Bagaimana Mendukung Pembelajaran Berbasis Proyek di Rumah

Apa itu Pembelajaran Berbasis Proyek?

Pembelajaran berbasis proyek, singkatnya PBL (Projetc Base Learning), menjadi semakin populer di dunia pendidikan. Tidak hanya pembelajaran berbasis proyek dapat bermanfaat di sekolah, ini juga dapat menjadi cara yang luar biasa bagi siswa untuk belajar di rumah. Jadi, apa pembelajaran berbasis proyek ?

Bagaimana Mendukung Pembelajaran Berbasis Proyek di Rumah


Singkatnya, itu adalah ketika siswa belajar melalui proyek-proyek yang melibatkan penyelidikan, tanya jawab, meneliti, dan berkolaborasi untuk menghasilkan produk yang menunjukkan apa yang telah mereka pelajari. Ini adalah metode pengajaran berbasis penelitian yang sering lebih menarik bagi siswa daripada pelajaran tradisional.

Pembelajaran berbasis proyek mungkin membuat khawatir bagi orang tua pada awalnya, jadi penting untuk mendukung orang tua dan siswa melalui proses ini di rumah. Berikut ini adalah cara untuk membantu mendukung siswa dan orang tua dalam penyelenggaraan pembelajaran berbasis proyek mereka di rumah.

Pastikan Bahwa Pembelajaran PBL dapat Dilaksanakan

Penting bagi guru untuk mengingat bahwa tidak semua orang tua dan rumah dilengkapi dengan keterampilan, persediaan, sumber daya, dan teknologi yang sama dengan ruang kelas sekolah. Untuk alasan ini, adalah kunci bagi guru untuk menetapkan harapan yang jelas bagi siswa mereka dan memastikan bahwa harapan ini sesuai dan dapat dicapai.

Untuk memulai, guru harus mengungkapkan kepada orang tua siswa bahwa tidak ada masalah untuk melakukan PBL dengan sempurna di rumah. Kebanyakan orang tua yang bekerja akan merasa kewalahan memikirkan untuk memfasilitasi proyek dengan anak-anak mereka.

Dengan memberi tahu orang tua dan wali bahwa kesempurnaan tidak diharapkan, dan bahwa siswa akan menerima dukungan, guru dapat membuat orang tua lebih nyaman. Guru harus memberikan instruksi sederhana dan jelas kepada orang tua untuk kegiatan pembelajaran berbasis proyek dan menyediakan diri untuk berkomunikasi setiap saat.

Untuk keluarga yang tidak memiliki akses internet atau akses ke perangkat, guru harus meyakinkan keluarga bahwa pilihan lain tersedia seperti buku dan perlengkapan seni. Banyak sekolah akan memungkinkan siswa untuk check-out perangkat elektronik untuk digunakan di rumah. Jika memungkinkan, guru harus membantu siswa yang membutuhkan dalam memperoleh perangkat teknologi. Menggunakan proyek yang tidak membutuhkan teknologi juga merupakan pilihan.

Bagikan Manfaat PBL di Rumah

Cara lain untuk mendorong pembelajaran berbasis proyek di rumah adalah berbagi manfaat dari jenis pembelajaran ini dengan orang tua dan keluarga. Pembelajaran berbasis proyek menawarkan manfaat seperti memberi siswa kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembelajaran langsung. Selain itu, pembelajaran berbasis proyek membuat siswa bersemangat mempelajari informasi baru dan memungkinkan mereka mengambil alih kecepatan belajar mereka dan produk yang mereka pilih untuk dibuat untuk menunjukkan apa yang telah mereka pelajari.

Menurut National Education Association , pembelajaran berbasis proyek menjadikan pembelajaran relevan bagi siswa dengan membantu mereka membuat koneksi ke kehidupan di luar kelas. Siswa dapat menerapkan tujuan baru untuk masalah dunia nyata. Ini juga memberi siswa kesempatan untuk berpikir kreatif dan belajar dengan cara yang berpusat pada siswa.

Jelaskan Bagaimana Orang Tua dapat Memberikan Dukungan

Ketika orang tua dan siswa mulai berpartisipasi dalam pembelajaran berbasis proyek, penting bagi orang tua untuk memahami bagaimana mereka dapat memberikan dukungan kepada anak mereka. Ada beberapa cara di mana orang tua dapat mendukung. Menyiapkan ruang di rumah yang didedikasikan untuk belajar adalah salah satu saran.

Ini memberikan struktur bagi siswa dan memberi mereka tempat yang konsisten dan akrab untuk berpartisipasi dalam pembelajaran setiap hari. Cara lain bagi orang tua untuk mendukung siswa selama pembelajaran berbasis proyek adalah membiasakan diri dengan istilah dan untuk meneliti sumber daya dan gagasan. Berikut ini adalah panduan yang dapat digunakan orang tua.

Panduan ini menjelaskan dasar-dasar pembelajaran berbasis proyek kepada orang tua dan menjelaskan bagaimana jenis pembelajaran ini berpusat pada siswa, di mana siswa dapat mengambil kepemilikan atas pembelajaran mereka.

Berikan Gagasan Proyek

Ada begitu banyak ide untuk pembelajaran berbasis proyek yang dapat dilakukan di rumah. Untuk orang tua yang sudah sibuk dan baru dalam jenis pembelajaran ini, akan sangat membantu bagi guru untuk memberi mereka ide proyek. Beberapa ide termasuk, tetapi tidak terbatas pada:
  • Eat This, Not That - Kegiatan ini mengintegrasikan penulisan, matematika, dan nutrisi dengan meminta siswa meneliti informasi nutrisi tentang makanan dan menggambarkan informasi ini dalam produk yang mereka pilih.
  • Program Daur Ulang - Siswa dapat dengan mudah memulai program daur ulang di rumah dengan meneliti cara mendaur ulang, mendaur ulang bahan di rumah, dan menunjukkannya dengan cara yang mereka pilih. Ini bisa melalui gambar, blog, jurnal, dll.
  • Podcast Siswa - Siswa dapat memilih topik pembelajaran, mendengarkan podcast yang ramah siswa mengenai topik ini, dan membuat podcast mereka sendiri yang mengungkapkan apa yang telah mereka pelajari.
  • Esai Foto - Siswa dapat meneliti gambar-gambar topik melalui internet atau pergi ke dunia dan mengambil beberapa foto. Siswa kemudian dapat menghasilkan tulisan deskriptif yang menjelaskan apa yang telah mereka amati.
  • Rencanakan Proyek Pembelajaran Layanan - Mintalah siswa memilih penyebab (tempat penampungan hewan, tempat penampungan tunawisma, pantry makanan, dll.), Meneliti penyebabnya, berpartisipasi dalam menyediakan layanan (menyumbangkan makanan, menyajikan makanan, hewan berjalan, dll.), Dan melaporkan kembali tentang pengalaman mereka.
Gagasan dan sumber belajar berbasis proyek online tersedia secara luas untuk orang tua dan guru. Ide-ide ini hanya dengan sekali klik. Namun, beberapa keluarga tidak memiliki akses ke internet dan penting bagi para guru untuk memberikan gagasan kepada orang tua untuk mendorong pembelajaran berbasis proyek di rumah. Mendorong siswa dan keluarga mereka untuk memberikan kesempatan belajar berbasis proyek adalah hal yang sangat berharga.

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.