Instrumen Pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah : ..........................................................
Nama Guru : ..........................................................
Kelas / Semester : ..........................................................
Mata Pelajaran : ..........................................................
Hari/tanggal : ..........................................................
Petunjuk:
- Berikan tanda cek (v) pada kolom pilihan YA atau TIDAK sesuai dengan penilaian Anda terhadap penyajian guru pada saat pelaksanaan pembelajaran.
- Berikan catatan atau saran perbaikan pelaksanaan pembelajaran
- Setelah selesai penilaian, hitung jumlah nilai YA dan TIDAK
- Tentukan nilai dengan menggunakan rumus yang telah disediakan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Hasil
|
Catatan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
A
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
|||
1
|
Membangun sikap
religius sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya
|
|||
2
|
Membangun motivasi
peserta didik untuk belajar
|
|||
3
|
Memberikan
apresiasi dengan cara menghubungkan materi pembelajaran dengan pengalaman
peserta didik
|
|||
4
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran dan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik
|
|||
5
|
Menyampaikan
langkah-langkah kegiatan pembelajaran dan kompetensi yang akan dinilai
|
|||
B
|
Kegiatan Inti
|
|||
B1
|
Penguasaan
Materi Pembelajaran
|
|||
6
|
Kemampuan
menyesuaikan materi pembelajaran dengan tujuan pembelajaran
|
|||
7
|
Kemampuan
mengkaitkan materi pembelajaran dengan pengetahuan lain yang relevan dengan
kehidupan sehari-hari
|
|||
8
|
Menyajikan
pembahasan materi pembelajaran dengan tepat dan lengkap sesuai dengan konsep
yang benar
|
|||
9
|
Menyajikan materi
secara sistematis (dari materi mudah ke yang sulit, dari materi sederhana ke yang
kompleks, dari materi konkrit ke abstrak atau sebaliknya) sesuai dengan
kompetensi yang akan dicapai peserta didik.
|
|||
B2
|
Implementasi
Pembelajaran
|
|||
10
|
Melaksanakan
pembelajaran mengikuti kerangka RPP
|
|||
11
|
Pembelajaran yang
dilaksanakan bersifat interaktif yang mendorong munculnya interaksi
multi-arah, yaitu antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, dan peserta
didik dengan sumber belajar, serta peserta didik dengan lingkungan belajar
sehingga memiliki kemampuan komunikatif dan kerjasama yang baik
|
|||
12
|
Pembelajaran yang
dilaksanakan bersifat inspiratif dan multifaset (variasi proses berpikir
C1-C6) untuk memunculkan kebiasaan positif peserta didik yaitu terbangunnya
karakter dan berkembangnya Higher Order Thinking Skills (HOTs) atau
Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (KeBiTT) peserta didik.
|
|||
13
|
Pembelajaran yang
dilaksanakan menarik, menyenangkan, dan membelajarkan
|
|||
14
|
Pembelajaran yang
dilaksanakan menantang sehingga memunculkan kemampuan berpikir kritis
|
|||
15
|
Pembelajaran yang
dilaksanakan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif dan bermakna
(meaningful)
|
|||
16
|
Pembelajaran yang
dilaksanakan memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa sesuai dengan bakat,
minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
|
|||
17
|
Pembelajaran yang
dilaksanakan menumbuhkan kreativitas sesuai dengan bakat, minat, dan
perkembangan fisik serta psikologis peserta didik
|
|||
18
|
Pembelajaran yang
dilaksanakan menumbuhkan kemandirian berpikir dan bertindak sesuai dengan
bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
|
|||
19
|
Pembelajaran yang
dilaksanakan menumbuhkan dan memperkuat budaya literasi
|
|||
20
|
Guru menerapkan
teknik bertanya dengan tidak memunculkan jawaban serempak (chours answer)
dari peserta didik
|
|||
21
|
Guru memberikan
pertanyaan kepada peserta didik dengan pertanyaan pelacak (probing
question) untuk mendorong kemampuan bernalar (berpikir kritis, logis, dan
sistematis)
|
|||
22
|
Guru mendorong
peserta didik untuk mengembangkan keterampilan bertanya untuk membangun
kebiasaan mencari tahu (inquisiveness)
|
|||
B3
|
Pemanfaatan
Media dan Sumber Belajar
|
|||
23
|
Mengakomodasi
perkembangan teknologi pembelajaran sesuai dengan konsep dan prinsip Techno-Pedagogical
Content Knowledge (TPACK)
|
|||
24
|
Menunjukkan
keterampilan dalam menggunakan media pembelajaran
|
|||
25
|
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan sumber belajar
|
|||
26
|
Melibatkan
peserta didik dalam pemanfaatan media pembelaran
|
|||
27
|
Melibatkan
peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar
|
|||
28
|
Media dan sumber
belajar yang digunakan mampu menghasilkan pesan yang menarik dan mengesangkan
|
|||
B4
|
Interaksi
dengan peserta didik
|
|||
29
|
Guru menumbuhkan
partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi antarpeserta didik, peserta
didik dengan guru, peserta didik dengan media dan sumber belajar
|
|||
30
|
Guru memberikan
respon positif terhadap partisipasi peserta didik
|
|||
31
|
Guru menunjukkan
sikap terbuka terhadap respons peserta didik
|
|||
32
|
Guru menunjukkan
hubungan pribadi yang kondusif dan konstruktif
|
|||
33
|
Menumbuhkan
keceriaan dan antusiasme peserta didik dalam pembelajaran
|
|||
B5
|
Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam pembelajaran
|
|||
34
|
Menggunakan bahasa Indonesia yang baik, benar,
dan kontekstual
|
|||
35
|
Menggunakan pilihan kata yang mudah dipahami oleh
peserta didik
|
|||
C
|
Kegiatan Penutup
|
|||
36
|
Membuat rangkuman dan/atau kesimpulan dengan
melibatkan peserta didik
|
|||
37
|
Melaksanakan penilaian pembelajaran (secara
lisan/tertulis)
|
|||
38
|
Mengumpulkan hasil kerja peserta didik sebagai
bahan portofolio
|
|||
39
|
Memberikan tindak lanjut hasil penilaian
(remediasi/pengayaan)
|
|||
40
|
Melakukan refleksi pembelajaran (kebermaknaan
pembelajaran untuk perkembangan pribadi peserta didik)
|
Filenya dapat di unduh pada link berikut : Instrumen Supervisi Akademik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013