9 Cara Penggunaan Twitter di Ruang Kelas

Twitter adalah platform media sosial yang digunakan oleh lebih dari 126 juta orang setiap hari. Twitter telah mendapatkan popularitas karena ledakan informasi yang singkat. Dengan hanya 280 karakter, pengguna dapat mempelajari sedikit informasi atau mengklik tautan untuk mempelajari lebih banyak informasi tentang topik mulai dari berita hingga apa yang sedang tren dalam hiburan.

9 Cara Penggunaan Twitter di Ruang Kelas
Sementara itu diciptakan sebagai alat media sosial, banyak ruang kelas di beberapa negara  menggunakan Twitter untuk memperluas pembelajaran dan terhubung dengan siswa dan orang tua di luar kelas. Berikut beberapa cara alat media sosial populer ini terbukti bermanfaat di kelas.

1. Perluas Pembelajaran

Salah satu cara terbaik untuk menggunakan Twitter di ruang kelas adalah memperluas pembelajaran di luar kelas. Twitter dapat digunakan untuk mendorong pembelajaran lebih lanjut dengan memberdayakan siswa untuk belajar dari orang lain di Twitter atau bahkan berbagi pengetahuan mereka dengan komunitas global.

2. Sebagai Alat Penelitian

Twitter dapat digunakan sebagai lat penelitian dengan meminta siswa untuk menggunakan bilah pencarian. Siswa dapat mengikuti tagar yang relevan, mencari orang, topik, dan kata kunci, atau bahkan berlangganan daftar untuk mempelajari lebih banyak informasi tentang topik spesifik yang mereka teliti dan pelajari di sekolah.

3. Dapatkan Umpan Balik dari Siswa

Jika Anda ingin cara mudah untuk mensurvei siswa Anda dan mendapatkan umpan balik tentang pengajaran Anda atau topik yang Anda ajarkan, maka Twitter adalah alat yang hebat untuk digunakan. Siswa dapat men-tweet pertanyaan atau komentar Anda atau Anda dapat tweet tautan ke survei untuk diselesaikan siswa.

4. Sebagai Pengingat untuk Tugas Siswa

Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengingatkan siswa tentang tugas, proyek, atau kunjungan lapangan yang akan datang daripada mempostingnya di media sosial. Lama berlalu adalah hari dimana seorang siswa dapat membuat alasan bahwa mereka tidak tahu kapan sebuah tugas jatuh tempo karena siswa dapat tetap mendapatkan informasi terbaru tentang semua informasi pendidikan dengan hanya memeriksa umpan berita akun Twitter meraka.

5. Terhubung dengan Kelas Lain

Guru sekarang dapat memotivasi siswa mereka untuk berkolaborasi dengan siswa lain dengan menggunakan Twitter. Anda bahkan dapat mengambil langkah lebih jauh dengan membuat pegangan Twitter kelas Anda sendiri untuk tweet bolak balik dengan siswa dari seluruh dunia.

6. Bantu Siswa Meringkas Informasi

Twitter memiliki aturan bahwa Anda tidak boleh menggunakan lebih dari 280 karakter dalam tweet Anda. Aturan ini adalah cara yang bagus untuk menantang siswa untuk merangkum apa yang  mereka pelajari karena memaksa mereka untuk menyingkat pemikiran mereka menjadi 280 karakter atau kurang.

7. Berlangganan Hashtags

Hashtags Twitter adalah kata kunci atau frasa yang digunakan pengguna untuk mengarahkan orang ke konten yang mereka cari. Yang harus anda lakukan adalah menggunakan simbol # sebelum frasa Anda, Hashtag ini dapat diklik dan mengarahkan orang ke materi terkait tentang frasa itu. Anda dapat menggunakan tagar di kelas dengan meminta siswa mencari tagar relevan tentang apa yang mereka pelajari di kelas, seperti #systemsystem.

8. Buat Hashtag Kelas 

Buat tagar kelas, misalnya, #mrscoxclass atau # C13math. Siswa dan orang tua dapat mengikuti tagar ini untuk mendapatkan informasi terbaru tentang apa yang terjadi di kelas. Ini juga cara yang bagus untuk menemukan dan bergabung dengan group. Pastikan jika Anda membuat group pribadi untuk hanya membagikannya kepada orang-orang yang Anda inginkan dalam group.

9. Bersaing dengan Tren

Twitter di kelas adalah cara yang bagus untuk membantu siswa mengikuti perkembangan acara dan tren terkini. Jika anda menemukan artikel yang menarik, Anda dapat membagikannya di Twitter dengan siswa Anda. Ini cara yang bagus untuk membuat teman-teman guru Anda selalu terbarui tentang apa yang sedang tren.

Ini adalah 9 cara guru yang paling populer menggunakan Twetter di kelas, opsi tidak terbatas. Bagaimana Anda akan menggunakan Tweeter di ruang kelas Anda ?

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.