Lembar Kerja Peserta Didik " Benua Amerika"

Lembar kerja peserda didik ini bertujuan untuk membantu siswa dalam mempelajari keadaan alam benua Amerika.

Benua Amerika sering juga disebut sebagai Benua Merah. Sebutan itu didapat karena benua tersebut terdapat Suku Bangsa Indian. Suku Indian tidak berkulit merah sebenarnya kulit mereka terlihat merah karena suku indian suka melumuri
kulit dengan cat berwarna merah.

Benua Amerika terletak pada 170° BT–35° BB dan 83° LU–55°LS. Batas Benua Amerika ialah Samudra Arktik di utara, Laut Weddel, Samudra Atlantik, dan Samudra Pasifik di selatan, Samudra Atlantik di timur, serta Samudra Pasifik di barat. Benua Amerika merupakan benua terbesar kedua setelah Asia. Luas Benua Amerika mencapai 42.057.100 km². Perhatikanlah peta Benua Amerika berikut ini, cermatilah negara-negara yang menjadi bagiannya.

Lembar Kerja Peserta Didik " Benua Amerika"


Secara geografis, Amerika terbagi atas empat kawasan atau region yakni kawasan Amerika Selatan, Amerika Utara, Amerika Tengah dan Kepulauan Karibia yang terletak di sekitar Amerika bagian tengah. Sejumlah ahli geografi berpendapat bahwa Meksiko masuk ke dalam wilayah Amerika Tengah. Peta berikut menggambarkan pembagian wilayah Benua Amerika.

Rincian Kegiatan

  1. Baca Pendahuluan diatas !
  2. Perhatikan Peta Benua Amerika kemudian lengkapi titik-titik dengan ..Letak bujur yang ditandai dengan huruf A dan B, letak lintang yang ditandai dengan huruf C dan D.
  3. Lengkapila legenda diatas a,b, dan c dengan pembagian benua Amerika !
  4. Tentukan batas barat, timur, utara dan selatan benua Amerika !
Pertanyaan
  1. Sebutkan letak astronomis Benua Amerika yang terdiri dari letak lintang dan bujur !
  2. Sebutkan 3 pembagian kawasan Benua Amerika !
  3. Sebutkan batas utara, timur, barat dan selatan benua Amerika !

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.