Contoh Indikator Soal USBN SMP/MTs

Mulai tahun pelajaran 2017/2018 telah dilaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional disamping Ujian Nasional yang moda pelaksanaannya bisa dilakuakan dengan dua macam cara yaitu dengan komputer atau berbasis kertas.

Contoh  Indikator Soal USBN SMPMTs
Adapun mekanisme penyusunan soal USBN tahun pelajaran 2018/2019  yaitu:

Peran satuan pendidikan sebagai berikut.
  1. Menerima soal USBN dari pusat (20% - 25%) dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota melalui aplikasi
  2. Mengeordinasi guru-guru dalam penulisan soal USBN sebanyak 75%-80% berdasarkan indikator dari MGMP.
  3. Menugaskan guru mata pelajaran untuk melakukan uji coba dan telaah soal pada forum MGMP.
  4. Mengoordinasi guru-guru dalam perakitan master soal USBN lengkap sesuai ketentuan angka 1 dan angka 2 minimal 2 dua) paket soal terdiri dari 1 (satu) paket soal utama dan 1 (satu) paket soal susulan. Dalam kondisi tertentu seperti terbatasnya sumberdaya guru dan/atau terbatasnya soal yang berkualitas, perakitan soal dapat dilakukan bersama MGMP.
Peran MGMP sebagai berikut.
  1. Menyusun dan menelaah indikator berdasarkan kisi-kisi USBN untuk seluruh mata pelajaran 
  2. Menelaah soal USBN yang disusun oleh guru-guru dari satuan pendidikan.
1. Contoh format Penyusunan Indikator Soal USBN Bahasa Inggris


No.
Kompetensi Dasar
Lingkup Materi
Materi
Level Kognitif
Indikator Soal
Bentuk Soal
No. Soal
1.
3.12 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan (notice), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya
Fungsi sosial
Short Message
Pengetahuan dan Pemahaman
§ Mengidentifikasi
Disajikan sebuah teks short message, Peserta didik dapat mengidentifikasi tujuan yang terdapat pada teks tersebut dengan tepat
PG
1
Struktur teks
Short Message
Pengetahuan dan Pemahaman
§ Mengidentifikasi
Dari teks yang sama, Peserta didik dapat mengidentifikasi rincian peristiwa yang terdapat pada teks tersebut dengan tepat
PG
2
Struktur teks
Short Message
Pengetahuan dan Pemahaman
§ Mengidentifikasi
Dari teks yang sama, Peserta didik dapat mengidentifikasi rincian informasi yang terdapat pada teks tersebut dengan tepat
PG
3
Unsir Kebahasaan
Short Message
Pengetahuan dan Pemahaman
§ Mengidentifikasi
Dari teks yang sama, Peserta didik dapat mengidentifikasi persamaan kata yang terdapat pada teks tersebut dengan tepat
PG
4

2. Contoh format penyusunan Indikator Soal USBN Bahasa Indonesia



NO
KOPETENSI YANG DI UJI
LINGKUP MATERI
MATERI
LEVEL KOGNITIF
INDIKATOR SOAL
BENTUK SOAL
NO SOAL
1.
Menentukan makna
kata/kalimat pada teks
berita
Membaca Nonsastra

Makna kata

Pengetahuan dan Pemahaman:
-   Mengidentifikasi
-   Menentukan
-   Memaknai

Disajikan paragraf/teks, peserta didik dapat menentukan makna/kalimat pada teks berita.
Pilihan ganda

1
2.
Menentukan isi tersurat berita


Membaca Nonsastra
Isi berita
Pengetahuan dan Pemahaman:
-   Mengidentifikasi
-   Menentukan
-   Memaknai
Disajikan teks/paragraf, peserta didik dapat menentukan isi tersurat berit
a.

