kolom tersebut. Berikan catatan atau saran untuk perbaikan RPP sesuai penilaian Saudara.
- Isilah Identitas RPP yang ditelaah. Isilah instrumen ini berdasarkan Dokumen RPP guru saudara. Sertakan dokumen RPP guru Saudara sebagai pendukung dan bukti instrumen ini.
INSTRUMEN TELAAH RPP
Nama : .............................................................
Mata Pelajaran : .............................................................
Kelas/Semester : .............................................................
Materi : .............................................................
Pertemuan ke : .............................................................
No
|
Komponen/Aspek
|
Hasil Telaah
|
Catatan
|
||
Tidak
Ada/
Tidak
Sesuai
|
Kuarng
Lengkap/
Kurang
Sesuai
|
Lengkap/
Sesuai
|
|||
A
|
Identitas RPP
|
0
|
1
|
2
|
|
1
|
Terdapat : nama satuan pendidikan, kelas/semester,
mata pelajaran, materi pokok, dan alokasi waktu
|
||||
B
|
Komponen Utama RPP
|
||||
2
|
Minimal memuat 8 komponen utama dan lampiran
pendukung RPP, yaitu: (a) KI, (b) KD dan IPK, (c) Tujuan Pembelajaran, (d)
Materi pembelajaran, (f) Media pembelajaran dan sumber belajar, (g)
Langkah-langkah pembelajaran, (h) Penilaian hasil pembelajaran, (i) Lampiran
pendukung RPP (materi pembelajaran, instrumen penilaian, dan lain-lain
|
||||
C
|
Lelengkapan Komponen RPP
|
||||
C1
|
Rumusan KI, KD, dan IPK
|
||||
3
|
Mencakup KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4 sesuai dengan
Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016
|
||||
4
|
Kompetensi dasar (KD) mencakup sikap, pengetahuan,
dan keterampilan (khusus PPKn dan PABP) sedangkan mata pelajaran lain
mencakup pengetahuan dan keterampilan
|
||||
5
|
Menjabarkan IPK berdasarkan KD dan KI-3, KD dari
KI-4, KD dari KI-1 dan KD dari KI-2 (khusus PPKn dan PABP) sedangkan mata
pelajaran lain KD dari KI-3 dan KD dari KI-4
|
||||
6
|
IPK disusun menggunakan kata kerja operasional yang
dapat diukur/dilakukan penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.
|
||||
7
|
IPK dan KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses
kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedural,
dan/atau metakognitif
|
||||
8
|
IPK dan KD keterampilan memuat keterampilan abstrak
dan/atau keterampilan konkret
|
||||
C2
|
Rumusan Tujuan Pembelajaran
|
||||
9
|
Mencerminkan pencapaian kompetensi sikap,
pengetahuan, dan keterampilan
|
||||
10
|
Memberikan gambaran proses pembelajaran
|
||||
11
|
Memberikan gambaran pencapaian hasil pembelajaran
|
||||
No
|
Komponen/Aspek
|
Hasil Telaah
|
Catatan
|
||
Tidak
Ada/
Tidak
Sesuai
|
Kuarng
Lengkap/
Kurang
Sesuai
|
Lengkap/
Sesuai
|
|||
0
|
1
|
2
|
|||
12
|
Dituangkan dalam
bentuk deskripsi, memuat kompetensi yang hendak dicapai oleh peserta didik
|
||||
C3
|
Materi
Pembelajaran
|
||||
13
|
Ditulis dalam
bentuk butir-butir sesuai dengan cakupan materi yang termuat pada IPK atau KD
pengetahuan
|
||||
14
|
Memuat materi yang
bersifat faktual, konseptual, prosedural, dan/atau metakognitif
|
||||
15
|
Cakupan materi
sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan
|
||||
16
|
Mengakomodasi
muatan lokal, dapat berupa keunggulan lokal, kearifan lokal, kekinian dan
lain-lain yang sesuai dengan cakupan materi pada KD pengetahuan
|
||||
C4
|
Metode
Pembelajaran
|
||||
17
|
Menggunakan
pendekatan ilmiah dan/atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik
mata pelajaran.
