Cara Mengemas Paket Belajar Secara Online

Pembelajaran online, atau biasa juga disebut eLearning, adalah jenis standar pedagogi di dunia saat ini. Guru menggunakan komponen-komponen utama dari kelas yang nyata dan memungkinkan siswa untuk berinteraksi dan saling membantu seperti di kelas manual pada umumnya. Guru menugaskan program studi dan meningkatkan kualitas informasii secara kreatif terhadap masing-masing peserta didik.

Cara Mengemas Paket Belajar Secara Online


Ada banyak tantangan belajar di lingkungan online dan banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika menyelesaikan unit program studi. Mengetahui tujuan akhir dan informasi yang perlu dipertahankan siswa adalah faktor terpenting.

Menyatukan dan Mengkonsolidasikan Informasi Kunci

Adalah penting untuk memberikan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan peluang belajar aktif dalam lingkungan kelas online. Sangat penting untuk menetapkan keterampilan apa yang perlu diajarkan dan apa tujuan untuk penyelesaian program pelajaran. Ada beberapa area yang memungkinkan untuk disatukan, dan ini signifikansi dan penting.

Tujuan paling penting dalam program belajar mengajar adalah untuk memberikan informasi yang bermakna. Ini membutuhkan kreativitas, dan sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengumpulkan ide di bidang ini. Menetapkan dan menyelesaikan tugas bukanlah praktik yang efektif dalam menyelesaikan lingkungan pembelajaran online.

Sama seperti di kelas tradisional mana pun, sangat penting untuk memasukkan berbagai kegiatan dan peluang bagi siswa untuk merasa terhubung dan memberikan jaminan penguasaan keterampilan. Misalnya, di kelas sekolah dasar atau menengah, siswa harus dilibatkan dan mendapatkan relevansi dengan apa yang mereka pelajari.

Menyatukan dan mengkonsolidasikan informasi membutuhkan keterampilan yang diperoleh dan menangkap esensi poin terpenting yang perlu dipertahankan siswa. Selama pembelajaran, siswa harus merasa diberdayakan untuk ingin belajar dan membuat diskusi yang memungkinkan mereka untuk berpartisipasi aktif.

Bagaimana Siswa Dapat Menunjukkan Penguasaan Materi

Siswa menunjukkan pemahaman dan penguasaan dalam berbagai cara di lingkungan pembelajaran online. Salah satu cara utama untuk memastikan penguasaan materi pembelajaran siswa adalah menciptakan peluang bagi siswa untuk menerapkan keterampilan secara terintegrasi.

Contohnya termasuk: proyek, studi kasus atau skenario, menciptakan peluang untuk debat, berbagi, permainan , dan menggabungkan tantangan. Contoh lain tentang bagaimana siswa dapat menunjukkan penguasaan konten adalah menyediakan tugas kelompok kecil dan hasil belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan individu.

Guru yang telah mengajar di lingkungan pembelajaran tradisional dan online selama bertahun-tahun, dan siswa perlu aktif dalam proses pembelajaran dan merasa diperhatikan. Keterlibatan aktif dalam lingkungan pembelajaran online mencakup kegiatan seperti: tugas kelompok, forum, dan menciptakan sumber daya yang dapat mereka manfaatkan.

Untuk datang dengan pemahaman mendasar tentang materi pelajaran, menggabungkan komponen pembelajaran aktif dengan peluang menarik memungkinkan siswa untuk mempertahankan keterampilan yang efektif. Pengalaman online dirancang dengan baik dan didukung sejak awal, dan pemahaman adalah hasil yang efektif dari desain ini. Mereka akan menguasai konten saat mereka berpartisipasi dalam setiap tugas dan menciptakan kembali peluang selama belajar.

Cara Menilai Pembelajaran Online Siswa

Penilaian dalam lingkungan pembelajaran online harus strategis bagi kelompok siswa yang diajar. Rincian eksplisit harus dinyatakan dalam tujuan pembelajaran dan termasuk rubrik yang diharapan. Pemantauan kemajuan melalui penilaian formatif reguler dan umpan balik individual efektif dalam penilaian online.

Contoh penilaian online pembelajaran siswa harus mencakup penilaian formatif selama proses. Kuis pendek, presentasi lisan dan video, demonstrasi keterampilan dan aplikasi juga merupakan langkah penilaian yang efektif untuk mengetahui pemahaman siswa. Umpan balik tepat waktu dan membutuhkan jawaban yang cepat dan reflektif dari siswa juga merupakan metode yang efektif dalam menilai penguasaan konten oleh siswa.

Lingkungan pembelajaran online perlu dipantau secara ketat, dan pemeriksaan penilaian informal seperti sering memeriksa kemajuan siswa, pengiriman pesan langsung, dan waktu pemantauan yang dihabiskan secara online sangat penting untuk menilai kemajuan siswa.

Lingkungan pembelajaran online memerlukan desain strategis dalam menyelesaikan dan menilai proses belajar. Singkatnya, keterlibatan aktif, penilaian formatif cepat dan sering, dan hasil pembelajaran yang diperoleh siswa adalah salah satu komponen paling penting yang termasuk dalam pembelajaran online. Berhasil menyelesaikan program sangat penting untuk penguasaan konten oleh siswa.

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.