Supervisi Akademik Sub Topik Struktur dan Fungsi Akar, Batang, Daun dan Bunga

Pada postingan kali ini supervisor akan memaparkan hasil dari kegiatan supervisi akademik atau observasi kelas pada kegiatan belajar IPA kelas VIII semester ganjil dengan topik "Struktur dan Fungsi Tumbuhan" dan Sub Topik "Struktur dan Fungsi Akar, Batang, Daun dan Bunga". Kegiatan proses belajar mengajar ini menggunakan durasi wakti 2 x 40 menit. Instrumen yang digunakan adalah Instrumen Pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran.

Supervisi Akademik Sub Topik Struktur dan Fungsi Akar, Batang, Daun dan Bunga


Kegiatan supervisi akademik ini diawali dengan kesepakatan waktu pelaksanaan supervisi dengan guru mata pelajaran. Hal ini supaya guru bisa mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan kegiatan proses belajar mengajar yang telah dirancang dalam RPP. Untuk dokumentasi kegiatan supervisi digunakan kamera untuk mengambil foto dan vidio. 

Tahapan Supervisi Akademik

A. Kegiatan Pendahuluan 
  1. Membangun sikap religius sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Membangun motivasi peserta didik untuk belajar
  3. Memeberikan apresiasi dengan cara menghubungkan materi pembelajaran dengan pengalamn peserta didik 
  4. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik
  5. Menyampaikan langkah langkah kegiatan pembelajaran dan kompetensi yang akan dinilai
Untuk memastikan kesesuaian antara program pembelajaran, aspek pengamatan dan kegiatan belajar mengajar dapat diamati pada vidio berikut.


Video. 1 Kegiatan Pendahuluan

B. Kegiatan Inti
B1. Penguasaan Materi Pembelajaran
  1. Kemampuan menyesuaikan materi pembelajaran dengan tujuan pembelajaran
  2. Kemampuan mengaitkan materi pembelajaran dengan pengetahuan lain yang relevan dengan kehidupan sehari-hari
  3. Menyajikan pembahasan materi pembelajaran dengan tepat dan lengkap sesuai dengan konsep yang benar.
  4. Menyajikan materi secara sistematis (dari materi mudah ke yang sulit, dari materi sederhana ke yang kompleks, dari materi konkrik ke abstrak atau sebaliknya) sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai peserta didik.
Gambaran kegiatan inti dapat diamati pada vidio kegiatan inti berikut yang dibagi kedalam 5 bagian.


Video. 2 Kegiatan Inti bagian 1

B2. Implementasi Pembelajaran
  1. Pembelajaran yang dilaksanakan menarik, menyenangkan, dan membelajarkan.
  2. Pembelajaran yang dilaksanakan menantang sehingga memunculkan kemampuan berpikir kritis.
  3. Pembelajaran yang dilaksanakan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif dan bermakna.
  4. Pembelajaran yang dilaksanakan menumbuhkan dan memperkuat budaya literasi.
  5. Guru mendorong peserta didik untuk mengembangkan keterampilan bertanya untuk membangun kebiasaan mencari tahu 



Video. 3 Kegiatan Inti  bagian 2

B3. Pemanfaatan Media dan Sumber Belajar
  1. Mengakomodasi perkembangan teknologi pembelajaran sesuai dengan onsep dan prinsip
  2. Menunjukkan keterampilan dalam menggunakan media pembelajaran
  3. Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar
  4. Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran
  5. Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar
  6. Media dan sumber belajar yang digunakan mampu menghasilkan pesan yang menarik dan mengesangkan

Video. 4 Kegiatan Inti bagian 3

B4. Interaksi dengan peseerta didik
  1. Guru menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, peserta didik dengan media dan sumber belajar
  2. Guru memberikan respon positif terhadap partisipasi peserta didik
  3. Guru menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik
  4. Guru menunjukkan hubungan pribadi yang kondusif dan konstruktif
  5. Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme peserta didik dalam pembelajaran

Vidio 5. Kegiatan Inti bagian 4

B5. Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam Pembelajaran
  1. Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik, benar, dan kontekstual
  2. Menggunakan pilihan kata yang mudah dipahami oleh peserta didik

Vidio 6. Kegiatan Inti Bagian 5

C. Kegiatan Penutup
  1. Membuat rangkuman dan/atau kesimpulan dengan melibatkan peserta didik
  2. Melaksanakan penilaian pembelajaran (secara lisan/tertulis)
  3. Mengumpulkan hasil kerja eserta didik sebagai bahan portofolio
  4. Melakukan refleksi pembelajaran (kebermaknaan pembelajaran untuk perkembangan pribadi peserta didi

Video 7. Kegiatan Penutup

Demikian kegiatan supervisi kademik atau observasi kelas dengan sub topik: Struktur dan Fungsi Akar, Daun, dan Bungan mata pelajaran IPA kelas VIII . Adapun instrumen yang digunakan yaitu:

  1.  RPP IPA kelas VIII Sub Topik Struktur dan Fungsi Akar, Batang, Daun dan Bunga
  2. Instrumen Pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.