Workshop Membuat Website dari Nol tepat bagi Anda yang ingin membuat website sekolah, website pembelajaran, website personal, website organisasi, portal berita, dan website lainnya. Pastikan Anda bergabung di kegiatan ini! Yuk, langsung cek dan daftar melalui link dibawah ini

Platform Pembelajaran Online yang Perlu Guru Ketahui

Platform pembelajaran online telah ada sejak 20 tahun yang lalu. Semua itu telah memungkinkan orang untuk menyelesaikan pendidikan tanpa perlu beranjak dari rumah. Baru-baru ini, karena pandemi COVID-19 di seluruh dunia, platform pembelajaran online telah memberi siswa di seluruh dunia sarana untuk tetap terhubung dengan pendidikan mereka ketika sekolah ditutup. Apa sebenarnya platform pembelajaran online itu? Hal-hal apa yang harus dipertimbangkan ketika memilih platform pembelajaran online? Apa sajakah platform pembelajaran online yang tersedia untuk guru di kelas ?


Apa itu Platform Pembelajaran Online?

Platform pembelajaran online adalah seperangkat alat digital interaktif yang terintegrasi. Alat-alat ini memberi siswa dan informasi pendidik, sumber daya, dan sarana komunikasi untuk membantu mendukung dan meningkatkan mutu pendidikan, penyampaian, dan manajemen pengajaran dan pembelajaran siswa. Platform pembelajaran online memberi pengajar cara untuk terhubung dengan siswa dengan mengirimkan pengumuman, memberikan tugas kelas, dan mendistribusikan tes. Beberapa platform pembelajaran online memungkinkan teman sekelas menggunakan obrolan video untuk melihat dan berbicara satu sama lain dan dengan guru mereka. Platform pembelajaran online dapat menilai pekerjaan dan terhubung dengan siswa dan keluarga mereka. Ada ratusan platform pembelajaran online yang tersedia, dan ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan saat memilih platform yang tepat untuk guru dan siswa.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Platform Pembelajaran Online

Dengan banyaknya platform pembelajaran online di luar sana, bisa jadi sangat sulit untuk memilih yang tepat. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih yang terbaik untuk Anda sebagai pendidik dan siswa Anda. Sebagai langkah awal, apa yang dibutuhkan pengguna saat belajar? Apakah platform diperlukan untuk mendistribusikan informasi, atau apakah siswa akan berinteraksi satu sama lain, mengirimkan tugas, dan penilaian ?

Yang terakhir biasanya terjadi, yang membuka pintu ke lebih banyak pilihan. Apakah Anda mencari platform online yang kompatibel dengan iPad, desktop, dan ponsel? Ini penting ketika siswa mungkin tidak memiliki perangkat sendiri, mungkin berbagi perangkat dengan teman, atau mungkin tidak memiliki internet harus ke perpustakaan atau melalui hot spot yang tersedia.

Selain itu, kemudahan integrasi merupakan pertimbangan penting lainnya. Apalagi jika siswa tidak memiliki banyak panduan saat meluncurkan platform, seperti yang terjadi pada banyak orang ketika COVID-19 begitu cepat melanda bangsa. Konten yang dapat disediakan platform online adalah pertimbangan yang sangat penting, yang perlu dipertimbangkan dengan sistem manajemen pembelajaran. Di bawah ini adalah empat platform pembelajaran online berbeda yang menurut pengajar berhasil, produktif, dan menarik.

Platform Pembelajaran Online

Seesaw adalah alat manajemen pembelajaran yang menciptakan kolaborasi antara siswa, guru, dan keluarga. Setiap siswa memiliki portofolionya sendiri di mana mereka dapat menyerahkan tugas, menulis catatan, mengunggah foto, dan menyerahkan gambar. Guru memiliki akses ke perpustakaan aktivitas yang memiliki ribuan tugas yang telah dibuat untuk hampir semua topik yang dapat ditelusuri. Pengajar juga dapat merancang tugasnya sendiri dan membagikannya dengan rekan kerja dengan mudah. Saat siswa mengirimkan tugas, tugas tersebut akan dilihat oleh pengajar dan orang tua, membuat sambungan yang mudah ke dalam tugas kelas siswa. Platform ini gratis. Namun, menawarkan juga versi premium yang memiliki fitur tambahan.

Bloomz adalah aplikasi yang pernah mendapat penghargaan yang diberi peringkat, "Aplikasi atau Alat Komunikasi Orangtua-Guru / Sekolah Terbaik" oleh Tech Edvocate dua tahun berturut-turut. Mirip dengan Bloomz memberi pengguna komunikasi dua arah dan portofolio siswa. Bloomz, bagaimanapun, menyertakan fitur pelacakan perilaku yang menurut banyak guru bermanfaat untuk pengumpulan data dan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas kepada orang tua tentang hari-hari anak mereka, terutama di era elearning. Orang tua dapat menyukai pekerjaan anak mereka, mengomentari tugas, dan dengan mudah terhubung dengan guru. Salah satu kelemahan Bloomz adalah versi gratisnya membatasi penyimpanan foto / video, sehingga guru yang memposting banyak gambar mungkin kehabisan ruang. Terlepas dari itu, Bloomz layak untuk dipilih.

Google Kelas adalah platform pembelajaran online yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah. Ini bertujuan untuk menyederhanakan pembuatan, distribusi, dan penilaian tugas. Itu membuat berbagi file antara guru dan siswa lebih efisien. Google kelas bekerja dari komputer atau perangkat seluler apa pun. Banyak guru merasa fitur penilaian sangat lancar, dan aplikasi Google terintegrasi penuh dengan Kelas, membuat berbagi Google Dokumen, Slide, dan produk Google lainnya menjadi sangat efisien. Beberapa pengguna mengeluh bahwa antarmuka terlihat membingungkan seseorang yang tidak terbiasa dengan dunia Google. Namun, banyak pendidik yang menganggap platform pembelajaran online ini sebagai favorit, dan Pengguna Google Kelas dua kali lipat selama pandemi menjadi lebih dari 100 juta.

Schoology adalah platform pembelajaran online lain yang layak mendapat perhatian. Schoology dirancang khusus untuk siswa taman kanak-kanak hingga kelas 12. Ini membanggakan menyediakan 200+ alat pendidikan dan integrasi platform, seperti DropBox, Quizlet, dan Infinite Campus. Schoology membuat pembuatan penilaian cukup mudah, dan buku nilai bawaan membuat pelacakan skor menjadi mudah. Satu kelemahan dalam mengadopsi Schoology adalah, karena berbagai fitur dan kemungkinan yang ditawarkan, dapat membingungkan baik bagi pendidik maupun siswa. Penggunaan secara bertahap adalah yang terbaik untuk platform pembelajaran online ini.

Kesimpulan

Sementara platform pembelajaran online telah ada selama beberapa dekade terakhir, baru-baru ini mereka mengalami momentum yang lebih besar. Siswa di seluruh dunia tetap terhubung dengan guru mereka. Ada beberapa pertimbangan penting untuk dipikirkan ketika memilih platform pembelajaran online yang tepat, tetapi dengan ratusan yang tersedia, yang tepat hanya menunggu keputusa Anda sebagai guru atau pengajar.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.