Lembar Kerja Siswa Letak dan Luas Indonesia

Letak suatu tempat dipermukaan bumi tidak hanya sekadar menunjukkan posisinya diantara tempat lainnya. Letak suatu tempat menunjukkan pula karakteristik tempat tersebut. Sebagai contoh, suatu tempat berada di daerah pantai. Karakteristik tempat tersebut dapat diidentifikasi bersuhu tinggi, berupa dataran rendah, sebagian masyarakatnya bekerja sebagai nelayan, dan seterusnya.


Letak juga menunjukkan posisi suatu tempat terhadap tempat lainnya. Dalam hal ini, ada tempat yang strategis, terisolasi, dan seterusnya. Sebagai contoh, suatu tempat berada di pusat kota. Karena letaknya, tempat tersebut dapat dicapai dari berbagai lokasi dengan mudah, sehingga menjadi pusat kegiatan penduduk.

Lembar Kerja Siswa Letak dan Luas Indonesia
Foto : buku IPS SMP/MTs VII
Indonesia terletak anatara 95 derajat BT - 141 derajat BT dan 6 derajat LU - 11 derajat LS. Karena letaknya tersebut, Indonesia termasuk ke dalam wilayah tropis. Wilayah tropis  dibatasi oleh lintang 23,5 derajat LU - 23,5 derajat LS. Perhatikan peta berikut ini. Daerah yang ditandai arsiran merupakan wilayah tropis dan Indonesia seluruhnya masuk dalam wilayah tropis.

Selain dilihat dari posisi koordinatnya (letak astronomis), letak suatu tempat juga dapat dilihat secara geografis. Apa yang dimaksud dengan letak geografis ? Letak geografis merupakan posisi suatu wilayah atau negara di lihat dari kenyataannya di permukaan bumi. Secara geografis Indonesia berada diantara dua benua, yaitu benua Asis dan Australia. Selain itu Indonesia terletak diantara dua samudera yaitu Samudera  Pasifik dan Samudera Hindia.


Lembar Kerja Siswa Letak dan Luas Indonesia
Foto : buku IPS SMP/MTs VII


Letak geografis Indonesia sangat strategis karena menjadi jalur lalu lintas perdagangan dunia antara negara-negara dari Asia Timur dengan negara-negara di Eropa, Afrika dan Timur Tengah dan India. Kapal-kapal dagang yang mengangkut berbagai komoditas dari Jepang, China, dan negara-negara lainnya melewati Indonesia menuju negara-negara tujuan di Eropa. Indonesia juga dilewati jalur perdagangan dari Asia ke arah Australia dan Selandia Baru.

Letak geografis memberi pengaruh bagi Indonesia, bail secara sosial, ekonomi, maupun budaya. Karena menjadi jalur lalu lintas pelayaran dan perdagangan dunia, bangsa Indonesia telah lama menjalin interaksi sosial dengan bangsa lain. Interaksi sosial melalui perdagangan tersebut selanjutnya menjadi jalan bagi masuknya berbagai agama ke Indonesia, seperti Islam, Hindu, Budha, Kristen, dan lain-lain.

Lembar Kerja Siswa Letak dan Luas Indonesia
Foto : buku IPS SMP/MTs VII

Indonesia yang kaya akan sumber daya alam menjual berbagai komoditas atau hasil bumi seperti kayu cendana, lada, pala, cengkih, dan hasil perkebunan lainnya ke negara-negara Eropa, China, dan negara lainnya. Negara-negara lain menjual berbagai produk barang seperti porselen, kain sutra, tenunan halus, mesin, dan lain-lain ke Indonesia.

Selain keuntungan, letak geografis Indonesia juga memberikan dampak yang merugiakan. Budaya dari negara lain yang tidak selalu sesuai dengan budaya Indonesia kemudian masuk dan mempengaruhi kehidupan budaya bangsa Indonesia,  misalnya pergaulan bebas, kesantunan, dan lain-lain. Selain itu, Indonesia juga rentan terhadap masuknya barang-barang terlarang yang diselundupkan seperti senjata api dan narkoba.
Foto : buku IPS SMP/MTs VII
Indonesia dilalui oleh jalur pelayaran utama dunia. Jalur utama tersebut merupakan jalur pelayaran perdagangan paling penting dan melayani pasar utama dunia. Disamping itu, terdapat rute pelayaran pendukung yang melayani pasar yang lebih kecil.

Keuntungan posisi Indonesia dapat dilihat secara geologis. Indonesia berada pada jalur pertemuan tiga lempeng, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng Hindia. Posisi tersebut membuat Indonesia memiliki banyak gunung api. Keuntungan dari letak geologi seperti ini adalah beragamnya potensi sumber energi dan mineral.
Foto : buku IPS SMP/MTs VIISelain letaknya yang strategis Indonesia juga memiliki luas wilayah yang tergolong besar. Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km bujur sangkar dan perairannya seluas 3.257.483 km bujur sangkar. Jika dibandingkan dengan wilayah lainnya, maka luas wilayah Indonesia (daratan dan Lautan) kurang lebih sama dengan Eropa atau hampir sama dengan Amerika Serikat atau Australia.

Daratan terdiri atas 13.466 pulau yang menjadikannya sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Banyaknya pulau membuat garis pantainya juga sangat besar yaitu mencapai 99.030 kilometer.

Rincian Kegiatan
  1. Bacalah wacana/materi pelajaran diatas !
  2. Perhatikan peta dasar Indonesia diatas kemudian gambarlah garis lintang dan  garis bujur pada peta tersebut lengkap dengan angkanya !
  3. Lengkapi juga dengan garis silang atau  posisi silang yang menandakan Indonesia terletak antara dua benua dan dua samudera !
 Pertanyaan
  1. Sebutkan letak astronomis Indonesia !
  2. Sebutkan letak geografis Indonesia !
  3. Sebutkan letak geologi Indonesia !
  4. Sebutkan keuntungan dari letak astronomis Indonesia !
  5. Sebutkan keuntungan dan kelemahan dari letak geografis Indonesia !
  6. Sebutkan keuntungan dan kelemahan dari letak geologi Indonesia !

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.