Workshop Membuat Website dari Nol tepat bagi Anda yang ingin membuat website sekolah, website pembelajaran, website personal, website organisasi, portal berita, dan website lainnya. Pastikan Anda bergabung di kegiatan ini! Yuk, langsung cek dan daftar melalui link dibawah ini

Meningkatkan Kemampuan Menghapal Melalui Kegiatan Menggambar

Menggambar dapat membantu siswa mengingat detail suatu topik, para peneliti telah menemukan, bahkan jika mereka membuat sketsa dengan cepat saat membuat catatan tertulis.

cara menghapal melalui gambar

Telah lama ada hubungan antara visualisasi dan seni yang berasal dari Roma kuno dan Yunani ketika mendongeng dikaitkan dengan serangkaian objek dalam aktivitas yang disebut istana memori . Saat ini, ketika para ahli menawarkan tip untuk membantu orang dewasa mengingat nama atau barang lain, mereka sering menyarankan agar mereka memvisualisasikan sesuatu tentang penampilan orang atau barang yang terkait dengan nama tersebut.

Tetapi para peneliti Kanada dalam serangkaian eksperimen telah menemukan hubungan yang lebih langsung yang menghubungkan proses menggambar dengan peningkatan memori.

Bagaimana Menggambar dapat Membantu Menghafal?

Dalam beberapa eksperimen di Laboratorium Ilmu Saraf Kognitif Universitas Waterloo, para peserta diminta untuk menulis atau menggambar item dari daftar kata. Hasilnya, yang diterbitkan dalam Quarterly Journal of Experimental Psychology, menunjukkan bahwa siswa yang menggambar mampu mengingat kata-kata yang telah digambar dengan lebih baik daripada yang hanya menuliskannya.

Hal itu mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa anak-anak berusia enam tahun yang diminta menggambar apa yang terjadi selama suatu peristiwa melaporkan lebih detail dengan lebih akurat daripada mereka yang hanya berbicara tentang apa yang terjadi, terutama dalam menanggapi pertanyaan verbal.

Penelitian yang lebih baru mendukung keduanya dan mengatakan bahwa "eksplorasi sistematis keefektifan menggambar sebagai strategi encoding" menunjukkan "keunggulan besar dan andal dalam performa memori untuk item yang sebelumnya digambar relatif terhadap yang ditulis ..."

“Menggambar stimulus yang harus diingat lebih baik daripada menuliskannya, terlepas dari apakah orientasi pengkodean menginstruksikan peserta untuk menekankan detail atau pengulangan. Selanjutnya, efek ini direplikasi dalam pengaturan kelompok besar yang valid secara ekologis, ”para peneliti menemukan.

Mereka juga menemukan bahwa menggambar lebih unggul daripada pemrosesan tingkat dalam, citra visual, atau melihat gambar untuk pengkodean. Eksperimen lain menunjukkan bahwa menggambar membantu dengan daftar item yang panjang dan durasi encoding yang pendek.

“Kami berpendapat bahwa mekanisme yang mendorong efeknya adalah bahwa terlibat dalam menggambar mempromosikan integrasi tanpa batas dari banyak jenis kode memori, termasuk elaborasi, citra visual, aksi motorik dan memori gambar menjadi satu jejak memori yang kohesif, dan inilah yang memfasilitasi pengambilan nanti dari kata-kata yang dipelajari. "

Bisakah Semua Siswa Mendapat Manfaat dari Menggambar?

Para ahli mengatakan bahwa proses menggambar suatu item mengharuskan siapa pun, apa pun gaya belajar mereka, menempatkan subjek dalam bentuk yang berbeda dan bahwa "terjemahan" dan "elaborasi" pada subjek melalui gambar menanamkannya dalam memori. Selain itu, siswa yang mendengarkan guru bersifat pasif dan dapat terganggu, tetapi tindakan menggambar melibatkan mereka dan membutuhkan aktivitas fisik, yang mendukung daya ingat.

Ingatan menjadi lebih kuat ketika ada lebih banyak koneksi saraf yang dibuat di otak, dan menggambar meningkatkan proses itu karena kita menciptakan koneksi tingkat seluler dengan tiga cara - dengan memikirkan topik, menggambarnya dan mempertimbangkan maknanya secara lebih rinci, dan memikirkannya. bagaimana gambar dan subjek berhubungan.

Beberapa ahli juga percaya bahwa menggambar menghindari kekhawatiran tentang gaya belajar ketika digunakan dalam pengajaran karena memungkinkan siswa untuk menggunakan keterampilan terkuat mereka sejak subjek menjadi visual, fisik, dan terkait dengan kata-kata.

Cara Memanfaatkan Menggambar di Kelas

Berikut adalah beberapa gagasan untuk menggunakan gambar untuk membantu siswa mengingat fakta:

  • Ketika siswa membuat catatan, mungkin berguna untuk meminta mereka menggambar materi pelajaran sesekali, menciptakan materi interaktif, terutama tentang poin-poin penting. Ini akan membantu mereka menyerap informasi pada saat itu, memecah kebosanan proses belajar, dan berguna saat mereka mengulas materinya nanti. Bahkan sketsa kecil yang cepat dengan catatan juga bagus.
  • Terkadang sulit untuk menunjukkan manfaat dari karyawisata atau kegiatan langsung, tetapi meminta siswa menangkap beberapa pengalaman belajar penting dari kegiatan semacam itu dalam sebuah gambar mungkin membuat peristiwa tersebut lebih berharga.
  • Fakta sejarah selalu menjadi item yang muncul di pikiran kita ketika kita memikirkan tentang menghafal dalam pendidikan, dan akan sangat membantu jika siswa menafsirkan suatu peristiwa dengan satu atau serangkaian gambar yang menggambarkan peristiwa tersebut, dengan memperhatikan signifikansinya.
  • Bahkan dalam matematika, masih ada peluang. Selama bertahun-tahun, pendidik telah menjelaskan penjumlahan dan pengurangan menggunakan gambar, dan animator telah membuat prosedur matematika yang lebih kompleks menjadi hidup. Siswa dapat ditantang untuk berpikir tentang matematika - terutama rumus berulang - dengan cara yang lebih visual dalam gambar.
  • Data semakin penting, dan meskipun ada banyak perangkat lunak yang memungkinkan siswa membuat grafik atau bagan, representasi data yang digambar tangan juga membantu. Bagan dengan grafik atau dibuat dari gambar dapat membuat prosesnya lebih menarik.
  • Beberapa guru meminta siswa membuat buku tentang suatu topik, meminta mereka untuk mengembangkan narasi dengan fakta tetapi juga gambar yang berhubungan dengannya.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.