Mulai tahun pelajaran 2017/2018 telah dilaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional disamping Ujian Nasional yang moda pelaksanaannya bisa dilakuakan dengan dua macam cara yaitu dengan komputer atau berbasis kertas.
Peran satuan pendidikan sebagai berikut.
- Menerima soal USBN dari pusat (20% - 25%) dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota melalui aplikasi
- Mengeordinasi guru-guru dalam penulisan soal USBN sebanyak 75%-80% berdasarkan indikator dari MGMP.
- Menugaskan guru mata pelajaran untuk melakukan uji coba dan telaah soal pada forum MGMP.
- Mengoordinasi guru-guru dalam perakitan master soal USBN lengkap sesuai ketentuan angka 1 dan angka 2 minimal 2 dua) paket soal terdiri dari 1 (satu) paket soal utama dan 1 (satu) paket soal susulan. Dalam kondisi tertentu seperti terbatasnya sumberdaya guru dan/atau terbatasnya soal yang berkualitas, perakitan soal dapat dilakukan bersama MGMP.
- Menyusun dan menelaah indikator berdasarkan kisi-kisi USBN untuk seluruh mata pelajaran
- Menelaah soal USBN yang disusun oleh guru-guru dari satuan pendidikan.
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Lingkup Materi
|
Materi
|
Level Kognitif
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
No. Soal
|
1.
|
3.12 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan
pengumuman/pemberitahuan (notice), dengan memberi dan meminta informasi
terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
Fungsi sosial
|
Short
Message
|
Pengetahuan dan Pemahaman
§
Mengidentifikasi
|
Disajikan
sebuah teks short message, Peserta didik dapat mengidentifikasi tujuan
yang terdapat pada teks tersebut dengan tepat
|
PG
|
1
|
Struktur teks
|
Short
Message
|
Pengetahuan dan Pemahaman
§
Mengidentifikasi
|
Dari teks yang
sama, Peserta didik dapat mengidentifikasi rincian peristiwa yang
terdapat pada teks tersebut dengan tepat
|
PG
|
2
|
||
Struktur teks
|
Short
Message
|
Pengetahuan dan Pemahaman
§
Mengidentifikasi
|
Dari teks yang
sama, Peserta didik dapat mengidentifikasi rincian informasi yang
terdapat pada teks tersebut dengan tepat
|
PG
|
3
|
||
Unsir
Kebahasaan
|
Short
Message
|
Pengetahuan dan Pemahaman
§
Mengidentifikasi
|
Dari teks yang
sama, Peserta didik dapat mengidentifikasi persamaan kata yang
terdapat pada teks tersebut dengan tepat
|
PG
|
4
|
2. Contoh format penyusunan Indikator Soal USBN Bahasa Indonesia
NO
|
KOPETENSI YANG DI UJI
|
LINGKUP MATERI
|
MATERI
|
LEVEL KOGNITIF
|
INDIKATOR SOAL
|
BENTUK SOAL
|
NO SOAL
|
1.
|
Menentukan makna
kata/kalimat
pada teks
berita
|
Membaca
Nonsastra
|
Makna
kata
|
Pengetahuan
dan Pemahaman:
- Mengidentifikasi
- Menentukan
- Memaknai
|
Disajikan
paragraf/teks, peserta didik dapat
menentukan makna/kalimat pada teks berita.
|
Pilihan
ganda
|
1
|
2.
|
Menentukan isi tersurat berita
|
Membaca
Nonsastra
|
Isi berita
|
Pengetahuan
dan Pemahaman:
- Mengidentifikasi
- Menentukan
- Memaknai
|
Disajikan teks/paragraf, peserta didik dapat menentukan
isi tersurat berit
a. |
Pilihan
ganda
|
2
|
3. Contoh Format Penyusunan Indikator Soal USBN IPA
NO
|
KOPETENSI
YANG DI UJI
|
LINGKUP
MATERI
|
MATERI
|
LEVEL
KOGNITIF
|
INDIKATOR
SOAL
|
BENTUK
SOAL
|
NO
SOAL
|
1
|
Pengukuran zat dan sifatnya
|
Pengukuran
|
Pengukuran dilakukan dengan cara membandingkan
suatu besaran dengan besaran sejenisnya yang dijadikan sebagai satuan.
|
L1
Pengetahuan
|
Disajikan tabel peserta didik dapat
mengidentifikasi jenis besaran dan alat ukurnya yang sesuai dengan tepat.
|
PG
|
1
|
2
|
Pengukuran zat dan sifatnya
|
Sifat dan perubahan zat
|
Perubahan kimia adalah perubahan zat yang
menghasilkan zat yang jenisnya baru
|
L2
Pemahaman
|
Peseta didik dapat menunjukkan contoh perubahan
kimia dengan tepat
|
PG
|
2
|
4. Contoh Format Penyusunan Indikator Soal USBN IPS
No.
