Penilaian dalam pendidikan diperlukan dan berguna untuk keberhasilan siswa.
Ketika diterapkan dengan benar, penilaian siswa berfungsi sebagai salah
satu alat paling ampuh yang dimiliki guru. Langkah pertama untuk penilaian
efektif adalah mengetahui berbagai jenis penilaian, dan kapan setiap
penilaian dapat dijadikan sebagai pilihan optimal.
Berbagai Jenis Penilaian
Saat mengkategorikan penilaian, Anda mungkin secara alami memikirkan
kata-kata seperti "tes," "esai," atau "presentasi lisan." Meskipun ini
adalah alat penilaian yang efektif, untuk mengklasifikasikan tipe penilaian
kita harus menentukan tujuan dari penilaian. Setelah mengetahui tujuan dan
tujuan penggunaan penilaian, akan lebih mudah untuk memilih dari jenis
penilaian di bawah ini.
Penilaian Diagnostik
Penilaian ini diberikan pada awal semester atau untuk menetapkan dasar
kemampuan siswa. Juga dikenal sebagai pretest, penilaian diagnostik memberi
guru gambaran tentang pengetahuan siswa sebelumnya, sehingga memberikan
dasar untuk
perencanaan pembelajaran
. Karena sifat penilaian ini, mereka tidak boleh berdampak negatif terhadap
nilai siswa. Bukan rahasia lagi bahwa siswa sering mengabaikan untuk
mengambil penilaian yang tidak berdampak serius terhadap nilai mereka,
sehingga menawarkan kinerja lain atau insentif pertumbuhan dapat membantu
menghasilkan data yang lebih andal.
Penilaian Formatif
Penilaian formatif memberikan informasi tentang kemajuan siswa menuju
penguasaan selama pengajaran. Penilaian formatif biasanya cepat dan dapat
dilakukan bersamaan dengan berbagai konsep. Think-pair-share, tiket keluar,
dan polling di seluruh kelas adalah contoh penilaian formatif yang
fleksibel, cepat, dan informatif. Tujuan dari penilaian formatif adalah
untuk mengumpulkan data kinerja siswa yang dapat berguna saat Anda maju
menuju penilaian sumatif.
Penilaian Sumatif
Kebalikan dari rekan formatif mereka, penilaian sumatif biasanya diberikan
ketika siswa memiliki waktu dan dukungan yang diperlukan untuk mencapai
penguasaan. Penilaian sumatif sering terjadi pada akhir unit atau istilah,
dan biasanya membawa bobot yang signifikan. Selama penilaian sumatif, siswa
diharapkan untuk secara mandiri menerapkan konsep yang dipelajari selama
pengajaran.
Penilaian Ipsatif
Penilaian Ipsatif melacak pertumbuhan siswa. Tujuan dari jenis penilaian
ini adalah untuk membandingkan kinerja siswa dengan kinerja masa lalunya.
Tujuannya adalah agar siswa meningkat daripada mengejar nilai tertentu atau
membandingkan siswa satu sama lain.
Penilaian Norm-Referensi
Tidak seperti penilaian ipsatif, penilaian yang direferensikan norma
membandingkan kinerja siswa. Untuk mengelola jenis penilaian ini, Anda
harus terlebih dahulu menetapkan norma rata-rata. Norma ini bisa menjadi
rata-rata kinerja siswa di masa lalu dalam penilaian. Saat memberikan
penilaian yang direferensikan dengan norma, guru dapat melihat bagaimana
kinerja siswa dalam hubungannya dengan siswa lain.
Penilaian yang direferensikan kriteria
Penilaian yang direferensikan kriteria mengukur kinerja siswa sesuai dengan
standar yang ditetapkan. Penguasaan ditentukan berdasarkan apakah siswa
memenuhi standar. Kurikulum harus diselaraskan dengan penilaian yang
direferensikan kriteria untuk menghasilkan hasil yang positif. Penilaian
ini biasanya bersifat sumatif dan mencakup sejumlah besar konsep.
