8 Jenis Tempat Penting untuk Wisata Virtual bersama Siswa

Salah satu hari dari beberapa hari yang dinanti-nantikan siswa diakhir semester atau akhir tahu pelajaran adalah kunjungan lapangan, karya wisata atau rekreasi. Biasanya perjalanan ini membawa siswa ke tempat atau acara yang tidak pernah mereka kunjungi. Di sana, mereka belajar banyak hal melalui pengalaman langsung dibawah bimbingan para guru di bidangnya.



Ketika kunjungan lapangan dibatalkan atau tempat-tempat tertentu terlalu jauh untuk dijalani, ada cara lain yang digunakan oleh para guru di negara lain misalnya Amerika Serikat yang mungkin bisa ditiru oleh para guru di negara kita untuk dapat memberikan siswa pengalaman-pengalaman pendidikan model ini.

Yaitu perjalanan/wisata lapangan virtual dengan membawa siswa ke tempat-tempat seperti museum, monumen nasional, dan acara tertentu tanpa siswa meninggalkan sekolah yang biayanya murah. Di bawah ini ada beberapa contoh kunjungan atau wisata virtual yang baik untuk setiap tingkat kelas, taman kanak-kanak hingga sekolah menengah.

baca juga : proses pembelajaran berkualitas

Mengunjungi Area Pertanian

Di taman kanak-kanak dan kelas satu SD, kunjungan lapangan yang populer yaitu ke sebuah peternakan. Apakah siswa tinggal pedesaan atau kota, pertanian memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Salah satu kunjungan lapangan virtual yaitu Farm Fresh 360 dengan membawa siswa melakukan wisata pertanian di Kanada.

Siswa dapat belajar seperti apa kehidupan di peternakan sapi perah, peternakan gandum, peternakan domba, atau bahkan peternakan bulu. Para siswa muda dapat menyaksikan produksi susu dan keju serta belajar tentang satu hari di kebun apel. Selain itu, Google Karton dapat digunakan untuk mengalami kehidupan di peternakan dalam komponen virtual-realitas 3D. Kunjungan lapangan ini bisa menarik setiap siswa sekolah dasar akan senang melakukannya.

Mengunjungi Kebun Binatang

Tempat seperti ini bisa juga digunakan siswa yang sedang meneliti tentang binatang untuk karya tulis misalnya atau mengerjakan keterampilan seperti membandingkan dan membedakan berbagai binatang. Kebun binatang adalah perjalanan lapangan virtual yang sangat baik untuk siswa kelas dua SD. Salah satu yang sangat bagus adalah Kebun Binatang San Diego .

Situs web ini memiliki kamera dan video langsung dari beberapa hewan paling populer mereka termasuk kera, gajah, dan harimau. Situs web, diarahkan untuk anak-anak, juga mencakup video di belakang layar dan kisah-kisah kehidupan di kebun binatang, serta kegiatan yang dapat dicetak dan permainan online. Siswa bisa tersesat dalam kehidupan di kebun binatang yang menarik dan menyenangkan.

baca juga : beberapa kesalahan komunikasi orangtua guru dan cara mengatasinya

Menjelajah Akuarium

Akuarium Nasional di Baltimore, MD, adalah kunjungan lapangan virtual yang menarik yang sempurna untuk siswa kelas tiga. Situs web National Aquarium Virtual Tours memudahkan siswa untuk belajar sendiri. Ada peta akuarium di mana siswa dapat memilih jika mereka ingin melihat buaya atau penyu, Sungai Amazon atau Kepulauan Channel. Dengan mengklik pada hewan, fakta-fakta menyenangkan menjadi terlihat. Meskipun tur virtual ini tidak live, siswa melakukan pekerjaan luar biasa yang membuat orang merasa seperti ada di dalam akuarium bersama hewan-hewan.

