Workshop Membuat Website dari Nol tepat bagi Anda yang ingin membuat website sekolah, website pembelajaran, website personal, website organisasi, portal berita, dan website lainnya. Pastikan Anda bergabung di kegiatan ini! Yuk, langsung cek dan daftar melalui link dibawah ini

Pemanfaatan Tik Tok Pada Proses Pembelajaran

Pendidik saat ini di seluruh dunia mulai memperhatikan platform media sosial TikTok. Alat pembuat video pendek populer yang diperkirakan sekitar 800 juta pengguna di seluruh dunia membuat dan berbagi video pendek. Apa yang membuat TikTok menonjol dalam persaingannya dengan aplikasi lain? Fakta membuktikan bahwa orang dari segala usia dapat membagikan ekspresi kreatif mereka melalui video pendek berdurasi 15 detik dan membagikannya kepada dunia. Apa yang membuat pendidik begitu bersemangat tentang platform media sosial ini, adalah potensinya sebagai alat pengajaran di dalam kelas. Sementara mungkin beberapa pendidik masih ragu akan hal itu, yang lain ingin menerimanya sebagai alat pengajaran baru untuk meningkatkan dan melengkapi pembelajaran siswa.

Sebelum memperkenalkan platform TikTok yang populer ke dalam kelas, Kita harus terlebih dahulu menyadari tentang masalah privasi. Ajak siswa untuk mengatur privasi sesuai kelompok usia. Buat siswa menyadari tentang cara melindungi data mereka dan cara berbagi dengan orang lain. Opsi privasi TikTok memungkinkan orang luar tidak dapat melihat konten yang diunggah atau meninggalkan pesan atau komentar yang tidak diminta pada video yang dibagikan siswa, selama mereka mengaturnya ke pengaturan yang benar. Meskipun kita tidak selalu dapat mencegah penyalahgunaan media sosial, kita dapat membuat siswa mengetahui masalah privasi dan apa yang dapat terjadi jika mereka melanggar peraturan.

Bayangkan jika siswa memiliki akses tak terbatas ke video penting mengenai pelajaran. Sekarang, dengan aplikasi TikTok, mereka bisa! Ketika siswa mempelajari sebuah konsep di kelas dan mencoba membuat catatan, mereka mungkin terganggu oleh apa yang ada di sekitar mereka. Namun, ketika guru menggunakan TikTok untuk membuat video pendek dengan tujuan menjelaskan konsep atau menyoroti poin-poin utama pelajaran, siswa dapat menontonnya berulang kali tanpa gangguan dalam mencoba menangkap setiap kata yang diucapkan guru.

TikTok juga dapat digunakan untuk membantu siswa menjelaskan konten yang mereka pelajari. Misalnya, siswa dapat membandingkan dan membedakan konsep yang dipelajari. Tahap awal siswa diberikan pelajaran, kemudian mereka diinstruksikan untuk mengambil informasi yang dipelajari dan membuat TikTok yang membandingkan dan membedakan informasi tersebut. Siswa akan termotivasi jika mereka dapat menggunakan TikTok di kelas dan guru akan merasa sukses dalam pengelolaan pembelajaran karena siswa lebih jauh terlibat saat proses belajar.

TikTok dapat digunakan di lingkungan sekolah untuk membangkitkan kesadaran komuitas sekolah dan menarik minat siswa dan teman-temannya. Misalnya, membuat saluran untuk sekolah dan memungkinkan siswa untuk berkontribusi dalam membuat video yang akan membantu siswa di sekolah untuk mengetahui apa yang terjadi. Guru dapat membantu memacu kreativitas siswa dengan mendorong siswa untuk membuat video tentang acara olahraga, tarian, atau acara sekolah lainnya yang akan datang. Atau guru bahkan dapat menantang siswa untuk menyebarkan pesan tentang apa yang terjadi di komunitas atau untuk mengambil bagian dalam tantangan TikTok di mana sekolah dapat berkompetisi satu sama lain.

TikTok dapat digunakan seperti di iMovie atau Google Docs untuk menampilkan tugas akhir siswa. Misalnya siswa dapat menggunakan TikTok untuk membuat video proyek mereka. Jika mencari hashtag #finalproject di TikTok, kita akan melihat lebih dari satu juta video siswa yang memamerkan proyek mereka.

Cara lain untuk menampilkan proyek akhir adalah dengan mengelompokkan siswa menjadi kelompok kecil dan minta kepada siswa menjelaskan tentang apa video TikTok mereka. Pastikan bahwa setiap topik dan judul kelompok, relevan dengan kebutuhan. Selanjutnya, mintalah siswa memutuskan peran mana yang akan dimainkan oleh peserta. Kemudian, instruksikan siswa untuk menulis skrip video mereka yang terorganisir dan mendetail yang dapat mereka serahkan.

Rencana pelajaran dengan TikTok sekarang sedang populer. Siswa mengambil informasi yang dipelajari di kelas dan berbagi pengetahuan dengan membuat klip berdurasi 15 detik, untuk menunjukkan poin-poin penting dari sebuah konsep. guru akan sangat senang karena melihat siswa dapat menggunakan pengetahuan mereka untuk dibagikan dengan teman-teman mereka.

Untuk membuat RPP dengan TikTok dapat dimulai seperti ini: siswa menonton video pendek atau mereview informasi yang sudah dipelajari, kemudian menonton TikTok yang relevan dengan konsep yang sama. Selanjutnya siswa akan membuat video berdasarkan informasi yang dipelajari.

TikTok telah memberikan siswa akses untuk berbicara tentang masalah yang mereka sukai, seperti perubahan iklim, politik, keamanan sekolah, diskriminasi atau masalah lainnya. Kaum muda saat ini telah mengubah dunia dan menjadi bagian dari gerakan perubahan hanya dengan membuat dan berbagi klip video pendek tentang masalah yang penting bagi mereka. Guru kelas dapat membantu memberdayakan siswanya dengan mengizinkan mereka berbicara tentang masalah yang penting dengan membuat video TikTok di kelas. Video-video ini dapat dibagikan di dalam kelas atau sekolah untuk membantu menyebarkan pesan positif yang relevan.

TikTok tentu saja merupakan aplikasi yang menghibur dan menarik. Dengan memasukkan TikTok ke dalam kelas, guru dapat merasakan kegembiraan karena manfaat TikTok sambil tetap memasukkan nilai pendidikan.

Tulisan ini telah di terbitkan pada Majalah Dunia Pendidikan Edisi No.261 Bulan Juli 2021

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.