Strategi Mengajar untuk Mengembangkan Berpikir Tingkat Tinggi

Keterampilan berpikir tingkat tinggi  (Higher-Level Thinking) adalah keterampilan seperti berpikir kritis, menganalisis, dan memecahkan masalah. Semua itu adalah keterampilan penting abad ke- 21 yang mempersiapkan siswa untuk menerapkan apa yang sudah mereka ketahui (pengetahuan mereka sebelumnya) dengan apa yang mereka pelajari saat ini .

Strategi Mengajar untuk Mengembangkan Berpikir Tingkat Tinggi



Keterampilan ini membuat siswa menggunakan pemikiran tingkat tinggi yang merupakan peralihan berpikir dari tingkat rendah, dimana siswa hanya menghapal fakta. Strategi ini pada dasarnya meminta siswa menggunakan cara-cara yang dianggap rumit untuk benar-benar menggali lebih dalam dan memikirkan apa yang mereka pelajari.

Siswa  tidak hanya harus memahami konsep, tetapi juga menyimpulkan, serta menghubungkan dengan konsep lain. Beberapa strategi pengajaran tentang cara meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, serta beberapa strategi pengajaran tentang cara mempromosikan dan memanfaatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat melalui penggunaan teknologi.

Meskipun banyak strategi pengajaran untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, ada beberapa keterampilan penting yang dapat dimulai, dengan mengajarkan siswa apa yang dimaksud dengan pemikiran tingkat tinggi.Jelaskan kepada siswa mengapa mereka membutuhkan berpikir tingkat tinggi. Guru dapat melakukan strategi ini dengan menunjukkan kepada siswa bagaimana mereka dapat mengajukan pertanyaan kepada diri mereka sendiri sambil belajar.

Berikut beberapa strategi mengajar untuk mengembangkan berpikir tingkat tinggi:

Dorong Siswa untuk Membuat Pertanyaan

Motivasi siswa untuk mengajukan pertanyaan. Ruang kelas dimana siswa merasa bebas untuk mengajukan pertanyaan tanpa reaksi negatif dari teman sekelas mereka, adalah ruang kelas di mana siswa akan merasa bebas untuk menggunakan pikiran mereka dan menjadi kreatif.

Latih Siswa untuk Menyelidiki

Memiliki kemampuan untuk membuat kesimpulan adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi lainnya. Latih siswa untuk membuat kesimpulan dengan memberi mereka contoh "dunia nyata". Salah satu cara untuk mengajar siswa tentang bagaimana menyimpulkan adalah dengan mengajarkan konsep yang mudah seperti cuaca. Mintalah siswa melihat ke luar ruangan dan menyimpulkan seperti apa keadaan cuaca.

Dorong Siswa Berpikir Kreatif

Berpikir kreatif adalah ketika siswa menemukan, membayangkan, dan merancang apa yang mereka pikirkan dalam pikiran mereka. Dengan kreatifitas guru, bantu siswa memproses dan memahami informasi dengan baik. Penelitian menunjukkan bahwa ketika siswa memanfaatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang kreatif, dapat membantu untuk meningkatkan pemahaman mereka. Ajaklah siswa untuk berpikir di luar suasana formal dan berilah penghargaan atas apa yang mereka sampaikan.

Perlihatkan Siswa Cara Menghubungkan Konsep

Perlihatkan kepada siswa bagaimana menghubungkan satu konsep dengan konsep lainnya. Ajari mereka untuk menghubungkan apa yang sudah mereka ketahui dengan apa yang sedang mereka pelajari. Ini akan membantu siswa belajar membuat koneksi kapan pun memungkinkan, yang akan membantu mereka mendapatkan lebih banyak pemahaman tentang apa yang mereka pelajari. Setiap konsep kecil dapat dihubungkan dengan konsep yeng lebih besar dan lebih luas.

Ajarkan Siswa Strategi Pemecahan Masalah

Ajari siswa untuk menggunakan metode langkah demi langkah untuk menyelesaikan masalah. Cara berpikir tingkat tinggi ini akan membantu mereka memecahkan masalah lebih cepat dan lebih mudah. Imbaulah siswa untuk menggunakan metode alternatif untuk memecahkan masalah serta menawarkan kepada mereka metode pemecahan masalah yang berbeda.

Misalnya mereka dapat menggunakan grafik organisator (grafik visual yang menampilkan hubungan antar berbagai ide, konsep, fakta dan dan istilah dalam satu topik utama) untuk membantu mereka memecahkan masalah. Penyelenggara grafis memberikan siswa cara yang bagus untuk membingkai pemikiran mereka secara terorganisir. Mereka juga dapat menggunakan alam pikiran. Siswa dapat memecahkan masalah dengan menutup mata mereka dan membuat alam pikiran mereka berjalan.

Demikian beberapa strategi mengajar yang dapat dilakukan oleh guru dan siswa untuk mengembangkan berpikir tingkat tinggi.

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.