Beberapa Hal Penting dalam Mengajarkan Keterampilan Menggunakan Peta

Pentingnya Mengajar Keterampilan Peta

Di zaman smartphone dan tablet saat ini, mungkin banyak orang yang bertanya-tanya: apa pentingnya mengajarkan keterampilan peta kepada siswa? Jika seseorang mencoba pergi ke suatu tempat, bukankah lebih mudah untuk mengetik tujuan dan membiarkan alat teknologi menyelesaikannya? Mungkin untuk perjalanan melintasi kota ke toko yang belum pernah dikunjungi sebelumnya sangat tepat, tetapi peta dapat bermanfaat lebih banyak untuk anak-anak atau siswa.

Beberapa Hal Penting dalam Mengajarkan Keterampilan Menggunakan Peta

Peta kelebihannya lebih dari sekedar sistem GPS. Sebagai seorang guru, mungkin bisa menemukan bahwa siswa tidak memiliki konsep ukuran ketika harus membandingkan satu fitur geografis dengan yang lain. Banyak yang mengira bahwa Texas dan Alaska kira-kira berukuran sama dengan banyak negara bagian lain di AS

Peta tidak hanya penting ketika mengajarkan tentang pengenalan spasial tetapi juga masalah global seperti perubahan iklim. Siswa sebenarnya dapat menggunakan peta suhu rata-rata untuk melihat tren suhu di bagian dunia seperti lapisan es kutub. Siswa kemudian dapat menggunakan informasi ini saat mempelajari migrasi hewan atau pola kepunahan. Anak-anak benar-benar dapat melihat dunia berubah dalam hal kekuatan politik ketika kelompok-kelompok seperti Romawi dan Inggris memperluas pengaruh mereka dan menjajah berbagai wilayah dunia.

Yang Perlu dalam Mengajar Keterampilan Peta

Dimana/posisi di Dunia?

Salah satu aktivitas peta "pergi ke" yang digunakan sebagai guru geografi adalah apa yang disebut "Di mana di Dunia?" Kegiatan ini mencakup pemberian informasi demografis dasar kepada siswa tentang sekelompok orang yang hidup pada suatu waktu dalam sejarah. Apakah orang-orang nomaden atau pemburu / pengumpul, pertanian atau industri?

Mengingat demografi dan periode waktu tertentu, siswa diminta untuk mempelajari peta geografis fisik dan memutuskan di belahan dunia mana yang akan menjadi wilayah terbaik untuk tinggal. Kelompok siswa kemudian akan mempresentasikan temuan dan keputusan mereka di depan kelas. Kelas dapat mengajukan pertanyaan dan kemudian memberikan suara pada kelompok. Ini tidak hanya membuat siswa tertarik pada peta tetapi juga memberi mereka keterampilan berbicara / presentasi di depan umum.

Aktivitas Kartografer ( Ahli Peta )

Kegiatan lain yang sangat disukai siswa adalah kegiatan kartografer. Dalam kegiatan ini kita bisa memberi siswa peta sejarah awal untuk wilayah seperti Amerika atau wilayah lain. Siswa akan mengambil peta itu dan peta terkini dan membandingkan / mengontraskan kedua peta dan mendiskusikan apa yang benar oleh kartografer (kebanyakan bepergian dengan perahu dan darat) dibandingkan dengan peta terkini di area yang sama.

Kegiatan ini merupakan titik awal yang bagus untuk diskusi seputar waktu yang dibutuhkan para kartografer awal untuk menggambar peta ini serta sumber daya terbatas yang dimiliki kartografer dibandingkan dengan alat yang kita gunakan saat ini seperti citra satelit.

Sejarah Militer dan Misi Mereka

Aktivitas besar ketiga menggabungkan para pemimpin / negara militer yang secara historis agresif dan upaya mereka untuk menjajah / mengambil alih wilayah yang luas di dunia. Siswa bisa mempelajari peta yang menunjukkan perluasan masyarakat di bawah para pemimpin seperti Gengis Khan, Kaisar Trajan, Napoleon Bonaparte, Benjamin Disraeli, Adolph Hitler, dll. Apa yang menyebabkan perluasan tersebut? Apa yang menyebabkan jatuhnya ekspansi semacam itu? Apakah orang-orang lokal bertanggung jawab atas jatuhnya kekaisaran atau apakah fitur fisik yang bertanggung jawab (pikirkan musim dingin Rusia selama Perang Dunia II yang menghentikan pawai Nazi di Rusia)?

Latihan ini tidak hanya membantu mengembangkan keterampilan membaca peta, tetapi juga membawa diskusi tentang kemanusiaan ke dalam permainan. Ini adalah alat yang ampuh untuk digunakan dalam kelas studi sosial yang dapat menggabungkan keterampilan peta dengan diskusi ilmu politik.

Bagaimana Sebuah Negara Berubah

Peta adalah sumber yang bagus untuk mempelajari sejarah misalnya AS. Pikirkan tentang peta Amerika Serikat dan bagaimana peta itu akan berubah antara tahun 1776 dan 1860. Siswa dapat melihat bagaimana orang Amerika Eropa berkembang ke arah barat selama waktu ini. Siswa dapat menganalisis pembelian yang dilakukan pemerintah AS yang baru dengan negara lain untuk mendapatkan bagian yang lebih besar di Amerika Serikat dan bagaimana pembelian tersebut memengaruhi kelompok-kelompok seperti penduduk asli Amerika dan Hispanik. Bagaimana presiden seperti Thomas Jefferson dan James Monroe terlibat dalam ekspansi? Bagaimana populasi asli diperlakukan selama setiap pembelian atau penaklukan besar-besaran?

Sumber Daya Negara

Jika kita memiliki kelas siswa yang lebih muda, kitra dapat menggunakan peta sumber daya negara misalnya Amerika Serikat sekitar pergantian abad ke-20. Kita dapat membagi siswa menjadi kelompok-kelompok yang memberikan setiap kelompok sebuah wilayah di Amerika Serikat. Kelompok itu akan mengeksplorasi berbagai sumber daya di kawasan itu dan bagaimana kawasan itu berkontribusi pada pasokan sumber daya untuk bagian lain negara. Pikirkan tentang bagaimana daerah diberi nama: Sabuk Jagung, Sabuk Kapas, Sabuk Buah, dan Sabuk Gandum hanyalah beberapa contoh. Apa yang membuat daerah ini ideal untuk menanam tanaman ini? Bagaimana tanaman dipanen dan diangkut ke bagian lain Amerika Serikat?

Ini hanyalah beberapa contoh kegiatan yang dapat digunakan di kelas agar siswa dapat berinteraksi dengan peta. Peta adalah dokumen kuat yang mengajarkan siswa di kelas tentang sejarah dunia dan seberapa banyak bumi telah berubah dalam waktu yang relatif singkat.

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.