Keterampilan STEM Abad 21 yang Harus Diketahui Siswa

Siswa yang hidup diabad ke-21 ini, ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki untuk mencapai keberhasilan di masa depan:  Keterampilan seperti kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah. Sebagai guru, tidak hanya mempersiapkan siswa, tertapi membekali mereka dengan keterampilan penting ini yang akan membantu mereka berhasil dalam karier dan kehidupan mereka.

Keterampilan STEM Abad 21 yang Harus Diketahui Siswa


Saat ini ruang-ruang kelas harus berfokus pada pendidikan STEM (Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika), karena kebutuhan keterampilan ini meningkat dengan cepat. Agar para anak didik kita memiliki masa depan yang sukses, mereka harus mahir dalam keterampilan ini.

Ada beberapa keterampilan STEM yang perlu diketahui oleh siswa, sehingga mereka dapat berhasil di bidang STEM dimasa mendatang.

Pemecahan masalah dalam STEM

Kemampuan memecahkan masalah adalah keterampilan yang harus dimiliki setiap siswa. Bidang apa pun yang dimasuki seorang siswa, pihak yang menggunakan kompetensinya misalnya pengusaha  akan mengharapkan mereka untuk dapat menyelesaikan suatu masalah. Pengusaha bukan satu-satunya yang akan mengharapkan keterampilan ini dari siswa, masyarakat pada umumnya membutuhkannya. Setiap orang akan menghadapi masalah setiap hari, namun ada beberapa orang lain mungkin  lebih kompleks.

Agar terampil memecahkan masalah, siswa membutuhkan banyak kesempatan berlatih dalam keterampilan ini. Cobalah dan berikan siswa masalah dunia nyata untuk dipecahkan. Semakin banyak siswa diberikan latihan, maka semakin baik kemampuan mereka dalam menyempurnakan keahliannya dimasa depan.

Berpikir Kritis

Keberhasilan dalam STEM tidak hanya bergantung pada kemampuan memecahkan masalah, tetapi juga pada kemampuan untuk berpikir kritis dan menerapkan konsep untuk memecahkan masalah. Pendidikan STEM adalah tempat siswa berusaha mencari solusi untuk masalah, dan untuk melakukan kegiatan itu, mereka harus menggunakan keterampilan berpikir kritis mereka.

Berpikir kritis ini lebih dari sekedar membuat siswa memecahkan masalah kata. Mengadakan debat atau diskusi kelas, menantang siswa untuk memecahkan masalah dunia nyata melalui pembelajaran berbasis proyek, dan memberikan siswa waktu untuk merefleksikan pengalaman dan kegiatan mereka adalah cara yang bagus bagi mereka untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka.

Fleksibilitas

Fleksibilitas adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi baru. Ini adalah keterampilan yang siswa akan banyak gunakan dalam kehidupan mereka. Salah satu cara muda untuk mengembangkan keterampilan ini pada siswa adalah dengan menggunakan berbagai format yang berbeda pada suatu ujian.

Misalnya, pada satu kegiatan evaluasi/ujian, berikan siswa soal-soal yang bervariasi seperti pertanyaan benar/salah, pilihan ganda, dan esai. Seorang siswa yang dapat dengan mudah melakukan ini akan dianggap memiliki keterampilan fleksibilitas yang baik.

Cara lain yang menyenangkan untuk mengembangkan keterampilan ini adalah meminta siswa memainkan aplikasi pendidikan di gadget misalnya iPad atau tablet. Banyak dari aplikasi ini yang mengharuskan pengguna untuk menggeser permainan mereka di setiap level yang dimajukan. Siswa tidak hanya akan belajar menjadi fleksibel, tetapi mereka juga akan menggunakan keterampilan berpikir kritis mereka untuk membantu mereka memecahkan masalah untuk maju dalam permainan.

Interpretasi data

Interpretasi data adalah kemampuan bagi siswa untuk dapat membuat keputusan berdasarkan data ilmiah, tidak hanya pikiran atau perasaan mereka pada topik. Siswa dapat mengembangkan keterampilan ini dengan mengumpulkan, menganalisis, dan memafsirkan data pada berbagai hal yang berbeda seperti membaca grafik, tabel, kemudian menganalisis data.  Ajaklah siswa untuk sering berlatih, semakin mereka menggunakan keterampilan ini, semakin mudah bagi mereka untuk menafsirkan data di masa depan.

Kreativitas dan Inovasi

Mengajar siswa untuk mampu berpikir yang tidak biasa atau pemikiran yang mengandung inovasi  adalah salah satu dari banyak cara yang bisa dapat dilakukan untuk dapat memastikan siswa menggunakan kreativitas mereka dan menjadi inovatif. Guru dapat memupuk kreativitas siswa mereka dengan memberi mereka banyak kemampuan untuk menjadi inovatif.

Jika siswa memiliki ide, izinkan mereka untuk menjalankannya. Ajukan kepada mereka pertanyaan terbuka, dan izinkan siswa untuk memberikan solusi mereka sendiri berdasarkan pemikiran dan ide mereka sendiri.

Menjadi inovatif adalah apa yang akan membantu siswa membedakan mereka dari orang lain di masa depan. Semakin banyak kesempatan yang diberikan guru kepada siswa untuk berpikir sendiri, dan berjalan dengan ide-ide mereka, siswa akan lebih nyaman dengan berbagi ide-ide mereka.

Singkatnya, guru perlu mempersiapkan siswa untuk siap menghadapi apa pun. Sebagian besar guru sedang mempersiapkan siswa mereka untuk melakukan pekerjaan yang bahkan belum ada. Sementara pengetahuan dalam semua keterampilan ini dapat digunakan sepanjang kehidupan siswa, memberikan mereka keterampilan dasar STEM (seperti kemampuan untuk berpikir kritis dan menyelesaikan masalah) akan membantu mereka untuk berhasil di dunia kerja serta memiliki masa depan yang cerah.

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.