Workshop Membuat Website dari Nol tepat bagi Anda yang ingin membuat website sekolah, website pembelajaran, website personal, website organisasi, portal berita, dan website lainnya. Pastikan Anda bergabung di kegiatan ini! Yuk, langsung cek dan daftar melalui link dibawah ini

Pemanfaatkan Teknologi Pembelajaran Adaptif untuk Keberhasilan Siswa

Siswa berhak mendapatkan kesempatan untuk sukses dalam karir pendidikan mereka. Akses ke sumber daya dan bahan serta teknologi yang memadai diperlukan untuk keberhasilan akademik mereka. Semua siswa, terutama yang berisiko dan kelompok khusus, harus diberi kesempatan untuk mengakses kurikulum pada tingkat yang sama dengan rekan-rekan tingkat kelas mereka.

Pemanfaatkan Teknologi Pembelajaran Adaptif untuk Keberhasilan Siswa

Sekarang setelah kelompok besar siswa telah mengalami kemunduran akademis dari pandemi, sangat penting bagi para pendidik untuk memberi mereka alat dan sumber daya yang dibutuhkan untuk menjadi sukses. Teknologi adaptif dapat diimplementasikan dengan tepat untuk mempersempit kesenjangan pencapaian dan memberi siswa dukungan yang mereka butuhkan untuk mengurangi hilangnya kekurangan pembelajaran lebih lanjut.

Apa itu Teknologi Pembelajaran Adaptif ?

Teknologi pembelajaran adaptif membantu siswa untuk memproses informasi dan konten kurikulum dengan berbagai alat yang juga dapat mencakup program berbasis komputer. Peralatan teknologi adaptif dapat terdiri dari penggunaan komputer, iPad, tablet, dan perangkat lain yang membantu siswa dalam mencapai tujuan akademik mereka.

Program respon berbasis komputer juga dapat diklasifikasikan sebagai teknologi adaptif dan dirancang untuk melacak kinerja dan pertumbuhan siswa dari waktu ke waktu. Banyak vendor komersial dapat bermitra dengan komunitas sekolah untuk menyediakan program akademik yang terdiri dari teknologi adaptif.

Alat tambahan bersama dengan program berbasis komputer untuk penggunaan siswa dapat mencakup penggunaan pengatur waktu, panduan membaca, kalkulator, fitur ucapan-ke-teks dan teks-ke-ucapan, pengatur grafik , teks animasi, overlay, dll. Program komputer mungkin digunakan secara mandiri ketika menjelajahi konten instruksional baru atau menyelesaikan tugas. Sangat penting bagi pendidik untuk dilatih menggunakan teknologi adaptif secara efisien dan efektif untuk memastikan mereka mampu menutup kesenjangan belajar bagi siswa.

Bagaimana Manfaat yang Diperoleh Siswa dari Teknologi Adaptif?

Teknologi adaptif membantu siswa membaca, mendengar, dan memahami konsep literasi dan numerasi. Dukungan visual dan audio dapat membantu siswa memperoleh pengetahuan yang lebih dalam tentang konsep-konsep di mana mereka kemudian dapat menerapkan pengetahuan dalam situasi baru. Menyediakan siswa dengan teknologi adaptif untuk memandu pemahaman konsep mereka dengan lebih baik membantu siswa untuk menetapkan tujuan akademik yang dapat dicapai. Konsep dan keterampilan dirangkai sehingga siswa dapat belajar dengan kecepatan mereka.

Fitur tambahan dari teknologi adaptif dapat digunakan untuk membantu siswa memproses dan memahami konten. Alat komputer, tablet, dan iPad yang disebutkan di atas dengan fitur teknologi dan program pelacakan berbasis komputer memungkinkan siswa untuk belajar dengan kecepatan mereka sendiri tanpa tekanan untuk mengikuti rekan-rekan mereka. Dengan bantuan tambahan, banyak siswa dapat tampil di luar harapan mereka dan memenuhi atau melampaui standar pembelajaran di luar rekan-rekan mereka.

