Instrumen Supervisi Akademik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013

Instrumen Supervisi Akademik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013
Dalam melaksanakan supervisi akademik proses pembelajaran, sebelumnya sebagai kepala sekolah harus memastikan dokumen RPP yang dibuat oleh guru telah memenuhi proses pembuatan RPP yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Selanjutnya kepala sekolah atau guru senior yang ditunjuk mengamati proses pembelajaran untuk mengisi instrumen Pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran.


Instrumen Pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah                 : ..........................................................
Nama Guru           : ..........................................................
Kelas / Semester   : ..........................................................
Mata Pelajaran      : ..........................................................
Hari/tanggal          : ..........................................................

Petunjuk:
  1. Berikan tanda cek (v) pada kolom pilihan YA atau TIDAK sesuai dengan penilaian Anda terhadap penyajian guru pada saat pelaksanaan pembelajaran.
  2. Berikan catatan atau saran perbaikan pelaksanaan pembelajaran
  3. Setelah selesai penilaian, hitung jumlah nilai YA dan TIDAK
  4. Tentukan nilai dengan menggunakan rumus yang telah disediakan

No
Aspek Pengamatan
Hasil
Catatan
Ya
Tidak
A
Kegiatan Pendahuluan



1
Membangun sikap religius sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya



2
Membangun motivasi peserta didik untuk belajar



3
Memberikan apresiasi dengan cara menghubungkan materi pembelajaran dengan pengalaman peserta didik



4
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik



5
Menyampaikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran dan kompetensi yang akan dinilai



B
Kegiatan Inti



B1
Penguasaan Materi Pembelajaran



6
Kemampuan menyesuaikan materi pembelajaran dengan tujuan pembelajaran



7
Kemampuan mengkaitkan materi pembelajaran dengan pengetahuan lain yang relevan dengan kehidupan sehari-hari



8
Menyajikan pembahasan materi pembelajaran dengan tepat dan lengkap sesuai dengan konsep yang benar



9
Menyajikan materi secara sistematis (dari materi mudah ke yang sulit, dari materi sederhana ke yang kompleks, dari materi konkrit ke abstrak atau sebaliknya) sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai peserta didik.



B2
Implementasi Pembelajaran



10
Melaksanakan pembelajaran mengikuti kerangka RPP



11
Pembelajaran yang dilaksanakan bersifat interaktif yang mendorong munculnya interaksi multi-arah, yaitu antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, dan peserta didik dengan sumber belajar, serta peserta didik dengan lingkungan belajar sehingga memiliki kemampuan komunikatif dan kerjasama yang baik



12
Pembelajaran yang dilaksanakan bersifat inspiratif dan multifaset (variasi proses berpikir C1-C6) untuk memunculkan kebiasaan positif peserta didik yaitu terbangunnya karakter dan berkembangnya Higher Order Thinking Skills (HOTs) atau Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (KeBiTT) peserta didik.



13
Pembelajaran yang dilaksanakan menarik, menyenangkan, dan membelajarkan



14
Pembelajaran yang dilaksanakan menantang sehingga memunculkan kemampuan berpikir kritis



15
Pembelajaran yang dilaksanakan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif dan bermakna (meaningful)



16
Pembelajaran yang dilaksanakan memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.



17
Pembelajaran yang dilaksanakan menumbuhkan kreativitas sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik



18
Pembelajaran yang dilaksanakan menumbuhkan kemandirian berpikir dan bertindak sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.



19
Pembelajaran yang dilaksanakan menumbuhkan dan memperkuat budaya literasi



20
Guru menerapkan teknik bertanya dengan tidak memunculkan jawaban serempak (chours answer) dari peserta didik



21
Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik dengan pertanyaan pelacak (probing question) untuk mendorong kemampuan bernalar (berpikir kritis, logis, dan sistematis)



22
Guru mendorong peserta didik untuk mengembangkan keterampilan bertanya untuk membangun kebiasaan mencari tahu (inquisiveness)



B3
Pemanfaatan Media dan Sumber Belajar



23
Mengakomodasi perkembangan teknologi pembelajaran sesuai dengan konsep dan prinsip Techno-Pedagogical Content Knowledge (TPACK)



24
Menunjukkan keterampilan dalam menggunakan media pembelajaran



25
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar



26
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelaran



27
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar



28
Media dan sumber belajar yang digunakan mampu menghasilkan pesan yang menarik dan mengesangkan



B4
Interaksi dengan peserta didik



29
Guru menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, peserta didik dengan media dan sumber belajar



30
Guru memberikan respon positif terhadap partisipasi peserta didik



31
Guru menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik



32
Guru menunjukkan hubungan pribadi yang kondusif dan konstruktif



33
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme peserta didik dalam pembelajaran



B5
Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam pembelajaran



34
Menggunakan bahasa Indonesia yang baik, benar, dan kontekstual



35
Menggunakan pilihan kata yang mudah dipahami oleh peserta didik



C
Kegiatan Penutup



36
Membuat rangkuman dan/atau kesimpulan dengan melibatkan peserta didik



37
Melaksanakan penilaian pembelajaran (secara lisan/tertulis)



38
Mengumpulkan hasil kerja peserta didik sebagai bahan portofolio



39
Memberikan tindak lanjut hasil penilaian (remediasi/pengayaan)



40
Melakukan refleksi pembelajaran (kebermaknaan pembelajaran untuk perkembangan pribadi peserta didik)




Instrumen Supervisi Akademik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013
Filenya dapat di unduh pada link berikut : Instrumen Supervisi Akademik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.