Pengertian dan Manfaat Menggunakan Kontrak Kelas di Sekolah

Salah satu komoditas paling berharga di dalam kelas adalah akuntabilitas siswa. Membuat siswa sadar akan harapan Anda dan meminta pertanggungjawaban mereka sangat penting untuk lingkungan belajar yang produktif. Di sisi lain, konsekuensi yang dikomunikasikan dengan jelas sama pentingnya. 

Pengertian dan Manfaat Menggunakan Kontrak Kelas di Sekolah

Dalam kehidupan dewasa, ketika dua pihak menandatangani perjanjian yang terdokumentasi, biasanya menyebut perjanjian itu sebagai kontrak. Ini adalah cara formal untuk menguraikan ekspektasi dan penalti yang terjadi jika ekspektasi tidak terpenuhi. Ide ini dapat dimanfaatkan di dalam kelas melalui kontrak kelas.

Pengertian Kontrak Kelas

Seperti namanya, kontrak kelas adalah kesepakatan antara guru, siswa, dan bahkan terkadang orang tua. Dalam dokumen ini, ekspektasi untuk kelas diuraikan dan sering disertai dengan dampak jika kesepakatan dilanggar. Ini adalah dokumen yang membutuhkan tanda tangan dan harus mudah diakses sepanjang tahun. Ide ini dapat beradaptasi untuk semua tingkatan dan harus ditulis dalam bahasa yang ramah siswa.

Manfaat Kontrak Kelas

Memperjelas Harapan

Manfaat utama dari kontrak ruang kelas adalah kemampuannya untuk menjelaskan ekspektasi. Saya tidak akan pernah melupakan tahun pertama saya mengajar ketika saya masih menjadi guru pemula yang menciptakan harapan baru setiap kali masalah muncul. Dengan kontrak kelas, siswa dan orang tua mengetahui ekspektasi di awal.

Membangun Harapan Sosial

Dari canggung hingga ceria dan di mana-mana di antaranya, sekolah dipenuhi dengan interaksi teman sebaya. Sayangnya, terkadang interaksi siswa dapat menjadi negatif dan bahkan berubah menjadi bullying . Menetapkan ekspektasi tentang interaksi sosial dengan teman sebaya dalam kontrak kelas dapat mengurangi beberapa masalah ini.

Manajemen Perilaku

Salah satu aspek yang paling berguna dari kontrak kelas adalah bantuan kemampuan guru dalam mengelola kelas. Ada banyak strategi manajemen kelas yang efektif, dan banyak yang memiliki kesamaan antara kejelasan dan konsistensi. Kontrak ruang kelas Anda tidak hanya memberi tahu siswa dan keluarga tentang ekspektasi perilaku Anda, tetapi juga mendukung penerapan aturan dan konsekuensi yang konsisten dan adil.

Prosedur Akademik

Kontrak kelas adalah peluang bagus untuk menetapkan pedoman untuk menyelesaikan dan mengirimkan pekerjaan. Selain itu, ini adalah metode yang berguna untuk mengkomunikasikan kerja lembur dan kebijakan kerja rias. Ini juga merupakan alat yang hebat untuk digunakan selama konferensi kelas.

Meningkatkan Pengaturan Diri

Sebagai pendidik, tujuan kami harus selalu menumbuhkan kemandirian siswa. Dengan menerapkan kontrak kelas, kami memberi siswa kepemilikan atas perilaku dan pembelajaran mereka. Kepemilikan ini mempromosikan pengaturan diri , atau tindakan siswa yang memantau perilaku dan kemajuan akademis mereka sendiri.

Bagaimana dan Kapan Membuat Kontrak Kelas

Jelas bahwa kontrak ruang kelas bermanfaat, tetapi penting untuk menerapkannya dengan benar untuk memastikan efektivitas. Berikut adalah beberapa tip untuk menerapkan kontrak kelas dengan benar.

Tetapkan Harapan Sejak Dini

Kontrak kelas harus dibuat pada awal tahun dan diterapkan sepanjang tahun. Sedapat mungkin, harapan harus selalu jelas pada minggu pertama sekolah. Buat kontrak pada minggu pertama tetapi pastikan untuk mereferensikannya jika memungkinkan agar kegunaannya tidak hilang.

Sertakan Masukan Siswa

Siswa jauh lebih mungkin untuk mematuhi aturan dan peraturan ketika mereka merasa bahwa suara mereka dihargai dalam proses pengembangan. Libatkan siswa Anda dalam pengembangan kontrak. Misalnya: minta siswa bertukar pikiran tentang perilaku yang sesuai dan batas interaksi teman. Gunakan ini sebagai kekuatan pendorong untuk ketentuan kontrak Anda.

Sertakan Harapan untuk Guru

Sama seperti Anda ingin siswa Anda bertanggung jawab, Anda juga harus menunjukkan akuntabilitas. Saat Anda menguraikan kontrak, sertakan juga beberapa tanggung jawab Anda sebagai guru. Contohnya adalah waktu yang diharapkan untuk menilai tugas, pemberitahuan sebelumnya tentang penilaian, dan sesi belajar / ulasan. Ini menunjukkan kepada siswa Anda bahwa Anda menghargai mereka dan pendidikan mereka.

Buatlah Singkat namun Berdampak

Kontrak biasa terkadang bisa panjang, tetapi ini seharusnya tidak menjadi karakteristik kontrak kelas Anda. Kontrak Anda harus singkat dan dapat dicapai. Jika kontraknya terlalu panjang, siswa mungkin merasa kalah saat mencoba memenuhi permintaan dan Anda mungkin kesulitan mengikuti implementasi. Buat kontrak itu bermakna tetapi buatlah sesingkat mungkin.

Kontrak kelas tidak hanya berguna untuk lingkungan kelas Anda, tetapi juga membantu mempersiapkan siswa untuk masa depan yang sukses. Melalui kontrak ini, siswa belajar nilai menjadi dapat diandalkan dan meminta pertanggungjawaban diri mereka sendiri. Kontrak kelas memberi siswa gambaran sekilas tentang kehidupan dewasa yang mungkin tidak mereka ketahui.

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.