Workshop Membuat Website dari Nol tepat bagi Anda yang ingin membuat website sekolah, website pembelajaran, website personal, website organisasi, portal berita, dan website lainnya. Pastikan Anda bergabung di kegiatan ini! Yuk, langsung cek dan daftar melalui link dibawah ini

10 Strategi Pengajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Siswa

Salah satu komponen utama abad ke-21 yang guru ingin siswanya gunakan adalah pemikiran tingkat tinggi. Ini adalah saat siswa menggunakan cara-cara kompleks untuk memikirkan tentang apa yang mereka pelajari.

10 Strategi Pengajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Siswa

Pemikiran tingkat tinggi membawa pemikiran ke tingkat yang sama sekali baru. Siswa yang menggunakannya memahami tingkat yang lebih tinggi daripada hanya menghafal fakta. Mereka harus memahami fakta, menyimpulkan, dan menghubungkannya dengan konsep lain.

Berikut adalah 10 strategi pengajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada siswa Anda.

1. Membantu Menentukan Bagaimana Pemikiran Tingkat Tinggi itu

Bantulah siswa memahami apa itu pemikiran tingkat tinggi . Jelaskan kepada mereka apa itu dan mengapa mereka membutuhkannya. Bantulah mereka memahami kekuatan dan tantangan mereka sendiri. Anda dapat melakukan ini dengan menunjukkan kepada mereka bagaimana mereka dapat mengajukan pertanyaan yang bagus kepada diri sendiri. Itu membawa kita ke strategi selanjutnya.

2. Hubungkan Konsep

Pimpin siswa melalui proses bagaimana menghubungkan satu konsep dengan konsep lainnya. Dengan melakukan ini, Anda mengajar mereka untuk menghubungkan apa yang sudah mereka ketahui dengan apa yang mereka pelajari. Tingkat pemikiran ini akan membantu siswa belajar membuat koneksi kapan pun memungkinkan, yang akan membantu mereka mendapatkan lebih banyak pemahaman. Misalnya, konsep yang mereka pelajari adalah "Tahun Baru China". Konsep yang lebih luas lagi adalah "Liburan".

3. Latih Siswa untuk Menyimpulkan

Ajari siswa untuk membuat kesimpulan dengan memberi mereka contoh "dunia nyata". Anda dapat memulai dengan memberikan gambar kepada siswa tentang orang-orang yang sedang mengantri di dapur umum. Minta mereka untuk melihat gambar dan fokus pada detailnya. Kemudian, mintalah mereka membuat kesimpulan berdasarkan apa yang mereka lihat dalam gambar. 

Cara lain untuk mengajar siswa muda tentang bagaimana menyimpulkan adalah dengan mengajarkan konsep yang mudah seperti cuaca. Mintalah siswa untuk mengenakan jas hujan dan sepatu bot mereka, kemudian minta mereka untuk menyimpulkan menurut mereka seperti apa cuaca di luar.

4. Dorong Siswa untuk Bertanya

Ruang kelas tempat siswa merasa bebas untuk mengajukan pertanyaan tanpa reaksi negatif dari teman atau guru mereka adalah ruang kelas tempat siswa merasa bebas untuk berkreasi. Imbaulah siswa untuk mengajukan pertanyaan, dan jika karena alasan tertentu Anda tidak dapat menjawab pertanyaan mereka selama di kelas, tunjukkan kepada mereka bagaimana mereka dapat menjawabnya sendiri atau minta mereka menyimpan pertanyaan tersebut hingga hari berikutnya.

5. Gunakan Graphic Organizers

Penyelenggara grafis memberi siswa cara yang bagus untuk membingkai pemikiran mereka secara terorganisir. Dengan menggambar diagram atau peta pikiran, siswa dapat lebih menghubungkan konsep dan melihat hubungan mereka. Ini akan membantu siswa mengembangkan kebiasaan menghubungkan konsep.

6. Ajarkan Strategi Pemecahan Masalah

Ajari siswa untuk menggunakan metode langkah demi langkah untuk memecahkan masalah. Cara berpikir tingkat tinggi ini akan membantu mereka memecahkan masalah dengan lebih cepat dan lebih mudah. Dorong siswa untuk menggunakan metode alternatif untuk memecahkan masalah serta menawarkan mereka metode pemecahan masalah yang berbeda.

7. Mendorong Berpikir Kreatif

Berpikir kreatif adalah ketika siswa menemukan, membayangkan, dan merancang apa yang mereka pikirkan. Menggunakan indra kreatif membantu siswa memproses dan memahami informasi dengan lebih baik. Penelitian menunjukkan bahwa ketika siswa menggunakan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang kreatif , hal itu meningkatkan pemahaman mereka. Imbaulah siswa untuk berpikir “di luar kepala”.

8. Gunakan Alam Pikiran

Ketika konsep yang sedang dipelajari sulit, dorong siswa untuk membuat film dalam pikiran mereka. Ajari mereka untuk menutup mata dan membayangkannya seperti pemutaran film. Cara berpikir tingkat tinggi ini akan benar-benar membantu mereka memahami dengan cara yang kuat dan unik.

9. Ajarkan Siswa untuk Menguraikan Jawaban Mereka

Pemikiran tingkat tinggi menuntut siswa untuk benar-benar memahami suatu konsep, bukan mengulang atau menghafalnya. Imbaulah siswa untuk menguraikan jawaban mereka dengan mengajukan pertanyaan yang tepat yang membuat siswa menjelaskan pemikiran mereka secara lebih rinci.

10. Latih siswa dengan QARs

Question-Answer-Relationships, atau QARs, mengajarkan siswa untuk memberi label jenis pertanyaan yang ditanyakan dan kemudian menggunakan informasi tersebut untuk membantu mereka merumuskan jawaban. Siswa harus menguraikan apakah jawabannya dapat ditemukan dalam teks atau online atau jika mereka harus mengandalkan pengetahuan mereka sendiri sebelumnya untuk menjawabnya. 

Strategi ini terbukti efektif untuk pemikiran tingkat tinggi karena siswa menjadi lebih sadar akan hubungan antara informasi dalam teks dan pengetahuan mereka sebelumnya, yang membantu mereka menguraikan strategi mana yang akan digunakan ketika mereka perlu mencari jawaban.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.