Instrumen Supervisi Penilaian Hasil Belajar

Setelah melaksanakan supervisi perangkat pembelajaran dan proses pemeblajaran, selanjutnya kita akan melakukan supervisi penilaian hasil belajar peserta didik. Supervisi pelaksanaan penilaian hasil belajar ini dilakukan sebagai bagian dari evaluasi diri sekolah.

Instrumen Supervisi Penilaian Hasil Belajar


Untuk melaksanakan kegiatan ini, pastikan kita membawa perangkat Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik. Gunakan instrumen Supervisi Penilaian Hasil Belajar dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Kita juga dapat memperkaya pemahaman dengan melakukan telaah kisi-kisi soal, telaah soal pilihan ganda, telaah soal uraian, dan telaah soal HOTS.

Contoh Kasus :

Seorang guru SMP yang mengampu mata pelajaran IPS Terpadu memiliki administrasi perangkat penilaian hasil pembelajaran peserta didik (penilaian peserta didik), antara lain buku nilai (yang berisi nilai ulangan harian, nilai UAS, dan nilai tugas). Guru tersebut juga memiliki kumpulan soal, kisi-kisi soal, dan SK kepala sekolah tentang penetapan KKM.

Namun, guru tersebut belum pernah melakukan remidi bagi peserta didiknya yang belum memenuhi nilai KKM. Soal yang dibuat sebagian. Penilaian secara kognitif meliputi tes tulis, tes lisan dan penugasan mandiri.  Sedangkan penilaian afektif dan psikomotorik tidak lengkap.

Berdasarkan kasus tersebut, cermati dan isilah Lembar Supervisi Penilaian Hasil Belajar berikut.

Instrumen Supervisi Penilaian Hasil Belajar

        Nama Sekolah              : .......................................................
        Nama Guru                   : .......................................................
        Kelas/Semester             : .......................................................
        Mata Pelajaran              : .......................................................
        Hari/Tanggal                 : .......................................................

Petunjuk :

Amatilah dokumen penilaian hasil belajar peserta didik yang dimiliki guru. Berilah tanda cek (√) pada kolom 'Ya' bila ada/dilaksanakan, dan pada kolom 'Tidak' bila tidak ada/tidak dilaksanakan.

No
Aspek Yang Diamati
Ya
Tidak
Catatan
1
Dokumen KKM



2
Buku Nilai



3
Melakukan Tes




a.       Penilaian Harian




b.      Penilaian Tengah Semester




c.       Penilaian Akhir Semester



4
Penilaian Sikap




1)      Observasi (jurnal)




2)      Penilaian diri




3)      Penilaian antarpeserta didik



5
Penilaian Pengetahuan




1)      Tes Tulis




2)      Tes Lisan




3)      Penugasan



6
Penilaian Keterampilan




1)      Unjuk kerja/praktik/kinerja




2)      Proyek




3)      Produk




4)      Portopolio



7
Analisis Penilaian Harian



8
Remedial



9
Pengayaan



10
Analisis Butir Soal Penilaian



11
Bank Soal




Jumlah Skor




Catatan :
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

                                                                                                 ....................., .......................................
        Guru yang disupervisi,                                                     Kepala Sekolah,



        .......................................                                                  ..................................................
        NIP.                                                                                  NIP.


Keterangan :   

Nilai = skor perolehan / skor maksimun  x 100

Skor maksimun = 20 

Kriteria : Amat baik (A) : 90 < A ≤ 100,  Baik (B) : 80 < B  ≤ 90,  Cukup (C) : 70 < C   80,   
Kurang (K): ≤70                

Filenya dapat diunduh pada link berikut : Instrumen Supervisi Penilaian Hasil Belajar

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.