Cara Meningkatkan Pengembangan Kosa Kata

Kosakata seseorang akan meningkat melalui percakapan, membaca, dan saat melakukan proses belajar mengajar. Ketika kita menghitung jumlah kata yang digunakan untuk berkomunikasi dengan anak-anak sejak mereka lahir, kita membantu mereka membangun dasar yang kuat dalam pengembangan kosa kata mereka.


Penelitian telah menunjukkan bahwa pada saat seorang anak berusia tiga tahun, ada kesenjangan tiga puluh juta kata antara seorang anak yang tumbuh dalam kemiskinan dan seorang anak yang dibesarkan di rumah tangga berpenghasilan tinggi. Ketika orang tua dan guru mempertimbangkan kata-kata yang mereka paparkan kepada anak-anak melalui buku, dialog, dan pengalaman, kosakata anak meningkat secara signifikan. Apa saja cara untuk mengembangkan kosakata lebih lanjut?

Momen yang Dapat Diajarkan untuk Meningkatkan Pengembangan Kosakata

Perkembangan kosakata dapat ditingkatkan secara signifikan melalui mendengarkan . Percakapan dan pengalaman adalah cara ampuh untuk menciptakan momen yang dapat diajarkan yang mendukung pengembangan kosa kata. Ketika kita mempertimbangkan pilihan kata yang kita gunakan dalam percakapan seperti kata menguraikan bukannya menjelaskan , kita telah meningkatkan pilihan kata untuk anak, yang dapat meningkatkan kosa kata mereka.

Pengalaman seperti kunjungan lapangan atau perjalanan keluarga ke akuarium atau kota baru juga dapat menambah pengetahuan kita tentang istilah kosa kata. Bayangkan sebuah perjalanan ke museum di mana pemandu wisata membawa Anda dari satu pameran ke pameran berikutnya memberikan informasi melalui kata-kata kosa kata baru yang terkait dengan topik atau tema tertentu. Istilah tambahan ini sekarang secara resmi ditambahkan kepemahaman Anda, yang dapat mendukung pengembangan kosakata Anda.

Bagaimana Cara Membaca untuk Meningkatkan Pengembangan Kosakata

Setelah pembaca dapat memecahkan arti kata dalam sebuah teks, langkah selanjutnya adalah memahami arti kata tersebut dan bagaimana kaitannya dengan tema atau gagasan utama dalam buku dan dapat mendukung pemahaman. Apakah orang dewasa membaca untuk anak atau anak membaca untuk diri mereka sendiri, kosakata dapat meningkat secara signifikan melalui membaca. Pembaca dapat menggunakan pengetahuan atau skema latar belakang mereka untuk mencari tahu bagaimana kata kosa kata tertentu digunakan dalam teks. Pembaca juga dapat menggunakan petunjuk konteks dan ilustrasi atau foto untuk menentukan arti kata-kata yang tidak diketahui.

Memahami bagaimana definisi beberapa kata atau homofon dalam teks digunakan merupakan indikator yang baik dari pengetahuan kosa kata seseorang. Semakin banyak paparan yang dimiliki pembaca terhadap buku dan artikel lintas genre, semakin meningkat pengetahuan kosa kata mereka. Dan semakin banyak pengulangan kata yang muncul dalam teks, semakin besar kemungkinan kata tersebut ditambahkan ke kosa kata lisan dan tulisan seseorang.

Cara Meningkatkan Kosakata di Kelas

Bacalah dengan keras

Menggunakan kamus sebagai alat referensi kata untuk memahami arti kata adalah keterampilan yang baik untuk dimiliki dalam hal meningkatkan kosa kata; Namun, itu bukan cara terbaik untuk meningkatkan kosakata di kelas. Faktanya, mencari kata-kata acak dalam kamus dan menulis definisi setiap kata bukanlah praktik berbasis penelitian untuk meningkatkan perkembangan kosakata siswa. Pengalaman membaca bersama, dan waktu membaca mandiri dapat meningkatkan kosakata di ruang kelas.

Guru dapat menentukan pengetahuan kata apa yang sudah dimiliki siswa dalam skema mereka dengan mengajukan pertanyaan tentang kosakata selama pengalaman membaca keras. Ketika guru mencontohkan bagaimana mencari tahu arti dari tiga sampai empat kata yang tidak diketahui selama membaca bersama, siswa mulai mempraktekkan strategi mereka sendiri. Sementara guru tidak pernah dapat memprediksi kosakata mana yang tidak diketahui anak, mereka dapat mengajari siswa cara menggunakan petunjuk konteks untuk membantu mencari tahu apa arti setiap kata yang tidak diketahui. Mengajar siswa bagaimana menjadi seorang membaca selektif adalah cara yang ampuh untuk meningkatkan keterlibatan dan pengembangan kosa kata. Latihan ini dapat digunakan selama membaca mandiri dan saat mengambil penilaian.

Ajarkan Kata-Kata Baru melalui Contoh

Guru juga dapat mempertimbangkan kosakata yang mereka gunakan di kelas untuk mendukung pertumbuhan anak dalam pengetahuan dan makna kata. Menggunakan kata-kata seperti koridor sebagai gantilorong , harapan sebagai ganti aturan , atau vertikal bukannya naik turun meningkatkan perkembangan kosakata siswa secara praktis. Membuat dinding kosa kata konten untuk menyoroti kata-kata kosa kata baru yang sesuai dengan perkembangan dalam membaca, matematika, sains, dan studi sosial adalah cara lain untuk mendukung pengajaran kosa kata di kelas.

"Text talk" adalah ide yang menghubungkan kata-kata kosakata dengan teks. Bahkan, banyak ruang kelas menampilkan sampul buku dengan daftar lima kosakata yang dikuratori yang berhubungan dengan keseluruhan tema atau gagasan utama buku. Setelah siswa mempelajari kosakata baru, apakah itu berorientasi konten, kata sifat, kata kerja, atau kata-kata yang berkaitan dengan materi pelajaran tertentu, mereka harus didorong untuk menggunakan kata-kata itu dalam tulisan mereka juga.

Visual

Kosakata meningkat seiring dengan meningkatnya tingkat membaca, dan perkembangan kosa kata berdasarkan usia jelas terlihat berbeda. Di kelas dasar, anak-anak harus berlatih mengklasifikasikan dan menyortir kata untuk meningkatkan perkembangan kosa kata. Contohnya adalah membandingkan buah-buahan dan sayuran atau hewan ternak dan hewan liar. Karena kosakata lisan anak lebih baik daripada kosakata membaca dan menulis mereka pada usia ini, menggunakan gambar dalam buku sebelum membaca untuk memahami kosakata adalah cara strategis bagi siswa untuk dapat membaca kata-kata secara mandiri. Tanyakan kepada anak-anak apa yang mereka lihat dalam gambar dan buat papan cerita untuk mendokumentasikan kata-kata yang mereka.

Permainan populer Scattergories memaksa pemain untuk memperluas kosakata mereka untuk menang. Misalnya, jika prompt mengatakan untuk memilih hewan kebun binatang yang dimulai dengan huruf b , jawaban yang mudah adalah kelinci atau beruang. Namun, pemenangnya kemungkinan besar adalah pemain yang mengucapkan babon, kosakata tingkat tinggi. Pengajaran awalan, akhiran, akar Yunani, dan akar Latin di kelas atas juga meningkatkan perkembangan kosakata siswa. Ketika berbagai pengalaman diciptakan di dalam kelas untuk mendukung kosakata melalui teks, perkembangan kosakata seorang siswa terus meningkat setiap tahunnya.

logoblog
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.