|
Kompetensi Yang diuji
|
Lingkup Materi
|
Materi
|
Level Kognitif
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Nomor
Soal
|
1
|
Peserta
didik dapat
mendeskripsikan
tentang :
‑ aspek
keruangan
|
Keruangan
dan Konektivitas
|
Aspek
keruangan
|
Pengetahuan dan Pemahaman
|
Peserta
didik dapat menjelaskan konsep ruang dengan benar
|
PG
|
1
|
Peserta
didik dapat
mendeskripsikan
tentang :
Interaksi
antar ruang dan waktu
|
Keruangan
dan Konektivitas
|
Interaksi
antar ruang dan waktu
|
Pengetahuan dan Pemahaman
|
Disajikan
gambar interaksi keruangan,peserta didik dapat menunjukkan kondisi ketergantungan
untuk terjadinya interaksi keruangan dengan tepat
|
PG
|
2
|
|
Peserta
didik dapat
mendeskripsikan
tentang :
Letak Indonesia
|
Keruangan
dan Konektivitas
|
Letak
Indonesia
|
Pengetahuan dan Pemahaman
|
Disajikan
gambar peta Indonesia, peserta didik dapat menyebutkan letak indonesia
|
PG
|
3
|
|
Peserta
didik dapat
mendeskripsikan
tentang :
Sumber
daya alam
|
Keruangan
dan Konektivitas
|
Sumber
daya alam
|
Pengetahuan dan Pemahaman
|
Disajikan
gambar hasil tambang, peserta didik dapat mengidentifikasi kegunaan sumber
daya tambang
|
PG
|
4
|
5. Contoh Format Penyusunan Indikator Soal USBN Matematika
No.
|
Kompetensi yang diuji
|
Lingkup Materi
|
Materi
|
Level Kognitif
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
No. Soal
|
1.
|
Peserta
didik dapat memahami pengetahuan tentang operasi bilangan bulat
|
Bilangan
|
Operasi
bilangan bulat
|
Pengetahuan dan Pemahaman
|
Peserta
didik dapat menentukan hasil dari
dengan
|
PG
|
1
|
2.
|
Peserta
didik dapat memahami pengetahuan tentang pola barisan bilangan
|
Pola
barisan bilangan
|
Peserta
didik dapat menentukan tiga (3) suku berikutnya dari suatu pola bilangan
tertentu
|
PG
|
2
|
||
3.
|
Peserta
didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang perbandingan
|
Perbandingan
senilai
|
Aplikasi
|
Peserta
didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai
|
PG
|
4
|
|
4.
|
Peserta
didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang barisan dan deret
|
Barisan
dan deret aritmetika
|
Peserta
didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan deret aritmetika
|
PG
|
5
|
||
5
|
Peserta
didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang aritmetika sosial
|
Harga
Jual, Harga Beli, Untung/Rugi
|
Peserta
didik dapat menghitung harga penjualan jika harga beli dan prosentase untung
diketahui
|
PG
|
7
|
||
6.
|
Peserta
didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang aritmetika sosial
|
Bunga
|
Peserta
didik dapat menghitung jumlah tabungan dalam waktu tertentu jika modal dan
suku bunga pertahun diketahui
|
Uraian
|
31
|
||
7.
|
Peserta
didik dapat memahami pengetahuan tentang persamaan kuadrat
|
Aljabar
|
Persamaan
Kuadrat
|
Pengetahuan dan Pemahaman
|
Disajikan
persamaan kuadrat dalam bentuk , peserta didik dapat menentukan
akar-akar persmaan kuadrat
|
PG
|
9
|
8.
|
Peserta
didik dapat memahami pengetahuan tentang bentuk aljabar
|
Operasi
bentuk aljabar
|
Peserta
didik dapat menentukan bentuk sederhana dari penjumlahan/pengurangan enam (6)
suku bentuk aljabar yang memuat tiga (3) pasang suku sejenis
|
PG
|
10
|
||
9.
|
Peserta
didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang relasi atau fungsi
|
Fungsi
|
Peserta
didik dapat menghitung nilai suatu fungsi jika diketahui dan
|
PG
|
13
|
||
10.
|
Peserta
didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang persamaan garis lurus
|
Persamaan
Garis
|
Peserta
didik dapat mengkonstruksi persamaan garis yang melalui titik dan sejajar garis dengan
|
PG
|
14
|
||
11.
