Instrumen Pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah                 : ..........................................................
Nama Guru           : ..........................................................
Kelas / Semester   : ..........................................................
Mata Pelajaran      : ..........................................................
Hari/tanggal          : ..........................................................
Petunjuk:
- Berikan tanda cek (v) pada kolom pilihan YA atau TIDAK sesuai dengan penilaian Anda terhadap penyajian guru pada saat pelaksanaan pembelajaran.
- Berikan catatan atau saran perbaikan pelaksanaan pembelajaran
- Setelah selesai penilaian, hitung jumlah nilai YA dan TIDAK
- Tentukan nilai dengan menggunakan rumus yang telah disediakan
| 
No | 
Aspek Pengamatan | 
Hasil | 
Catatan | |
| 
Ya | 
Tidak | |||
| 
A | 
Kegiatan
  Pendahuluan | |||
| 
1 | 
Membangun sikap
  religius sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya | |||
| 
2 | 
Membangun motivasi
  peserta didik untuk belajar | |||
| 
3 | 
Memberikan
  apresiasi dengan cara menghubungkan materi pembelajaran dengan pengalaman
  peserta didik | |||
| 
4 | 
Menyampaikan
  tujuan pembelajaran dan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik | |||
| 
5 | 
Menyampaikan
  langkah-langkah kegiatan pembelajaran dan kompetensi yang akan dinilai | |||
| 
B | 
Kegiatan Inti | |||
| 
B1 | 
Penguasaan
  Materi Pembelajaran | |||
| 
6 | 
Kemampuan
  menyesuaikan materi pembelajaran dengan tujuan pembelajaran | |||
| 
7 | 
Kemampuan
  mengkaitkan materi pembelajaran dengan pengetahuan lain yang relevan dengan
  kehidupan sehari-hari | |||
| 
8 | 
Menyajikan
  pembahasan materi pembelajaran dengan tepat dan lengkap sesuai dengan konsep
  yang benar | |||
| 
9 | 
Menyajikan materi
  secara sistematis (dari materi mudah ke yang sulit, dari materi sederhana ke yang
  kompleks, dari materi konkrit ke abstrak atau sebaliknya) sesuai dengan
  kompetensi yang akan dicapai peserta didik. | |||
| 
B2 | 
Implementasi
  Pembelajaran | |||
| 
10 | 
Melaksanakan
  pembelajaran mengikuti kerangka RPP | |||
| 
11 | 
Pembelajaran yang
  dilaksanakan bersifat interaktif yang mendorong munculnya interaksi
  multi-arah, yaitu antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, dan peserta
  didik dengan sumber belajar, serta peserta didik dengan lingkungan belajar
  sehingga memiliki kemampuan komunikatif dan kerjasama yang baik | |||
| 
12 | 
Pembelajaran yang
  dilaksanakan bersifat inspiratif dan multifaset (variasi proses berpikir
  C1-C6) untuk memunculkan kebiasaan positif peserta didik yaitu terbangunnya
  karakter dan berkembangnya Higher Order Thinking Skills (HOTs) atau
  Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (KeBiTT) peserta didik. | |||
| 
13 | 
Pembelajaran yang
  dilaksanakan menarik, menyenangkan, dan membelajarkan | |||
| 
14 | 
Pembelajaran yang
  dilaksanakan menantang sehingga memunculkan kemampuan berpikir kritis | |||
| 
15 | 
Pembelajaran yang
  dilaksanakan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif dan bermakna
  (meaningful) | |||
| 
16 | 
Pembelajaran yang
  dilaksanakan memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa sesuai dengan bakat,
  minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. | |||
| 
17 | 
Pembelajaran yang
  dilaksanakan menumbuhkan kreativitas sesuai dengan bakat,  minat, dan
  perkembangan fisik serta psikologis peserta didik | |||
| 
18 | 
Pembelajaran yang
  dilaksanakan menumbuhkan kemandirian berpikir dan bertindak sesuai dengan
  bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. | |||
| 
19 | 
Pembelajaran yang
  dilaksanakan menumbuhkan dan memperkuat budaya literasi | |||
| 
20 | 
Guru menerapkan
  teknik bertanya dengan tidak memunculkan jawaban serempak (chours answer)
  dari peserta didik | |||
| 
21 | 
Guru memberikan
  pertanyaan kepada peserta didik dengan pertanyaan pelacak (probing
  question) untuk mendorong kemampuan bernalar (berpikir kritis, logis, dan
  sistematis) | |||
| 
22 | 
Guru mendorong
  peserta didik untuk mengembangkan keterampilan bertanya untuk membangun
  kebiasaan mencari tahu (inquisiveness) | |||
| 
B3 | 
Pemanfaatan
  Media dan Sumber Belajar | |||
| 
23 | 
Mengakomodasi
  perkembangan teknologi pembelajaran sesuai dengan konsep dan prinsip Techno-Pedagogical
  Content Knowledge (TPACK) | |||
| 
24 | 
Menunjukkan
  keterampilan dalam menggunakan media pembelajaran | |||
| 
25 | 
Menunjukkan
  keterampilan dalam penggunaan sumber belajar | |||
| 
26 | 
Melibatkan
  peserta didik dalam pemanfaatan media pembelaran | |||
| 
27 | 
Melibatkan
  peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar | |||
| 
28 | 
Media dan sumber
  belajar yang digunakan mampu menghasilkan pesan yang menarik dan mengesangkan
   | |||
| 
B4 | 
Interaksi
  dengan peserta didik | |||
| 
29 | 
Guru menumbuhkan
  partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi antarpeserta didik, peserta
  didik dengan guru, peserta didik dengan media dan sumber belajar | |||
| 
30 | 
Guru memberikan
  respon positif terhadap partisipasi peserta didik | |||
| 
31 | 
Guru menunjukkan
  sikap terbuka terhadap respons peserta didik | |||
| 
32 | 
Guru menunjukkan
  hubungan pribadi yang kondusif dan konstruktif | |||
| 
33 | 
Menumbuhkan
  keceriaan dan antusiasme peserta didik dalam pembelajaran | |||
| 
B5 | 
Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam pembelajaran | |||
| 
34 | 
Menggunakan bahasa Indonesia yang baik, benar,
  dan kontekstual | |||
| 
35 | 
Menggunakan pilihan kata yang mudah dipahami oleh
  peserta didik | |||
| 
C | 
Kegiatan Penutup | |||
| 
36 | 
Membuat rangkuman dan/atau kesimpulan dengan
  melibatkan peserta didik | |||
| 
37 | 
Melaksanakan penilaian pembelajaran (secara
  lisan/tertulis) | |||
| 
38 | 
Mengumpulkan hasil kerja peserta didik sebagai
  bahan portofolio | |||
| 
39 | 
Memberikan tindak lanjut hasil penilaian 
  (remediasi/pengayaan) | |||
| 
40 | 
Melakukan refleksi pembelajaran (kebermaknaan
  pembelajaran untuk perkembangan pribadi peserta didik) | |||
Filenya dapat di unduh pada link berikut : Instrumen Supervisi Akademik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013
 


