Workshop Membuat Website dari Nol tepat bagi Anda yang ingin membuat website sekolah, website pembelajaran, website personal, website organisasi, portal berita, dan website lainnya. Pastikan Anda bergabung di kegiatan ini! Yuk, langsung cek dan daftar melalui link dibawah ini

Strategi Mengajar agar Peserta Didik Aktif Mendengar

Bagaimana keterampilan anda dalam mendengar? Apakah ada seorang pendengar ayang aktif? Salah satu kualitas terpenting yang dapat dimiliki oeh seorang guru dan siswa adalah kemampuan untuk mendengarkan secara aktif. Agar benar-benar menjadi pendengar yang efektif, Anda harus dapat berkonsenrasi dan fokus pada orang yang berbicara tanpa gangguang dan tampa membuat pikiran anda tidak fokus.

Strategi Mengajar agar Peserta Didik Aktif Mendengar

Seingkali ketika kita mendengarkan sese orang berbicara, pikiran kita mengembara, atau kita hanya setengah mendengarkandan memikirkan apa yang ingin kita katakan selanjutnya. Namun, ketika kita menjadi pendengar yang aktif, kita memparafrasekan apa yang dikatakan orang itu, atau kita mengajukan pertanyaan klarifikasi begitu pembicara selesai berbicara.

Di sini, kita akan melihat beberapa strategi pengajaran yang memungkinkan guru dapat membuat pendengar aktif di dalam kelas. Akan  dipaparkan juga beberapa strategi dan kegiatan pengajaran yang dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa baik di dalam maupun di luar kelas.

Strategi Mengajar Agar Siswa Menjadi Pendengar yang Lebih Baik

Ada beberapa strategi pengajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk membantu siswa menjadi pendengar yang lebih baik. Pertama, latih siswa untuk fokus pada pembicara dan jangan biarkan pikiran mereka berkeliaran. hal ini sulit untuk dilaksanakan, tetapi trik ini mengajar anak-anak atau siswa untuk penuh perhatian ketika pikiran mereka mengembara, dan mengembalikan perhatian mereka kepada pembicara.

Kedua, latih siswa untuk memperhatikan bahasa tubuh mereka. Ketika mereka mendengarkan pembicara berbicara, mintalah siswa memastikan mereka tidak menciptakan sinyal yang salah bahwa mereka tidak mendengarkan, seperti lengan mereka dilipat atau melihat kesekeliling ruangan.

Ketiga, instruksikan siswa untuk meringkas apa yang dikatakan pembicara, atau mengajukan pertanyaan klarifikasi begitu pembicara telah berhenti berbicara. Semua strategi ini akan menunjukkan kepada pembicara bahwa siswa adalah pendengar yang aktif.

Kegiatan Kelas untuk Membangun Keterampilan Mendengarkan

Ada banyak cara untuk menciptakan kegiatan menarik yang akan membantu siswa fokus pada keterampilan mendengarkan mereka. Berikut beberapa kegiatan efektif yang bisa dilakukan di ruang kelas.

Dengarkan Frase Tersembunyi

Kegiatan ini akan fokus pada peningkatan kemampuan siswa untuk mendengarkan dengan niat yang terencana. Tujuan dari kegiatan ini adalah bagi siswa untuk secara aktif mendengarkan ungkapan tersembunyi. Cara kerjanya sebagai berikut. Pertama, Guru harus menyiapkan berbagai frasa tersembunyi sebelum melaksanakan pembelajaran dikelas dan memastikan bahwa cukup waktu untuk masing-masing kelompok berbeda.

Selanjutnya, pasangkan siswa bersama untuk membuat dialog menggunakan frasa rahasia yang guru berikan kepada mereka. Misalnya, jika frasa tersembunyi adalah "Saya suka bermain sepakbola," maka siswa akan membuat dialog singkat menggunakan frasa "Saya suka bermain sepak bola" di dalamnya.

Kuncinya meminta siswa membuat dialog di seputar frase tersembunyi yang akan membuat siswa lain mendengarkan dengan niat. Setelah mereka membuat dialog singkat menggunakan frasa, mereka harus menyampaikannya kepada teman sekelas mereka untuk melihat kelompok mana yang dapat menemukan frasa tersembunyi tersebut.

Setiap kelompok yang menebak dengan benar mendapat satu poin. Jika tidak ada yang bisa menebak frasa tersembunyi dengan benar, maka group yang menulis dialog mendapatkan  poin. Penting untuk mendorong siswa menggunakan ekspresi saat berbicara dialog untuk membantu teman mereka menebak kalimat tersembunyi dengan lebih mudah.

Dengarkan Berulang-ulang

Kegiatan ini berfokus pada peningkatan kemampuan siswa untuk mendengarkan suara atau kata tertentu.  Ini membantu mereka untuk mendengarkan suatu tujuan. Mendengarkan dengan tujuan membantu siswa mengembangkan keterampilan mendengarkan mereka dengan lebih baik.

Untuk kegiatan ini, siswa harus mendengarkan bunyi berulang. Guru dapat melaksanakan permainan ini dalam kelompok, dimana masing-masing tim bersaing satu sama lain, atau berpasangan.

Mendengarkan adalah kegiatan memperhatikan dan benar-benar meluangkan waktu untuk mendapatkan makna dari sesuatu yang didengar.  Dengan terlibat dalam berbagai kegiatan seperti yang disebutkan diatas, siswa akan terus mengembangkan keterampilan mendengarkan mereka.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.