|
Peserta
didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang pertidaksamaan linear satu
variabel
|
PtLSV
|
Peserta
didik dapat menyelesaikan masalah bangun datar persegipanjang yang berkaitan
dengan PtLSV
|
PG
|
16
|
6. Contoh Format Penyusunan Indikator Soal USBN PKn
No
|
Kompetensi yang di uji
|
Lingkup Materi
|
Materi
|
Indikator
|
Level Kognetif
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
||
P-1
|
P-2
|
||||||||
1
|
Pancasila Sebagai Ideologi
Negara
|
Proses perumusan dan
penetapan Pancasila
|
Pemahaman
|
PG
|
1
|
1
|
|||
2
|
Memiliki pengetahuan dan pemahaman
tentang perumusan dan penetapan Pancasila
|
Pancasila Sebagai Ideologi Negara
|
Proses perumusan dan penetapan
Pancasila
|
Disajikan pernyataan tentang
pelaksanaan sidang resmi BPUPKI, Peserta didik dapat menjelaskan pelaksanaan
sidang resmi BPUPKI
|
Pemahaman
|
PG
|
2
|
2
|
|
3
|
Memiliki pengetahuan dan pemahaman
tentang perumusan dan penetapan Pancasila
|
Pancasila Sebagai Ideologi Negara
|
Proses perumusan dan penetapan
Pancasila
|
Disajikan pernyataan tentang usulan
dasar negara, Peserta didik dapat menyebutkan usulan dasar negara yang
diusulkan 0leh Mr Soepomo
|
Pemahaman
|
PG
|
3
|
3
|
|
4
|
Memiliki pengetahuan dan pemahaman
tentang Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
|
Pancasila Sebagai Ideologi Negara
|
Pancasila sebagai dasar negara dan
pandangan hidup bangsa
|
Disajikan pernyataan tentang fungsi
pancasila, Peserta didik dapat menyebutkan fungsi pancasila
|
Pemahaman
|
PG
|
4
|
5
|
|
5
|
Memiliki pengetahuan dan pemahaman
tentang perumusan dan penetapan Pancasila
|
Pancasila Sebagai Ideologi Negara
|
Dinamika penerapan praktek ideal
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup di masyarakat
|
Disajikan pernyataan tentang
penyimpangan -penyimpangan terhadap nilai-nilai pancasila, peserta didik
dapat mengidentifikasi penyimpangan terhadap nilai-nilai pancasila pada masa
awal kemerdekaan (1945-1959)
|
Pemahaman
|
PG
|
5
|
5
|
|
6
|
Memiliki pengetahuan dan pemahaman
tentang perumusan dan penetapan Pancasila
|
Pancasila Sebagai Ideologi Negara
|
Pancasila sebagai dasar negara dan
pandangan hidup bangsa
|
Disajikan pernyataan , Peserta didik
dapat menjelaskan pengertian dasar negara
|
Pemahaman
|
Uraian
|
41
|
41
|
|
7
|
Mengaplikasikan pengetahuan tentang
perumusan dan penetapan Pancasila
|
Pancasila Sebagai Ideologi Negara
|
Proses perumusan dan penetapan
Pancasila
|
Disajikan pernyataan tentang komitmen
pendiri negara dalam proses perumusan pancasila, Peserta didik dapat
menentukan komitmen para pendiri Negara proses perumusan pancasila
|
Aplikasi
|
PG
|
6
|
6
|
|
8
|
Mengaplikasikan pengetahuan tentang
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
|
Pancasila Sebagai Ideologi Negara
|
Pancasila sebagai dasar negara dan
pandangan hidup bangsa
|
Disajikan pernyataan tentang
perwujudan nilai-nilai pancasila, Peserta didik dapat memberi contoh sikap
sesuai dengan nilai-nilai pancasila
|
Aplikasi
|
PG
|
7
|
7
|
|
9
|
Mengaplikasikan pengetahuan tentang
Dinamika penerapan praktek ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan
hidup di masyarakat
|
Pancasila Sebagai Ideologi Negara
|
Dinamika penerapan praktek ideal
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup di masyarakat
|
Disajikan pernyataan tentang
nilai-nilai dasar pancasila sebagai ideologi terbuka, peserta didik dapat
menentukan nilai-nilai dasar pancasila sebagai ideologi terbuka
|
Aplikasi
|
PG
|
8
|
8
|
Contoh lengkap penulisan indikator soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional dapat di unduh pada link berikut:
- Contoh Format Penulisan Indikator Soal USBN PKn
- Contoh Format penulisan Indikator USBN Matematika
- Contoh Indikator USBN mata Pelajaran IPS
- Contoh Indikator USBN mata pelajaran IPA
- Contoh Indikator USBN Mata Pelajaran Bahasa Inggris
- Contoh Indikator USBN Mata Pelajaran Bahasa Indonesia