Beberapa Platform Pembelajaran Online yang Perlu Diketahui

Platform pembelajaran online telah ada sejak 20 tahun yang lalu. Kondisi ini memungkinkan orang mendapat gelar tanpa harus tatap muka di ruang kelas. Baru-baru ini, karena pandemi COVID-19 di seluruh dunia, platform pembelajaran online telah memberikan siswa di seluruh dunia sarana untuk tetap terhubung dengan pendidikan mereka ketika sekolah tidak dapat membuka pintu untuk siswanya.

Beberapa Platform Pembelajaran Online yang Perlu Diketahui


Apa sebenarnya platform pembelajaran online? Hal-hal apa yang harus dipertimbangkan ketika memilih platform pembelajaran online? Apa saja platform pembelajaran online yang tersedia untuk guru di kelas ?

Apa itu Platform Pembelajaran Online?

Platform pembelajaran online adalah seperangkat alat digital interaktif terintegrasi. Alat-alat ini memberi siswa dan pendidik informasi, sumber daya, dan sarana komunikasi untuk membantu mendukung dan meningkatkan pendidikan, penyampaian, dan manajemen pengajaran dan pembelajaran siswa.

Platform pembelajaran online memberi guru cara untuk terhubung dengan siswa dengan mengirimkan pengumuman, menugaskan pekerjaan kelas, dan mendistribusikan tes. Beberapa platform pembelajaran online memungkinkan teman sekelas untuk menggunakan obrolan video untuk melihat dan berbicara satu sama lain dan guru mereka.

Platform pembelajaran online dapat menilai pekerjaan dan menghubungkan dengan siswa dan keluarga mereka. Ada ratusan platform pembelajaran online yang tersedia, dan ada beberapa hal penting untuk dipertimbangkan ketika memilih yang tepat untuk guru dan siswa.

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Platform Pembelajaran Online

Dengan banyaknya platform pembelajaran online di luar sana, dapat menjadi pilihan yang tepat. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih yang terbaik untuk Anda sebagai pendidik dan siswa Anda. Sebagai permulaan, apa kebutuhan belajar para pengguna? Apakah platform diperlukan untuk hanya mendistribusikan informasi, atau apakah siswa akan berinteraksi satu sama lain, mengirimkan tugas, dan dinilai?

Yang terakhir biasanya terjadi, yang membuka pintu ke lebih banyak pilihan. Apakah Anda mencari platform online yang kompatibel dengan iPad, desktop, dan ponsel? Ini penting ketika siswa mungkin tidak memiliki perangkat mereka sendiri, mungkin berbagi perangkat dengan teman dan keluarga, atau mungkin tidak memiliki internet yang tersedia selain dari masuk di perpustakaan atau melalui hot spot yang disediakan.

Selain itu, kemudahan integrasi adalah pertimbangan penting lainnya. Apalagi jika siswa tidak memiliki banyak panduan ketika meluncurkan ke platform, seperti yang terjadi pada banyak orang ketika COVID-19 terjadi. Konten yang dapat disediakan oleh platform online adalah pertimbangan yang sangat penting, yang perlu ditimbang dengan harga sistem manajemen pembelajaran. Di bawah ini adalah empat platform pembelajaran online berbeda yang menurut para pendidik berhasil, produktif, dan menarik.

Platform Pembelajaran Online

Seesaw adalah alat manajemen pembelajaran yang menciptakan kolaborasi antara siswa, guru, dan keluarga. Setiap siswa memiliki portofolio sendiri di mana mereka dapat mengirimkan tugas, menulis catatan, mengunggah foto, dan mengirimkan gambar. Guru memiliki akses ke perpustakaan kegiatan yang memiliki ribuan tugas yang sudah dibuat tentang topik apa pun yang dapat dicari. Guru juga dapat merancang tugas mereka sendiri dan dengan mudah membagikannya dengan rekan kerja.

Ketika seorang siswa mengajukan tugas, tugas tersebut dilihat oleh guru dan orang tua, menciptakan garis koneksi yang mulus ke dalam pekerjaan kelas siswa. Platform Seesaw dasar untuk guru, keluarga, dan siswa gratis. Namun, Seesaw memang menawarkan Seesaw untuk Sekolah dan edisi Seesaw Plus yang memiliki fitur tambahan. Edisi-edisi ini adalah untuk biaya, proses penilaian .

Bloomz adalah aplikasi pemenang penghargaan yang diberi peringkat, "Aplikasi atau Alat Komunikasi Orangtua-Guru / Sekolah Terbaik" oleh Tech Edvocate dua tahun berturut-turut. Mirip dengan Seesaw, Bloomz menyediakan pengguna dengan komunikasi dua arah dan portofolio siswa.

Bloomz, bagaimanapun, termasuk fitur pelacakan perilaku yang banyak guru temukan bermanfaat untuk pengumpulan data dan untuk memberi orang tua gambaran yang lebih jelas tentang hari-hari anak mereka, terutama di usia belajar. Orang tua dapat menyukai pekerjaan anak mereka, mengomentari tugas, dan mudah terhubung dengan guru.

Satu kekurangan Bloomz adalah bahwa versi gratis membatasi penyimpanan foto / video, sehingga seorang guru yang memposting banyak gambar mungkin kehabisan ruang. Apapun, Bloomz patut dipertimbangkan.

Google Classroom adalah platform pembelajaran online yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah. Ini bertujuan untuk menyederhanakan pembuatan, distribusi, dan penilaian tugas. Itu membuat berbagi file antara guru dan siswa lebih efisien. Google kelas berfungsi dari komputer atau perangkat seluler apa pun.

Banyak guru menemukan fitur penilaian sangat halus, dan aplikasi Google sepenuhnya terintegrasi dengan Kelas, membuat berbagi Google Documents, Slide, dan alat buatan Google lainnya sangat efisien. Ribuan aplikasi yang disetujui pendidik juga berintegrasi dengan Classroom seperti Pear Deck, Kami, dan Quizizz.

Beberapa pengguna belum terbiasa dengan aplikasi ini. Namun, banyak pendidik telah menemukan platform pembelajaran online ini sebagai favorit, dan Pengguna Google Classroom meningkat dua kali lipat selama pandemi menjadi lebih dari 100 juta.

Schoology adalah platform pembelajaran online lain yang patut dihargai. Schoology dirancang khusus dengan mempertimbangkan siswa TK hingga kelas 12. Ini membanggakan menyediakan 200+ alat pendidikan dan integrasi platform, seperti DropBox, Quizlet, dan Infinite Campus.

Schoology membuat penilaian cukup mudah, dan buku telepon bawaan membuat melacak skor mudah. Satu kekurangan untuk mengadopsi Schoology (terutama jika dengan pemberitahuan singkat) adalah bahwa, karena berbagai fitur dan kemungkinan yang ditawarkan, dapat membingungkan baik bagi pendidik dan siswa. Peluncuran bertahap adalah yang terbaik untuk platform pembelajaran online ini.

Kesimpulan

Sementara platform pembelajaran online telah ada selama beberapa dekade terakhir, baru-baru ini mereka telah mengambil momentum yang lebih besar. Siswa di seluruh dunia tetap terhubung dengan guru mereka dari rumah. Ada beberapa pertimbangan penting untuk dipikirkan ketika memilih platform pembelajaran online yang tepat, tetapi dengan adanya ratusan yang tersedia, selanjutnya tergantung dari anda yang mana yang peling tepat untuk digunakan.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.