Mengunjungi Taman Nasional

Taman Nasional adalah tujuan liburan yang populer dan juga kunjungan lapangan virtual yang hebat bagi pelajar muda. Taman Nasional Yellowstone , khususnya, memberikan kesempatan untuk pengalaman kunjungan lapangan virtual yang akan bermanfaat bagi siswa di kelas 4 atau 5.

Yellowstone adalah rumah bagi Mammoth Hot Springs dan Mud Volcano, dan siswa dapat merasakan seperti apa perjalanan itu nantinya. Peta interaktif di situs web membawa siswa langsung ke lokasi taman yang populer itu, serta streaming langsung Old Faithful Geyser . Ada banyak informasi yang adapat dinikmati di situs ini.

Mengunjungi Museum

Untuk siswa sekolah menengah dan atas, pintu untuk kunjungan lapangan virtual terbuka lebar. Tidak hanya siswa-siswa ini dapat mengambil manfaat dari perjalanan yang disebutkan di atas termasuk pertanian, kebun binatang, akuarium, dan taman nasional, tetapi ada ratusan lainnya yang dapat dipilih.

Sebagai contoh awal, pengalaman virtual Museum Nasional Sejarah Alam informatif dan menarik. Siswa dapat mengunjungi setiap masa, dari pameran permanen, masa lalu, dan saat ini. Bagian Tulang belulang adalah bagian favorit pengunjung, di mana dapat melihat semua jenis kerangka yang berbeda.

Perjalanan Virtual ke Pulau Ellis

Gagasan field trip virtual yang hebat bagi siswa usia sekolah menengah adalah kunjungan ke Pulau Ellis . Untuk membawa unit imigrasi ke tingkat berikutnya, jelajahi Pulau Ellis melalui klip video wawancara dan foto dari stasiun inspeksi imigrasi bersejarah ini.

Tembok Besar Tiongkok

Banyak siswa dari beberapa negara di dunia berkunjung ke Tembok Besar Tiongkok Field trip virtual ini sangat menarik. Tembok Besar adalah bangunan kuno berusia 2.000 tahun yang membentang lebih dari 3.000 mil melintasi beberapa provinsi di Cina utara. Wisata virtual memberi pengguna pilihan tiga versi berbeda: Jinshaling ke Simatai, menara pengawal, dan musim dingin. Setiap pengalaman itu unik dan menarik untuk siswa SMA.

Wisata ke Web Virtual 360 Derajat

Wisata virtual terakhir yang perlu diperhatikan adalah situs web virtual 360 Cities . Situs ini menawarkan koleksi gambar dan video 360 derajat terbesar dari seluruh dunia. Ini memberi anak-anak kesempatan untuk melihat panorama menakjubkan di seluruh dunia. Bilah pencarian memungkinkan siswa bisa mengetik tujuan seperti Air Mancur Trevi, Sungai Mississippi, atau DisneyLand.

Peta dunia menunjukkan semua tempat yang ada wisata virtualnya. Akan mudah untuk menghabiskan beberapa menit atau bahkan berjam-jam berselancar di situs ini.
Dengan banyaknya opsi untuk kunjungan lapangan virtual untuk siswa dari berbagai tingkatan kelas, kekecewaan tidak perlu terjadi ketika siswa tidak dapat melakukan perjalanan fisik.

Dari kebun binatang ke Tembok Besar Tiongkok dan sekitarnya, kunjungan lapangan virtual membawa siswa ke mana pun mereka ingin pergi dan ke tempat-tempat yang bahkan tidak pernah mereka bayangkan. Mungkin model wisata seperti yang dilakukan oleh guru dan siswa di beberapa negara lain di dunia bisa dijadikan contoh untuk dilakukan di sekolah-sekolah di negara kita, dengan mengunjungi tempat-tempat virtual di negara kita atau tempat-tempat yang disebutkan diatas. Selamat mencoba.

Sumber/referensi : Virtual Field Trips to Try with Your Students

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.