Cara Membuat Klub Buku Virtual Untuk Siswa

Sudah diketahui bahwa membaca sangat bermanfaat bagi anak-anak sejak lahir dan berlanjut sepanjang kehidupan mereka. Ini adalah dasar untuk mempelajari setiap mata pelajaran dan merupakan salah satu alat terbaik yang dapat digunakan pendidik untuk membekali siswanya. Menurut “ The Joy and Power of Reading ”, “Anak-anak yang secara rutin membaca dari hari ke hari — dan tenggelam dalam perbincangan yang kaya tentang buku dan berbagai aktivitas yang mereka lakukan — berkembang pesat.” 

Cara Membuat Klub Buku Virtual Untuk Siswa

Klub buku adalah salah satu cara untuk membuat siswa membaca, berbicara, dan memikirkan tentang teks. Di bawah ini adalah beberapa saran tentang cara membuat klub buku virtual Anda sendiri untuk siswa.

Pilihan Siswa Saat Memilih Buku

Kate DiCamillo, seorang penulis populer, pernah berkata , “Membaca tidak boleh disajikan kepada seorang anak sebagai tugas, tugas. Itu harus ditawarkan sebagai hadiah. " Memberi siswa pilihan tentang jenis buku yang mereka baca sangat penting. Pikirkan tentang bagaimana siswa membaca sebagai orang dewasa. 

Saat memilih buku untuk digunakan dengan memilih mulai dari genre, pengarang, atau subjek yang disukai. Jauh lebih sulit untuk membaca jika tidak menyukai bukunya. Hal yang sama berlaku untuk anak-anak. Biarkan mereka berbicara sebanyak mungkin saat memilih buku. 

Ambil suara kelas atau tawarkan beberapa judul dan tempatkan siswa dalam kelompok berdasarkan teks yang mereka pilih. Kita akan menemukan bahwa siswa jauh lebih mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan mereka ketika mereka memiliki rasa kepemilikan dan minat dalam tugas mereka.

Dorong Siswa untuk Mengenal Satu Sama Lain

Setelah menetapkan pengelompokan klub buku (apakah itu satu buku yang dibaca secara keseluruhan atau beberapa buku dalam kelompok yang lebih kecil), dorong siswa untuk saling mengenal. Bagi kebanyakan siswa, jauh lebih mudah untuk berbicara dengan teman yang mereka kenal dan percaya daripada dengan orang asing. 

Mulailah sesi klub buku pertama dengan permainan pemecah es, mintalah siswa memposting kolase perkenalan, atau minta setiap siswa memposting Flipgrid yang membagikan dua fakta menarik tentang diri mereka. Membuat koneksi satu sama lain akan membantu memfasilitasi better discussion di seluruh klub buku dan secara umum sepanjang pengalaman eLearning mereka.

Biarkan Siswa Memimpin

Banyak hal dapat diperoleh dengan membiarkan siswa memimpin diskusi. Tentu, memiliki pertanyaan atau pokok pembicaraan sangat membantu untuk memandu percakapan. Tetapi biarkan anak-anak berbicara tentang apa yang membuat mereka bersemangat dalam teks. Jika siswa menghabiskan seluruh diskusi pada satu bagian teks, biarkan mereka.

 Jika mereka beralih keluar dari pertanyaan awal dan pergi ke rute yang berbeda sama sekali, biarkan mereka. Hal ini membantu siswa menjadi kontributor yang percaya diri dan menghilangkan kebutuhan untuk memotong siswa untuk menyelesaikan sejumlah pertanyaan yang ditentukan yang mungkin tidak tertarik untuk didiskusikan.

Dapatkan Hasil Maksimal dari Waktu yang Digunakan

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari klub buku, penting bagi pendidik untuk menyiapkan siswanya. Tentukan bagian dari buku yang perlu diselesaikan. Sediakan video, lembar kerja, atau situs web kepada siswa yang dapat mereka tinjau sebelumnya. 

Hal ini tidak hanya memberi mereka bimbingan dan tujuan untuk menyelesaikan bacaan tetapi juga lebih mempersiapkan mereka untuk diskusi yang akan datang. Siswa yang lebih siap akan berkontribusi lebih banyak dan dengan demikian mengambil lebih banyak dari klub virtual mereka. Siapkan siswa untuk sukses sehingga mereka dapat dengan mudah berhasil.

Memanfaatkan Pertanyaan Teks-ke-Diri Sendiri

Agar siswa memperoleh keterampilan yang mereka butuhkan tidak hanya untuk membaca tetapi untuk memahami, siswa memerlukan strategi untuk membantu mereka memantau diri sendiri. Membaca dengan strategi membantu pembaca memantau pemikiran mereka dan membuat hubungan antara mereka sendiri, teks lain, dan dunia. 

Siswa secara aktif berpikir ketika mereka membuat koneksi, dan ini membuat pembaca dan pengalaman membaca lebih terlibat. Sediakan bagi siswa pertanyaan teks-ke-diri yang dapat mereka ajukan selama membaca bagian-bagian buku. Atau, mintalah siswa menuliskan pertanyaan yang mereka tanyakan pada diri mereka sendiri saat membaca dan membawa pertanyaan tersebut ke dalam diskusi. Pertanyaan teks ke diri sendiri dapat digunakan dalam berbagai cara dan sangat membantu untuk menjaga siswa tetap fokus pada teks.

Tekankan Persiapan sebagai Bagian dari Partisipasi

Untuk memiliki klub buku virtual yang sukses, siswa harus mempersiapkan diri. Jika siswa merasa mudah di lingkungan kelas untuk duduk dan membiarkan orang lain yang berbicara, ini bisa lebih mudah dalam pengaturan virtual. Sebagai pendidik, persiapan siswa dapat menjadi kunci untuk memastikan semua siswa berpartisipasi. 

Tawarkan cara kepada siswa untuk berkontribusi dalam berbagai cara, sehingga semua orang merasa nyaman. Mintalah siswa untuk datang ke diskusi dengan gambar karakter favorit mereka, dengan kutipan yang penting bagi mereka, atau dengan pertanyaan yang ingin mereka tanyakan kepada guru. Ide-ide semacam ini bahkan memberikan suara kepada siswa yang lebih pendiam dan membantu untuk tidak menekan mereka atau menempatkan mereka di tempat di depan teman sekelas mereka.

Mengembangkan kecintaan dan apresiasi membaca adalah salah satu hadiah paling berharga yang dapat diberikan seorang guru kepada siswanya. Dengan membuat klub buku virtual yang memberi siswa pilihan, membantu mereka mengenal teman sekelasnya, dan membangun kepercayaan diri dalam berkontribusi dalam percakapan, kebiasaan membaca seumur hidup dapat dipupuk dan landasan membaca yang kuat dapat diletakkan. Cobalah klub buku virtual menggunakan beberapa saran di atas, dan lihat betapa bersemangatnya siswa Anda

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.