Bagaimana Menggunakan Sistem Manajemen Pembelajaran di Sekolah ?

Apa itu Sistem Manajemen Pembelajaran?

Meskipun ada berbagai sistem manajemen pembelajaran saat ini, setiap sistem manajemen pembelajaran dapat diakses dengan mudah di mana saja dengan koneksi internet. Secara umum, sistem manajemen pembelajaran, atau LMS, sering disebut sebagai, menyimpan dan mengatur data. Ini juga dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman belajar digital bagi guru dan siswa. 

Bagaimana Menggunakan Sistem Manajemen Pembelajaran di Sekolah ?

Blackboard, Edmodo, Clever, Canvas, dan Google Classroom adalah beberapa contoh sistem manajemen pembelajaran yang populer dan banyak digunakan dalam pendidikan. LMS dapat meningkatkan efisiensi dan pedagogi di ruang kelas dan sekolah. Jika digunakan secara efektif, sistem manajemen pembelajaran dapat meningkatkan keberhasilan siswa dan meningkatkan retensi siswa.

Manfaat Sistem Manajemen Pembelajaran untuk Pembelajaran Profesional

Sistem Manajemen Pembelajaran dapat menjadi paling efektif ketika memberikan kesempatan belajar profesional atau pengembangan profesional bagi guru . Salah satu keuntungan terbesar menggunakan sistem manajemen pembelajaran untuk pembelajaran profesional adalah aspek fleksibilitas dan penghematan waktu yang disediakan untuk guru. Modul PD dapat diakses di mana saja kapan saja, yang paling nyaman bagi pendidik yang sibuk. 

Modul dapat dibuat oleh penyaji dan mudah diakses oleh guru melalui dasbor sistem manajemen pembelajaran. Sama seperti LMS yang efektif untuk pembelajaran siswa, Google Kelas juga dapat digunakan untuk pembelajaran profesional. Kursus sederhana dapat dibuat oleh penyaji untuk tingkat kelas atau informasi materi khusus. Guru diberikan kode tertentu untuk mendapatkan akses ke materi mereka; mereka juga dapat diberikan kesempatan untuk mengirim komentar dan mengirimkan tugas. 

Format ini adalah cara yang kreatif dan efisien untuk memberi guru poin sertifikasi ulang yang mereka butuhkan sambil menerima pembelajaran profesional dengan kecepatan mereka sendiri. Akhirnya, pembelajaran campuran atau konsep kelas terbalik dapat digunakan guru. Dalam format ini, guru menyelesaikan membaca mandiri sendiri sebelum mendapatkan pembelajaran praktis dan praktis setelahnya.

Bagaimana Guru Dapat Menggunakan Sistem Manajemen Pembelajaran untuk Pembelajaran Siswa

Sistem Manajemen Pembelajaran menciptakan ruang belajar virtual untuk siswa di berbagai tingkat kelas dan mata pelajaran. Sekarang, karena banyak sekolah telah menerapkan inisiatif sistem pengelolaan pembelajaran jarak jauh lebih umum di kelas. Namun, ada lebih banyak kesempatan bagi guru untuk menggunakan sistem pengelolaan pembelajaran dengan cara yang benar-benar mendukung, membimbing, dan mempercepat pembelajaran siswa.

Manfaat terbesar dari LMS adalah memberikan pengalaman belajar yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan pengajaran membaca dan matematika setiap siswa di kelas. Berdasarkan penilaian, guru dapat mengembangkan dan memberikan pelajaran yang mendukung siswa dengan praktik individu atas keterampilan atau tujuan apa pun. Belajar dengan pendekatan pendidikan abad 21 yang menggabungkan penggunaan interaksi online dengan instruksi praktis real-time dalam kelas.

Sementara Blackboard telah digunakan dalam pendidikan tinggi setidaknya selama satu dekade, Google Kelas menciptakan kehadiran yang kuat di ruang kelas secara nasional. Sistem gratis dan mudah digunakan dapat mengatur tugas, penilaian, dan tautan untuk diakses siswa dari segala usia. Guru dapat mengunggah e-book dan game pembelajaran untuk mengajarkan keterampilan tertentu. 

Daripada membuat salinan lembar kerja atau mencari kumpulan buku kelas, guru dapat memberikan materi pembelajaran di LMS yang dapat diakses dengan mudah oleh siswa dari mana saja. Sebagai penilaian formatif, permainan kuis online juga meningkatkan keterlibatan siswa.

Selain sumber daya online ini, guru sekolah menengah juga dapat menyertakan pembelajaran campuran atau kursus online untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran siswa mereka. Ruang kelas yang terbalik di tingkat menengah juga bermanfaat bagi keberhasilan siswa. Siswa dapat membaca teks yang ditugaskan di rumah sebelum pelajaran sehingga guru dapat fokus untuk menghidupkan teks dan pelajaran dengan manipulatif, eksperimen, kolaborasi, dan penjelasan atau klarifikasi konten lebih lanjut. 

Pemahaman mereka tentang tugas dapat dinilai melalui webquest. Teknik instruksional ini menghemat waktu di dalam kelas sambil memungkinkan guru untuk mempersonalisasi dan menyesuaikan pengajaran mereka agar sesuai dengan pemahaman siswa.

Bagaimana Administrator Dapat Menggunakan Sistem Manajemen Pembelajaran di Sekolahnya

Administrator dapat menggunakan sistem manajemen pembelajaran untuk berbagai tugas termasuk akademisi, kurikulum, kehadiran, penilaian, dan komunikasi. Edmodo adalah salah satu contoh dari sistem manajemen pembelajaran yang dikembangkan menjadi alat komunikasi gratis bagi pendidik untuk berkomunikasi dengan administrator, kolega, guru, dan orang tua di komunitas sekolah mereka. 

Administrator dapat membuat grup tertentu berdasarkan tingkat kelas atau mata pelajaran untuk berbagi informasi yang berhubungan dengan kelompok guru tertentu daripada email ke seluruh staf. Administrator juga dapat mengatur data dengan cara yang memungkinkan anggota staf untuk melihat, memasukkan, menyortir, dan mengakses data penilaian kapan saja. Ketika seorang administrator menerapkan sistem manajemen pembelajaran di sekolah mereka, mereka mengurangi jumlah dokumen untuk guru mereka.

Administrator juga dapat membantu pengajarnya menghemat waktu dengan mengubah rapat menjadi rapat yang dibalik . Saat ini terjadi, guru melihat power point atau peragaan slide mereka sendiri dan pertemuan digunakan untuk menjawab pertanyaan, berbagi kekhawatiran, atau memberikan kesempatan belajar bagi guru. 

Guru menghargai aspek fleksibilitas, kecepatan, dan penghematan waktu dari LMS yang dikembangkan dengan baik ketika memungkinkan mereka untuk fokus pada alasan mereka memasuki profesi, yaitu hanya untuk mengajar.

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.