Beberapa Alternatif Strategi Penilaian eLearning

Apa itu Penilaian dan Mengapa Penting?

Penilaian dapat digambarkan sebagai fitur paling penting dari pengajaran siswa yang efektif. Dengan memasukkan strategi penilaian formatif dan sumatif , pendidik dapat mengidentifikasi kesenjangan dalam pemahaman konsep siswa dan juga menentukan area di mana siswa unggul dan dapat mengambil manfaat dari kegiatan pengayaan.

Beberapa Alternatif Strategi Penilaian eLearning

Cara Menilai Pembelajaran Siswa dari Jarak Jauh

Meskipun mungkin tampak seperti penyederhanaan yang berlebihan, penilaian jarak jauh harus mengikuti praktik seperti penilaian kelas tradisional pada umumnya dengan kedekatan fisik instruktur dan siswa tidak dapat diwujudkan.

Dalam lingkungan belajar yang terpencil, pendidik harus mematuhi pola tradisional yang mencakup pra-pengujian pengetahuan siswa tentang konsep-konsep baru untuk mengidentifikasi tingkat pengetahuan mereka sebelumnya untuk kemudian mendorong proses pengajaran; menggabungkan penilaian formatif dalam bentuk kuis, pekerjaan rumah, dll. untuk menentukan konsep dan kecakapan proses; dan akhirnya, menggunakan strategi penilaian sumatif termasuk tes dan / atau penilaian otentik berbasis proyek untuk menentukan penguasaan.

Gunakan Alat yang dapat Memenuhi Tujuan Anda

Alat yang tersedia untuk penilaian siswa jarak jauh tidak terbatas, jadi mengidentifikasi aplikasi yang paling sesuai untuk setiap tujuan penilaian sangat penting. Misalnya pre-test diagnostik di lingkungan yang jauh dapat dilakukan melalui penggunaan aplikasi game edukasi interaktif seperti Kahoot! atau formulir survei yang dapat diisi secara sederhana yang dikembangkan dalam platform pembelajaran online seperti Google Classroom .

Dengan cara ini, pendidik dapat memperoleh pemahaman cepat tentang keakraban siswa dengan konsep pengajaran yang akan datang. Manfaat tambahan dari aplikasi ini adalah bahwa hasilnya ditabulasi secara instan, sehingga tidak perlu bagi pendidik untuk mentabulasi secara manual.

Untuk menilai pemahaman siswa tentang konsep dan proses secara formal, memposting pertanyaan dalam jaringan kelas pada platform pembelajaran online adalah efektif. Melalui jalur ini, siswa dapat merespons secara elektronik melalui dokumen yang dilampirkan atau bahkan menyelesaikan matematika atau masalah sains di atas kertas dan kemudian cukup mengunggah foto digital dari karya tulis mereka. Dengan cara ini, instruktur dapat memperoleh pemahaman tentang kemampuan masing-masing siswa baik berkaitan dengan pengetahuan dan proses.

Penilaian sumatif dapat mengadopsi berbagai bentuk termasuk tes tradisional yang disampaikan melalui formulir elektronik yang dapat diisi yang menggabungkan pilihan ganda, jawaban singkat, dan pertanyaan tanggapan yang diperluas, serta penilaian berbasis proyek yang otentik yang menunjukkan tingkat pemahaman siswa terkait dengan seluruh unit atau serangkaian pelajaran.

Kemungkinan untuk penilaian sumatif otentik tidak terbatas dan dapat mengandalkan penelitian internet, pengembangan presentasi, produksi video atau foto, dan makalah penelitian yang diserahkan secara elektronik, di antara banyak metode lain. Sementara memilih alat penilaian jarak jauh yang tepat mungkin tampak menantang, pendidik harus ingat bahwa mereka tidak terisolasi.

Seperti dalam lingkungan belajar tradisional, guru harus berjejaring dengan instruktur lain baik di dalam organisasi mereka maupun melalui banyak forum pendidikan online yang tersedia untuk berkolaborasi dan memperluas basis pengetahuan mereka sambil merayakan keberhasilan mereka.

Kumpulkan Data Secara Konsisten

Pengumpulan dan interpretasi data sangat penting dalam lingkungan pembelajaran jarak jauh, karena kemampuan untuk pengamatan orang pertama terhadap kinerja siswa terbatas. Oleh karena itu, pendidik harus menjaga data yang berkelanjutan terkait dengan setiap siswa sesuai dengan biaya mereka.

Data kinerja yang dikumpulkan melalui metode yang dibahas sebelumnya menginformasikan langkah selanjutnya dalam proses pembelajaran untuk setiap siswa dan oleh karena itu harus diperbarui dan ditinjau kembali setiap kali strategi penilaian diagnostik, formatif, atau sumatif telah digunakan.

Pantau Pekerjaan siswa untuk Memahami Perkembangan secara rutin

Untuk memantau kemajuan siswa menuju penguasaan konten, instruktur harus secara teratur memeriksa pemahaman dengan cara yang mirip dengan lingkungan belajar tatap muka tradisional. Pemeriksaan ini dapat sesederhana "Pertanyaan Hari Ini" dimana siswa merespons secara elektronik atau papan diskusi online yang dikembangkan oleh guru di mana siswa dapat memposting pertanyaan mereka terkait dengan tugas dan tugas tertentu.

Alat-alat ini, dikombinasikan dengan penilaian rutin, mempromosikan penciptaan komunitas kelas virtual di mana siswa didorong untuk berkolaborasi dengan instruktur dan rekan-rekan mereka, yang membantu dalam mengurangi perasaan isolasi yang mungkin terjadi sebagai hasil belajar dari jarak jauh.

Ingatlah untuk Memberikan Umpan Balik

Penilaian untuk pembelajaran siswa tanpa umpan balik yang sesuai tidak berguna. Akibatnya, pendidik dalam lingkungan pembelajaran online harus memberikan komentar yang tepat waktu dan produktif secara elektronik untuk mempromosikan pemahaman siswa dengan menghilangkan kesalahpahaman dalam proses pembelajaran. Selain itu, umpan balik positif harus dibagikan secara rutin untuk mendorong siswa dan membantu menjaga mereka tetap fokus dan secara intrinsik termotivasi untuk berhasil.

Rencanakan Waktu Pertemuan Online

Meskipun lingkungan elearning dapat menjadi efisien dan efektif, pendidik yang tak terhitung jumlahnya kemungkinan akan berpendapat bahwa komponen terbaik dari pengajaran adalah interaksi manusia yang terjadi. Sementara guru dan siswa tidak secara fisik bersama dalam pengaturan online, penggunaan reguler platform konferensi video seperti Zoom atau Google Meet memberikan kesempatan bagi guru dan siswa untuk berinteraksi secara real time.

 Praktik penting selain penjadwalan sesi kelas "langsung" adalah bagi instruktur untuk menetapkan jam kantor virtual di mana mereka tersedia untuk konferensi video dengan siswa untuk menjawab pertanyaan dan memberikan umpan balik verbal. Strategi ini sangat membantu dalam mengubah lingkungan kelas terpencil menjadi komunitas belajar virtual yang sebenarnya.

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.