Lembar Kerja Peserta Didik " Komposisi Penduduk "

Komposisi penduduk adalah pengelompokan penduduk berdasarkan usia/ umur, jenis kelamin, mata pencaharian, agama, bahasa, pendidikan, tempat tinggal, jenis pekerjaan, dan lain-lain. Komposisi penduduk diperlukan dalam suatu negara karena dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan ataupun penentuan kebijaksanaan dalam pelaksanaan pembangunan.

Gambaran mengenai komposisi penduduk perlu dikaji atau dipelajari karena berbagai alasan, antara lain setiap penduduk pasti memiliki usia dan jenis kelamin yang berbeda sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang berbeda pula.

Komposisi Penduduk Berdasarkan Usia



Komposisi penduduk berdasarkan usia/umur dapat dibuat dalam bentuk usia tunggal, seperti 0, 1, 2, 3, 4, sampai 60 tahun atau lebih. Komposisi penduduk dapat juga dibuat berdasarkan interval usia tertentu, seperti 0–5 tahun (usia balita), 6–12 tahun (usia SD), 13–15 tahun (usia SMP), tahun 16–18 (usia SMA), 19–24 tahun (usia Perguruan Tinggi), 25–60 tahun (usia dewasa), dan >60 tahun (usia lanjut). Selain itu, komposisi penduduk juga dapat dibuat berdasarkan usia produktif dan usia nonproduktif, misalnya: usia 0–14 (usia belum produktif), 15–64 (usia produktif), dan usia >65 (tidak produktif).

Permasalahan dalam komposisi penduduk lainnya adalah apabila jumlah penduduk dengan usia di bawah 15 tahun dan usia di atas 65 tahun jumlahnya lebih besar dibandingkan usia produktif (15-65 th). Hal tersebut dapat menyebabkan penduduk usia produktif menanggung hidup seluruh penduduk usia nonproduktif. Sebaliknya, jika semakin kecil angka ketergantungan, akan semakin kecil beban dalam menopang kehidupan penduduk usia nonproduktif.

Komposisi Penduduk Berdasarkan Jenis Kelamin




Pada zaman dahulu, kaum laki-laki lebih dominan untuk berusaha (bekerja) dan mempertahankan diri. Pada saat itu, teknologi masih sangat sederhana sehingga hanya penduduk yang memiliki tenaga dan kemampuan fisik yang kuat yang dapat bertahan hidup.

Akan tetapi, setelah teknologi berkembang dengan cepat dan modern, sesuai pula dengan prinsip emansipasi wanita, ternyata hampir semua jenis pekerjaan yang biasa dikerjakan oleh kaum laki-laki juga dapat dikerjakan oleh kaum perempuan.

Rincian Kerja

  1. Baca pendahuluan diatas dengan seksama !
  2. Diskusikan dengan anggota kelompokmu tentang komposisi penduduk berdasarkan Usia dan Jenis kelamin !
  3. Perhatikan gambar/komposisi penduduk berdasarkan usia kemudian tentukan (estimasikan) berapa jumlah penduduk usia produktif pada tahun 2021 dan 2045 !
  4. Perhatikan gambar/komposisi penduduk berdasarkan jenis kelamin kemudian tentukan usia berapa penduduk terbanyak dan tersedikit !
Pertanyaan

Berdasarkan hasil diskusi dengan kelompokmu jawablah pertanyaan berikut !

  1. Berapa jumlah penduduk usia produktif pada tahun 2021 dan 2045 di Indonesia pada  gambar komposisi penduduk berdasarkan  usia diatas ?
  2. Berapa jumlah penduduk tersedikit dan terbanyak pada gambar komposisi penduduk berdasarkan jenis kelamin diatas ?

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.