Menanamkan Nilai Sportivitas Olahraga pada Siswa

Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia juga dapat dipakai sebagai kesempatan untuk menanamkan nilai-nilai olahraga seperti nilai sportivitas, disiplin dan kerja keras kepada anak Indonesia.

Panitia Asian Games menggelar edukasi nilai-nilai sportivitas olahraga pada anak-anak sekolah dasar sekolah menengah pertama dengan menagadakan kinjungan ke beberapa sekolah yang terpilih dengan kegiatan yang bertajuk Asian Games Goes to school. (kompas.id,04/05/2018).

Dalam rangka menyambut Asian Games 2018 yang akan berlangsung pada Agustus mendatang, peran serta anak Indonesia dalam kegiatan ini sangatlah penting dan diharapkan dapat turut terlibat dalam menyukseskan Asian Games 2018.

Selain untuk mengajak anak Indonesia terlibat dalam Asian Games, kegiatan ini juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai olahraga kepada anak-anak Indonesia. Hal ini penting karena terdapat banyak nilai positif dari olahraga yang dapat embentuk karakter pemimpin dalam diri anak Indonesia yang merupakan calon penerus bangsa.

Olahraga merupakan bagian yang esensial dari pendidikan. Sebab, pendidikan menumbuhkan bukan hanya aspek intelektual, tetapi juga fisik, sosial dan emosional. Olahraga tidak hanya mengajarkan kekuatan jasmani, tetapi juga sportivitas, kerja sama, kepercayaan diri, menetapkan target, dan strategi yang semuanya bisa dimanfaatkan optimal untuk perkembangan anak secara utuh.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada Asian Games Goes to School diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi anak Indonesia. Asia Games 2018 dapat memberikan dampak yang sangat positif bagi anak Indonesia karena bisa menjadi inspirasi dan sumber belajar tentang nilai-nilai yang penting dari olahraga, yang bukan anya kekuatan fisik, tetapi juga kecerdasan intelektual berkait strategi permainan, kecerdasan sosial-emosional saat menghadapi tekanan, dan lain-lain.

Tidak semua anak-anak akan berprestasi di bidang olahraga, tetapi pembiasaan hidyup sehat, apresiasi terhadap kerja keras dan juga kebanggaan sebagai warga negara bisa tumbuh dari perhelatan kegiatan seperti Asian Games.

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.