Workshop Membuat Website dari Nol tepat bagi Anda yang ingin membuat website sekolah, website pembelajaran, website personal, website organisasi, portal berita, dan website lainnya. Pastikan Anda bergabung di kegiatan ini! Yuk, langsung cek dan daftar melalui link dibawah ini

Pengertian Manajemen dan Administrasi Sekolah

Manajemen dan administrasi adalah dua kata yang bisa memiliki arti yang sama atau berbeda. Akan tetapi, tulisan ini cenderung menggunakan istilah manajemen karena pada dasarnya manajemen identik dengan administrasi. Dalam pemakaian secara umum, administrasi diartikan sama dengan manajemen,  dan administrator dengan manajer. Di bidang pendidikan, pemerintah, rumah sakit, dan kemiliteran, orang umumnya memakai istilah administrasi, sedangkan bidang industri dan perusahaan memakai istilah manajemen dan manajer.

Pada perkembangan teknologi dan ilmu pengetahauan lebih cenderung menggunakan istilah manajemen pada berbagai bidang. Administrasi pada kehidupan masyarakat sehari-hari biasanya diartikan secara sempit, yaitu sesuatu yang berkenaan dengan ketatausahaan.

Pengertian manajemen dan sdministrasi sekolah
Administrasi dalam arti sempit, yaitu dari kata Administratie (Bahasa Belanda) yang meliputi kegiatan: catat mencatat, surat menyurat, pembukuan ringan, ketik mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan. Jadi tata usaha bagian kecil dari administrasi. Administrasi dapat diartikan sebagai upaya memamfaatkan sumberdaya yang (3M: man, money, dan material) dimiliki secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan.
Ungkapan yang sederhana ini tidak dapat menjelaskan administrasi secara utuh karena untuk memahami administrasi membutuhkan pengetahuan yang menyeluruh. Pertanyaan tentang administrasi tidak mudah untuk dijawab, walaupun berjilid-jilid buku telah ditulis orang untuk menjelaskannya. Ada orang yang meragukan suatu teori yang komprehensif tentang administrasi pendidikan akan muncul.

Dewasa ini ada beberapa taksonomi yang membantu menjelaskan beberapa aspek dari bidang yang sedang muncul ini. Orang berbicara tentang "administrasi sebagai tugas pekerjaan, administrasi sebagai proses, administrasi sebagai pengambilan keputusan, administrasi sebagai hubungan manusia, dan taksonomi lain yang serupa seperti orang-orang dalam dongeng "Orang Buta dan Gajah" yang merabah-rabah badan soekor gajah besar tapi tidak melihat seluruh gajahnya. Dongen ini sering dipakai untuk menggambarkan situasi yang bertalian dengan teori umum tentang administrasi pendidikan pada masa kini.

Manajemen berasal dari kata to manage yang berarti mengelolah.  Pengelolaan dilakukan melalui proses dan dikelolah berdasarkan urutan dan fungsi-fungsi manajemen itu sendiri.Manajemen adalah melakukan pengelolaan sumberdaya yang dimiliki oleh sekolah/organisasi yang diantaranya adalah manusia, uang, metode, material, mesin, dan pemasaran yang dilakukan dengan sistematis dalam suatu proses.

Pengelolaan ersebut dilakukan untuk mendayagunakan sumberdaya yang dimiliki secara terintegrasi dan terkoordinasi untuk mencapai tujuan sekolah/organisasi.Pengelolaan dilakukan oleh kepala sekolah dengan kewenangannya sebagai manajer sekolah melalui komando-komando atau keputusan-keputusan yang telah ditetapkan dengan mengarahkan sumbernya untuk mencapai tujuan.

Manajer mengaturnya melalui proses dari urutan fungsi-fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian). Pernyataan bahwa manajemen merupakan alat untuk mengelolah sumberdaya yang dimiliki secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan harus benar-benar dipahami oleh para kepala sekolah. Sepak terjang manajer dalam mengelolah sumberdaya di dalam sekolah akan sangat tergantung pada kompetensi kepala sekolah itu sendiri.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.