Supervisi proses belajar mengajar yang akan dipaparkan di postingan ini adalah mata pelajaran "Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan" dengan Pokok Bahasan Permainan Bola Kecil dan Sub pokok bahasan "..." kelas 9 semester ganjl tahun pelajaran 2019/2020. Supervisi ini didahului dengan kegiatan telaah perangkat pembelajaran.
Hasil Supervisi dikelompokkan kedalam tiga bagian yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup dengan menggunakan instrumen pengamatan pelaksanaan pembelajaran. Adapun alat/bahan yang digunakan pada supervisi ini adalah kamera HP, tripot, sebagai alat dokumentasi dan instrumen supervisi.
Langkah pertama supervisor (kepala sekolah/guru senior terlebih dahulu memasuki kelas untuk mempersiapkan instrumen dokumentasi Selanjutnya melaksanakan kegiatan sebagai berikut:
1. Pengamatan Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan pendahuluan yang dilakukan oleh guru dapat dilihat pada video berikut
Guru telah melaksanakan kegiatan sebagai berikut :
- Membangun sikap religius sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya.
- Membangun motivasi peserta didik untuk belajar.
- Memberikan apresiasi dengan cara menghubungkan materi pembelajaran dengan pengalaman peserta didik
- Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik.
- Menyampaikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran dan kompetensi yang akan dinilai.
Pada kegiatan inti berikut dibagi kedalan dua vidio yang ditayangkan sebagai berikut
a. Penguasaan materi pembelajaran
- menyesuaikan materi pembelajaran dengan tujuan pembelajaran
- Menyajikan pembahasan materi pembelajaran dengan tepat dan lengkapa sesuai dengan konsep yang benar
- mengkaitkan materi pembelajaran dengan pengetahuan lain yang relevan dengan kehidupan sehari hari.
- menyajikan materi secara sistematis (dari materi muda ke yang sulit, dari materi sederhana ke yang kompleks, dari materi konkrik ke yang abstrak atau sebaliknya) sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai peserta didik.
Guru telah melaksanakan :
- Melaksanakan pembelajaran mengikuti kerangka RPP
- Pembelajaran yang dilaksanakan bersifat interaktif yang mendorong munculnya interaksi multi arah, yaitu antara peserta didik, peserta didik dengan guru, dan peserta didik dengan sumber belajar, serta peserta didik dengan lingkungan belajar sehingga memiliki kemampuan komunikatif dan kerja sama yang baik.
- Pembelajaran yang dilaksanakan bersifat inspiratif dan multifaset (variasi proses berpikir C1 - C6 ) untuk memunculkan kebiasaan positif peserta didik yaitu terbangunnya karakter dan berkembangnya keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTs)
- Pembelajaran yang dilaksanakan menarik, menyenangkan, dan membelajarkan
- Pembelajaran yang dilaksanakan menantang sehingga memunculkan kemampuan berpikir kritis
- Pembelajaran yang dilaksanakan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif dan bermakna.
- Pembelajaran yang dilaksanakan memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
- Pembelajaran yang dilaksanakan menumbuhkan dan memperkuat budaya literasi.
- Guru belum mendorong peserta didik untuk mengembangkan keterampilan bertanya untuk membangun kebiasaan mencari tahu.
Guru telah melaksanakan :
- Menunjukkan keterampilan dalam menggunakan media pembelajaran
- Menunjukkan keterampilan dalam menggunakan sumber belajar
- Melibatkan peserta didik dalam memanfaatkan media pembelajaran
- Melibatkan peserta didik dalam memanfaatkan sumber belajar
- Media dan sumber belajar yang digunakan mampu menghasilkan pesan yang menarik dan mengesangkan
Guru belum melaksanakan :
Guru telah melaksanakan :
Guru telah melaksanakan :
- Belum mengakomodasi perkembangan teknologi pembelajaran dengan konsep dan prinsip Techno-pedagogical Content Knowledge (TPACK).
Guru telah melaksanakan :
- Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan guru, peserta didik dengan media dan sumber belajar.
- Memberikan respon positif terhadap partisipasi peserta didik
- Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon peserta didik
- Menunjukkan hubungan pribadi yang kondusif dan konstruktif
- Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme peserta didik dalam pembelajaran
Guru telah melaksanakan :
- Membuat rangkuman dan/atau kesimpulan dengan melibatkan peserta didik.
- Melakukan refleksi pembelajaran ( kebermaknaan pembelajaran untuk perkembangan pribadi peserta didik.
- Penilaian pembelajaran baik lisan maupun tulisan
- Mengumpulkan hasil kerja peserta didik sebagai bahan portofolio
- Memberikan tindak lanjut hasil penilaian ( remediasi/pengayaan)
Pembelajaran yang berpusat pada siswa
BalasHapus