Pilihan ganda
2


3. Contoh Format Penyusunan Indikator Soal USBN IPA

NO

KOPETENSI YANG DI UJI
LINGKUP MATERI
MATERI
LEVEL KOGNITIF
INDIKATOR SOAL
BENTUK SOAL
NO SOAL
1
Pengukuran zat dan sifatnya



Pengukuran

Pengukuran dilakukan dengan cara membandingkan suatu besaran dengan besaran sejenisnya yang dijadikan sebagai satuan.
L1
Pengetahuan

Disajikan tabel peserta didik dapat mengidentifikasi jenis besaran dan alat ukurnya yang sesuai dengan tepat.
PG
1
2
Pengukuran zat dan sifatnya


Sifat dan perubahan zat


Perubahan kimia adalah perubahan zat yang menghasilkan zat yang jenisnya baru
L2
Pemahaman

Peseta didik dapat menunjukkan contoh perubahan kimia dengan tepat
PG
2


4. Contoh Format Penyusunan Indikator Soal USBN IPS


No.
Kompetensi Yang diuji
Lingkup Materi
Materi
Level Kognitif
Indikator Soal
Bentuk Soal
Nomor
Soal

1
Peserta didik dapat
mendeskripsikan tentang :
aspek keruangan


Keruangan dan Konektivitas

Aspek keruangan

Pengetahuan dan Pemahaman

Peserta didik dapat menjelaskan konsep ruang dengan benar

PG

1

Peserta didik dapat
mendeskripsikan tentang :
Interaksi antar ruang dan waktu

Keruangan dan Konektivitas

Interaksi antar ruang dan waktu

Pengetahuan dan Pemahaman

Disajikan gambar interaksi keruangan,peserta didik dapat menunjukkan kondisi ketergantungan untuk terjadinya interaksi keruangan dengan tepat


PG

2

Peserta didik dapat
mendeskripsikan tentang :

Letak Indonesia

Keruangan dan Konektivitas

Letak Indonesia

Pengetahuan dan Pemahaman

Disajikan gambar peta Indonesia, peserta didik dapat menyebutkan letak indonesia



PG

3

Peserta didik dapat
mendeskripsikan tentang :
Sumber daya alam


Keruangan dan Konektivitas

Sumber daya alam

Pengetahuan dan Pemahaman

Disajikan gambar hasil tambang, peserta didik dapat mengidentifikasi kegunaan sumber daya tambang

PG

4


5. Contoh Format Penyusunan Indikator Soal USBN Matematika


No.
Kompetensi yang diuji
Lingkup Materi
Materi
Level Kognitif
Indikator Soal
Bentuk Soal
No. Soal
1.
Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang operasi bilangan bulat
Bilangan
Operasi bilangan bulat
Pengetahuan dan Pemahaman
Peserta didik dapat menentukan hasil dari
dengan
PG
1
2.
Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang pola barisan bilangan
Pola barisan bilangan
Peserta didik dapat menentukan tiga (3) suku berikutnya dari suatu pola bilangan tertentu
PG
2
3.
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang perbandingan
Perbandingan senilai
Aplikasi
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai
PG
4
4.
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang barisan dan deret
Barisan dan deret aritmetika
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan deret aritmetika
PG
5
5
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang aritmetika sosial
Harga Jual, Harga Beli, Untung/Rugi
Peserta didik dapat menghitung harga penjualan jika harga beli dan prosentase untung diketahui
PG
7
6.
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang aritmetika sosial
Bunga
Peserta didik dapat menghitung jumlah tabungan dalam waktu tertentu jika modal dan suku bunga pertahun diketahui
Uraian
31
7.
Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang persamaan kuadrat
Aljabar
Persamaan Kuadrat
Pengetahuan dan Pemahaman
Disajikan persamaan kuadrat dalam bentuk , peserta didik dapat menentukan akar-akar persmaan kuadrat
PG
9
8.
Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang bentuk aljabar
Operasi bentuk aljabar
Peserta didik dapat menentukan bentuk sederhana dari penjumlahan/pengurangan enam (6) suku bentuk aljabar yang memuat tiga (3) pasang suku sejenis
PG
10
9.
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang relasi atau fungsi
Fungsi
Peserta didik dapat menghitung nilai suatu fungsi jika diketahui dan
PG
13
10.
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang persamaan garis lurus
Persamaan Garis
Peserta didik dapat mengkonstruksi persamaan garis yang melalui titik dan sejajar garis dengan
PG
14
11.
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang pertidaksamaan linear satu variabel
PtLSV
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah bangun datar persegipanjang yang berkaitan dengan PtLSV
PG
16


