Mengubah Pengalaman Belajar Siswa Melalui Integrasi Seni

Banyak sistem sekolah yang memusatkan kurikulum mereka pada mata pelajaran yang dapat diuji seperti matematika, Ada juga lebih banyak penekanan ditempatkan pada pengajaran STEM (sains, matematika, dan teknik) mata pelajaran di kelas, yang memuat seni diabaikan. Memasukkan seni ke dalam kelas dapat memberikan siswa banyak manfaat.

Mengubah Pengalaman Belajar Siswa Melalui Integrasi Seni


Pengertian  Integrasi Seni ?

Menurut Institute for Arts Integration dan STEAM, penataan sekolah (atau ruang kelas) diseputar  seni adalah pendekatan  untuk pembelajaran melalui standar isi yang diajarkan dan dinilai secara adil di dalam dan melalui seni. Dengan kata lain, proses pertama pilih topik yang ingin diajarkan, kemudian berkolaborasi dengan guru seni untuk menyesuaikan standar. Selanjutnya, siapkan pelajaran untuk memastikan bahwa ada kesesuaian kedua subjek. Terakhir nilai pekerjaan siswa melalui kedua bidang tersebut.

Mengapa Seni Bermanfaat bagi Siswa ?

Integrasi seni dapat mendukung pembelajaran siswa dalam berbagai cara. Penelitian yang dilakukan oleh The Arts Education Partnership menemukan bahwa siswa yang menerima pelajaran yang terintegrasi dengan seni dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk menilai pembelajaran mereka, serta memiliki motivasi intrinsik yang lebih besar dan memotivasi siswa untuk terus belajar.

Institut Integrasi Seni dan STEAM menemukan hasil yang lebih mencengangkan, seperti kenaikan 10 persen prestasi siswa. Mereka juga menemukan bahwa ketika seni secara sengaja diintegrasikan, siswa menjadi peserta yang lebih aktif dalam pembelajaran mereka dan dapat bekerja melalui pemecahan masalah dan berinovasi  untuk solusi yang baru.

Sasaran Integrasi Seni

Agar berhasil mengintegrasikan seni, ada beberapa pendekatan praktis yang harus diingat.

  • Buat Visi yang tepat sasaran; Anda perlu memiliki visi yang tepat dalam mendukung seni. Misalnya Anda dapat membuat mural di pintu masuk sekolah atau membagikan karya seni siswa yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang menghargai seni.
  • Sejalan dengan Standar; Pastiakn semua pelajaran seni terintegrasi selaras dengan standar seni. Cobalah dan hubungkan pembelajaran seni di seluruh kurikulum.
  • Kembangkan Kemitraan; Bangun dukungan komunitas untuk seni. Perluas sumber Anda dan bekerjasama dengan seniman, pendidik seni, dan semacamnya untuk menumbuhkan kemitraan komunitas seni.
Bagaimana Memadukan Seni ke dalam Pengalaman Belajar Siswa.

Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk memasukkan seni ke dalam ruang kelas Anda.

  • seni visual; Seni adalah alat yang ampuh untuk berkomunikasi, terutama bagi siswa yang mengalami kesulitan mengekspresikan perasaan mereka melalui menulis atau berbicara. Menggambar dapat membantu siswa mengklarifikasi pikiran, ide, atau perasaan mereka. Siswa dapat menggunakan seni visual untuk membuat gambar atau artafek untuk membantu mereka menggali lebih dalam konsep yang mereka pelajar.
  • Drama ; Bermain peran adalah cara lain bagi siswa untuk mengekspresikan diri mereka lebih dalam. Mereka dapat membuat tarian, lagu, atau pertunjukan. Musik dan seni berjalan seiring, sehingga Anda dapat menggunakan lagu untuk hampir semua konsep yang Anda ingin siswa pelajari.
  • Teknologi; Teknologi dapat digunakan dalam integrasi seni. Seni dapat menggunakan aplikasi untuk membuat karya besar, merekam sendiri penampilan, atau membuat vlog tentang karya seni.
Integrasi seni adalah jalur alternatif bagi siswa untuk menunjukkan apa yang mereka ketahui. Ketika menggunakan seni, dapat dikatakan bahwa semua kebutuhan peserta didik terpenuhi. Selanjutnya bagaimana mengintegrasikan seni ke dalam kelas ?

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.