Lembar Kerja Peserta Didik " Pengaruh Perubahan Ruang terhadap Kehidupan Ekonomi "

Negara-negara anggota ASEAN mulai menerapkan AFTA (ASEAN Free Trade Area) dalam kehidupan internasionalnya. Secara ekonomis, pemberlakukan AFTA akan menjadikan kegiatan ekonomi lebih meluas. Produsen beras seperti Thailand dapat dengan mudah mengekspor produknya ke Singapura, Indonesia, dan negara anggota ASEAN lain tanpa dibebani pajak, begitupun sebaliknya. Pilihan konsumsi pun semakin banyak, baik kualitas maupun harganya. Kerja sama negara-negara ASEAN ini mendorong terjadinya perubahan tatanan kerja sama antarnegara dalam bidang ekonomi. 

Lembar Kerja Peserta Didik " Pengaruh Perubahan Ruang terhadap Kehidupan Ekonomi "


Persaingan dalam kegiatan ekonomi menjadi lebih ketat dengan adanya kompetitor dari luar negeri. Kegiatan produksi yang dilakukan oleh produsen atau pelaku kegiatan produksi suatu negara ASEAN akan dapat dengan mudah dipasarkan ke negara lain dalam lingkup ASEAN. Contoh, Indonesia dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh petani di Thailand dan Myanmar. Produk elektronik Singapura dapat lebih mudah diperoleh oleh masyarakat di negara ASEAN.

Kerja sama ASEAN menjadikan proses distribusi menjadi lebih jauh jangkauannya. Barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen sampai ke tangan masyarakat (konsumen) melalui distributor. Perkembangan teknologi transportasi dapat memperpendek jarak dan waktu yang dibutuhkan untuk mendistribusikan barang atau jasa sampai ke tangan konsumen. Lautan luas tidak lagi menjadi penghalang untuk mendistribusikan barang dan jasa. 

Kemudahan distribusi ini sangat menguntungkan pelaku kegiatan ekonomi dan memungkinkan mereka mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Kegiatan distribusi antarnegara dalam bentuk ekspor dan impor yang melibatkan dua negara atau lebih identik dengan pergerakan barang atau jasa antarnegara. 

Kegiatan ekspor dan impor ini menunjukkan adanya interaksi antarruang negara yang satu dengan negara lainnya. Kegiatan produksi dan distribusi bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai konsumen. Konsumen adalah pengguna barang atau jasa yang telah diproduksi oleh produsen dan didistribusikan oleh distributor

AFTA memungkinkan setiap orang di negara-negara ASEAN untuk dapat mengonsumsi barang-barang produk luar negeri. Kalian diminta melihat produk yang digunakan dalam keseharian, seperti barang elektronik. Negara manakah yang memproduksi barang itu?

Rincian Kerja

  1. Baca pendahuluan diatas !
  2. Siapkan buku referensi tambahan !
  3. Perhatikan peta AFTA (ASEAN Free Trade Area ) !
  4. Diskusikan dengan anggota kelompokmu apa keuntungan yang diperoleh Indonesia terhadap negara beberapa anggota AFTA seperti yang ditunjukkan pada angka 1-6 pada gambar panah pada peta diatas !
Pertanyaan
  1. Sebagai negara anggota AFTA maka sudah pasti akan memperoleh dampak positif maupun negatif dari keanggotaan tersebut. Selanjutnya lengkapi tabel berikut ! 

No

Nama Negara

Keuntungan yang diperoleh Indonesia sebagai anggota AFTA yang diperoleh dari beberapa negara berikut

1

Myammar

 

2

Thailand

 

3

Laos

 

4

Vietnam

 

5

Malaysia

 

6

Philifina

 


2. Sebutkan jika ada dampak negatif yang diperoleh Indonesia sehubungan dengan keanggotaannya 
    dalam  AFTA (ASEAN Free Trade Area )  ?

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.