6. Contoh Format Penyusunan Indikator Soal USBN PKn


No
Kompetensi yang di uji
Lingkup Materi
Materi
Indikator
Level Kognetif
Bentuk Soal
Nomor Soal
P-1
P-2
1

Pancasila Sebagai Ideologi Negara
Proses perumusan dan penetapan Pancasila

Pemahaman
PG
1
1
2
Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang perumusan dan penetapan Pancasila
Pancasila Sebagai Ideologi Negara
Proses perumusan dan penetapan Pancasila
Disajikan pernyataan tentang pelaksanaan sidang resmi BPUPKI, Peserta didik dapat menjelaskan pelaksanaan sidang resmi BPUPKI
Pemahaman
PG
2
2
3
Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang perumusan dan penetapan Pancasila
Pancasila Sebagai Ideologi Negara
Proses perumusan dan penetapan Pancasila
Disajikan pernyataan tentang usulan dasar negara, Peserta didik dapat menyebutkan usulan dasar negara yang diusulkan 0leh Mr Soepomo
Pemahaman
PG
3
3
4
Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Pancasila Sebagai Ideologi Negara
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Disajikan pernyataan tentang fungsi pancasila, Peserta didik dapat menyebutkan fungsi pancasila
Pemahaman
PG
4
5
5
Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang perumusan dan penetapan Pancasila
Pancasila Sebagai Ideologi Negara
Dinamika penerapan praktek ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup di masyarakat
Disajikan pernyataan tentang penyimpangan -penyimpangan terhadap nilai-nilai pancasila, peserta didik dapat mengidentifikasi penyimpangan terhadap nilai-nilai pancasila pada masa awal kemerdekaan (1945-1959)
Pemahaman
PG
5
5
6
Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang perumusan dan penetapan Pancasila
Pancasila Sebagai Ideologi Negara
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Disajikan pernyataan , Peserta didik dapat menjelaskan pengertian dasar negara
Pemahaman
Uraian
41
41
7
Mengaplikasikan pengetahuan tentang perumusan dan penetapan Pancasila
Pancasila Sebagai Ideologi Negara
Proses perumusan dan penetapan Pancasila
Disajikan pernyataan tentang komitmen pendiri negara dalam proses perumusan pancasila, Peserta didik dapat menentukan komitmen para pendiri Negara proses perumusan pancasila
Aplikasi
PG
6
6
8
Mengaplikasikan pengetahuan tentang Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Pancasila Sebagai Ideologi Negara
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Disajikan pernyataan tentang perwujudan nilai-nilai pancasila, Peserta didik dapat memberi contoh sikap sesuai dengan nilai-nilai pancasila
Aplikasi
PG
7
7
9
Mengaplikasikan pengetahuan tentang Dinamika penerapan praktek ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup di masyarakat
Pancasila Sebagai Ideologi Negara
Dinamika penerapan praktek ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup di masyarakat
Disajikan pernyataan tentang nilai-nilai dasar pancasila sebagai ideologi terbuka, peserta didik dapat menentukan nilai-nilai dasar pancasila sebagai ideologi terbuka
Aplikasi
PG
8
8


Contoh lengkap penulisan indikator soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional dapat di unduh pada link berikut:

Contoh Format Penulisan Indikator Soal USBN PKn
Contoh Format penulisan Indikator USBN Matematika
Contoh Indikator USBN mata Pelajaran IPS
Contoh Indikator USBN mata pelajaran IPA
Contoh Indikator USBN Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Contoh Indikator USBN Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.