Penilaian Alternatif
Penilaian alternatif berusaha untuk mengevaluasi kemampuan kinerja siswa
dibandingkan dengan pengetahuan. Penilaian ini sering meminta siswa untuk
melakukan tugas-tugas tertentu yang tidak termasuk tes tradisional.
Contohnya adalah presentasi lisan atau portofolio. Penilaian alternatif
memberikan kesempatan bagi siswa untuk menerapkan konsep yang dipelajari,
dan ketika digunakan dengan benar dapat meningkatkan
kesiapan karier
.
Cara Menggunakan Penilaian di Kelas Anda
Mengelola asesmen di kelas diperlukan, tetapi penggunaan asesmen tidak
berakhir di sana. Agar penilaian bermanfaat, seseorang juga harus memahami
cara menggunakan data yang dihasilkan dan langkah apa yang harus diambil
berdasarkan hasil penilaian. Di bawah ini adalah beberapa tips yang akan
membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari penilaian kelas Anda.
Jangan Melakukan penilaian Terlalu Sering
Sebagian besar guru pasti setuju bahwa terlalu banyak penilaian tidak
menumbuhkan
lingkungan kelas yang sehat
. Ketika penilaian terlalu sering digunakan, mereka kehilangan potensi
mereka dan menjadi gangguan bagi siswa. Untuk memastikan bahwa Anda hanya
menilai siswa sebanyak yang diperlukan, luangkan waktu untuk mengevaluasi
apa tujuan akhir pembelajaran Anda. Rencanakan penilaian yang membangun
tujuan-tujuan tersebut secara konsisten, tidak sering.
Berikan Umpan Balik Tepat Waktu dan Dapat Ditindaklanjuti
Agar penilaian bermanfaat, siswa harus memahami kinerja mereka. Terlalu
sering, siswa mengambil penilaian dan melihat nilai numerik yang dihasilkan
yang tidak menjelaskan kinerja mereka. Anda harus memberikan umpan balik
kepada siswa Anda setelah penilaian yang dapat ditindaklanjuti dan tepat
waktu. Umpan balik tepat waktu diberikan ketika umpan balik masih berlaku.
Umpan balik yang dapat ditindaklanjuti memberi siswa alat untuk
meningkatkan bidang kelemahan.
Gunakan Data Penilaian untuk Mendorong Instruksi
Data
penilaian Anda
harus selalu mengarahkan instruksi Anda
. Setelah Anda tahu bagaimana siswa Anda telah menguasai suatu konsep, ini
akan memengaruhi instruksi Anda ke depan. Ini membutuhkan fleksibilitas dan
menyebabkan instruksi Anda memenuhi kebutuhan spesifik siswa Anda.
Remediate dan Reassess
Saat data penilaian menyoroti defisit, lakukan tindakan untuk memperbaiki
defisit tersebut. Juga, penilaian tidak harus menjadi akhir semua dan
menjadi semua. Setelah remediasi, Anda harus membuat rencana untuk menilai
kembali defisit jika waktu mengizinkan.
Manfaat Penilaian
Ketika penilaian bervariasi dan dipilih dengan benar dan tepat, maka dapat
mencapai tujuan penting di kelas. Melalui penggunaan teknik penilaian kelas
ini, guru dapat memperoleh wawasan tentang kemampuan dan tantangan siswa
mereka. Data yang diberikan penilaian efektif berfungsi sebagai peta jalan
untuk
perencanaan pengajaran
dan membantu guru untuk menyesuaikan pelajaran mereka dengan beragam
kebutuhan siswa mereka. Meskipun prevalensi pengujian standar dapat membuat
penilaian tampak seperti beban yang tidak semestinya, guru dapat mengklaim
kembali kekuatan sebenarnya dari penilaian melalui pengetahuan dan
perencanaan yang tepat.