Cara Memanfaatkan Teknologi Pembelajaran Adaptif untuk Keberhasilan Siswa

Teknologi pembelajaran adaptif dapat digunakan untuk membimbing siswa selama pengajaran di kelas, intervensi, dan untuk tutorial dan pekerjaan rumah. Selama pengajaran di kelas, siswa dapat mengakses program berbasis komputer untuk memperkuat keterampilan yang mereka perlukan bantuan tambahan atau menjelajahi konten baru sebagai pratinjau sebelum menerima instruksi langsung dari guru mereka.

Teknologi adaptif juga dapat mencakup program intervensi berbasis komputer yang menargetkan keterampilan khusus yang mungkin belum dikuasai siswa dan juga dapat diselaraskan dengan standar pembelajaran tingkat kelas prioritas. Dalam program berbasis komputer, siswa mempraktikkan keterampilan khusus yang ditargetkan dan dapat menyelesaikan keterampilan yang lebih kompleks saat mereka memenuhi penguasaan konten yang ditugaskan pada awalnya. Keterampilan dapat diberikan oleh guru setelah pra-penilaian awal atau program komputer dapat secara otomatis menetapkan keterampilan siswa berdasarkan hasil pra-penilaian mereka.

Guru juga dapat memberikan pekerjaan rumah menggunakan program berbasis komputer adaptif untuk memastikan siswa dapat berlatih dan menyimpan informasi selama periode waktu tertentu. Tugas yang berbeda dan pemantauan kemajuan memungkinkan siswa untuk membuat keuntungan yang stabil saat mempelajari konten. Menurut Guido ( 2016 ), platform pembelajaran yang berbeda dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa.

Siswa menjadi lebih mandiri dan mengontrol pembelajaran mereka ketika mereka mendapat dukungan, pemahaman, dan bimbingan yang memadai dari guru mereka dan mampu menginterpretasikan data yang dihasilkan oleh teknologi adaptif melalui program berbasis komputer. Penting juga untuk meningkatkan waktu respons untuk lebih memanfaatkan teknologi pembelajaran adaptif bagi siswa (Mettler, Massey, & Kellman, 2011). Ketika data ditinjau, dianalisis, dan dibagikan pada waktu yang tepat, siswa dapat menetapkan tujuan yang realistis dan dapat dicapai.

Perencanaan untuk Menghadapi Hambatan Teknologi Adaptif

Pada akhirnya, penting juga untuk mengantisipasi tantangan penggunaan teknologi adaptif. Johanes dan Lagerstrom (2017) menekankan untuk mengantisipasi dan menghindari perangkap pembelajaran adaptif ketika merencanakan pengajaran untuk siswa. Teknologi adaptif tidak boleh menggantikan instruksi tetapi melengkapi penyampaian awal konten yang disediakan oleh guru kelas. Secara keseluruhan, dukungan tambahan dan sumber daya teknologi yang memadai harus diberikan kepada siswa yang berisiko.

Data dari program berbasis komputer harus digunakan untuk memandu instruksi, memberikan intervensi yang ditargetkan, dan tidak menempatkan siswa dalam kategori yang terisolasi. Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, data siswa harus disimpan dan dilindungi dengan aman.

Siswa dan guru membutuhkan pelatihan yang memadai untuk secara efektif menggunakan teknologi adaptif dan alat yang diperlukan untuk mengeksplorasi konten. Mereka mungkin juga memerlukan pelatihan keterampilan prasyarat jika mereka tidak terbiasa dengan banyak fitur dengan perangkat keras komputer, perangkat lunak, atau database pemrograman. Mengantisipasi hambatan dan menerapkan sistem adalah kunci untuk memastikan siswa dan guru memiliki dasar yang kuat untuk berhasil menggunakan teknologi adaptif.

Pada akhirnya teknologi pembelajaran adaptif adalah alat yang bermanfaat untuk meningkatkan prestasi siswa, menutup kesenjangan pembelajaran , dan cara yang bagus untuk memantau kemajuan siswa. Ketika siswa berprestasi di tingkat yang lebih tinggi, mereka diberikan kesempatan realistis untuk mengakses pendidikan pasca sekolah menengah dan pilihan karir. Dengan sumber daya yang memadai serta perangkat dan program teknologi adaptif, semua siswa dapat memiliki akses ke pengalaman pendidikan yang adil dan akan diberikan kesempatan untuk menjadi pembelajar seumur hidup yang produktif.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.