Lembar Kerja Peserta Didik "Benua Afrika"

Pendahuluan

Apa yang kalian ingat tentang Benua Afrika? Kehidupan satwa liar, seperti singa dan gajah? Atau penduduknya yang umumnya memiliki warna kulit yang hitam? Ya, Benua Afrika sering disebut “Benua Hitam” karena mayoritas penduduknya mempunyai kulit berwarna hitam. Sebutan ini awal mulanya digunakan oleh masyarakat Perancis yang dahulu banyak menjajah Benua Afrika.

Lembar Kerja Peserta Didik "Benua Afrika"


Afrika terletak pada 170 BB–520 BT dan 350 LU–340 LS. Ini berarti Benua Afrika dilewati garis khatulistiwa, sehingga sebagian wilayahnya beriklim tropis. Karena posisinya lintangnya, sebagian besar wilayah ini beriklim tropis kecuali bagian paling utara dan paling selatan. Di kedua wilayah tersebut, iklim mulai memasuki zona subtropis. Keadaan iklim tersebut disebabkan oleh wilayah yang sangat luas dan dipagari plato.

Benua Afrika berbatasan dengan Laut Tengah di utara, Samudra Hindia di selatan dan timur, serta Samudra Atlantik di barat. Benua Afrika merupakan benua terbesar ketiga setelah Asia dan Amerika. Luas wilayah Afrika mencapai 30.290.000 km2. Secara geografis, Benua Afrika terbagi atas lima kawasan yaitu Afrika Utara, Afrika Timur, Afrika Barat, Afrika Tengah, dan Afrika Selatan.

No

Kawasan Benua

Negara-Negara

1

Afrika Utara

 

2

Afrika Tengah

 

3

Afrika Selatan

 

4

Afrika Barat

 

5

Afrika Timur

 


Rincian Kegiatan
  1. Baca pendahuluan diatas !
  2. Perhatikan peta dasar Benua Afrika kemudian lengkapi dengan letak lintang dan bujur pada titik-titik yang tersedia !
  3. Diskusikan dengan anggota kelompokmu tentang persebaran negara-negara Afrika berdasarkan kawasannya !
  4. Perhatikan tabel persebaran negara-negara dikawasan Afrika diatas kemudian lengkapi dengan pembagian negara berdasarkan peta dasar Afrika dengan meletakkan angka yang tepat pada tabel!
Pertanyaan
  1. Sebutkan letak lintang dan bujur benua Afrika !
  2. Sebutkan masing-masing 5 negara yang termasuk negara  Afrika Utara, tengah, selatan, barat dan timur ?

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.