|
||||
18
|
Menerapkan
pembelajaran aktif yang bermuara pada pengembangan HOTS
|
||||
19
|
Menggambarkan
sintaks/tahapan yang jelas (apabila menggunakan model pembelajarn tertentu)
|
||||
20
|
Sesuai dengan
tujuan pembelajarn
|
||||
21
|
Menggambarkan
proses pencapaian kompetensi
|
||||
C5
|
Media Pembelajaran
dan Sumber Belajar
|
||||
22
|
Mendukung
pencapaian kompetensi dan pembelajaran aktif dengan pendekatan ilmiah
|
||||
23
|
Sesuai dengan
karakteristik peserta didik
|
||||
24
|
Sumber belajar
yang digunakan mencakup antara lain bahan cetak, elektronik, alam, dan sumber
belajar lainnya
|
||||
25
|
|||||
C6
|
Langkah
kegiatan pembelajaran
|
||||
26
|
Memuat kegiatan
pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup
|
||||
27
|
Kegiatan
pendahuluan memuat: pengkondisian peserta didik, kegiatan religius,
apresiasi, penyampaian tujuan pembelajaran, urutan kegiatan, dan penilaian
yang akan dilakukan
|
No
|
Komponen/Aspek
|
Hasil Telaah
|
Catatan
|
||
Tidak
Ada/
Tidak
Sesuai
|
Kuarng
Lengkap/
Kurang
Sesuai
|
Lengkap/
Sesuai
|
|||
0
|
1
|
2
|
|||
28
|
Kegiatan Inti
a. Bentuk
kegiatan pembelajarannya berupa pembelajaran aktif (active learning) dengan
menggunakan berbagai model dan/atau metode pembelajaran dengan pendekatan
ilmiah maupun pendekatan lain yang relevan
|
||||
b.
Sesuai dengan model dan/atau metode pembelajaran yang digunakan
|
|||||
c.
Menggambarkan proses pembelajaran yang menimbulkan interaksi
multi-arah, antar peserta didik dengan guru, dan interaksi dengan
bahan/alat/lingkungan belajar
|
|||||
d.
Menggambarkan proses pembelajaran yang menyenangkan, menantang dan
memotivasi peserta didik
|
|||||
e.
Mengintegrasikan keterampilan hidup abad ke-21 (PPK, literasi,
kompetensi/4C)
|
|||||
29
|
Kegiatan penutup meliputi:
a.
Refleksi dan evaluasi terhadap seluruh rangkaian aktivitas
pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama
menemukan menfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang
telah berlangsung
|
||||
b.
Memberikan umpan balik terhadap proses dari hasil pembelajaran
|
|||||
c.
Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik
tugas individual maupun kelompok
|
|||||
d.
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya
|
No
|
Komponen/Aspek
|
Hasil Telaah
|
Catatan
|
||
Tidak
Ada/
Tidak
Sesuai
|
Kuarng
Lengkap/
Kurang
Sesuai
|
Lengkap/
Sesuai
|
|||
0
|
1
|
2
|
|||
C7
|
Penilaian Hasil Belajar
|
||||
30
|
Memuat rancangan penilaian
|
||||
31
|
Memuat jenis/teknik penilaian, bentuk penilaian,
instrumen dan pedoman penskoran
|
||||
32
|
Mencakup penilaian pengetahuan, keterampilan, dan
sikap (khusus pada mata pelajaran PPKN dan PABP)
|
||||
33
|
Sesuai dengan kompetensi (IPK dan atau KD)
|
||||
34
|
Sesuai dengan kegiatan yang dilakukan dalam
pembelajaran
|
||||
35
|
Sesuai dengan materi pembelajaran
|
||||
36
|
Memuat soal HOTS
|
||||
Jumlah
|
|||||
Skor
|