Perkuat Pembelajaran Digital Para Guru

Kemampuan para guru untuk mendidik di era pembelajaran digital perlu disiapkan dengan memperkuat pedagogi siber pada diri guru. Guru yang lebih banyak berperan sebagai fasilitator harus mampu memanfaatkan teknologi digital yang ada untuk mendesain pembelajaran kreatif yang memampukan siswa aktif dan berikir kritis.

Para guru harus mulai dibiasakan untuk merasakan pembelajaran digital yang terus berkembang. Sebab penggunaan teknologi dalam pembelajaran berguna untuk memfasilitasi pembelajaran yang berkualitas. Buku bisa digantikan dengan teknologi. Konten pembelajaran sudah tersedia di internet. Tetapi guru tidak bisa digantikan. Itulah sebabnya kita harus memperkuat guru sebagai fasilitator yang membantu siswa untuk dapat memamfaatkan sumber belajar yang beragam tersebut.

Pembelajaran digital para guru
Smart classroom
Saat ini ada yang namanya smart classroom (penggunaan konten interaktif yang menarik secara visual dalam pengajaran). Masih terbatas guru yang mengalami bagaimana memanfaatkan belajar digital, pembelajaran kreatif teknologi. Oleh karena itu, pelatihan guru sudah harus mengarah ke sana. PGRI telah memfasilitasi Smart Learning Centre untuk meningkatkan mutu guru Indonesia di era pembelajaran digital.

Di era sekarang, siswa sudah banyak mengetahui pembelajaran lewat internet terlebih dahulu, baru sekolah. Jangan sampai guru gagap menghadapi kondisi siswa yang lebih banyak tahu content pembelajaran yang didapat dari internet. Karena itu kemampuan guru sebagai fasilitator harus diperkuat. Guru dapat mengarahkan pembelajaran lebih banyak pada diskusi, memecahkan masalah, hingga melakukan proyek yang meransang siswa berpikir kritis.

Mengatasi teknologi digital di daerah yang memiliki keterbatasan, dapat diatasi dengan memanfaatkan penggunaan smartphone atau gadget secara optimal. Sumber belajar digital, seperti 3.000 buku digital yang telah dimiliki oleh pemerintah bisa disiapkan dalam flashdisk atau diunduh.

Pembelajaran digital para guru
Pembelajaran dengan teknologi digital
Saat ini telah disiapkan modul penelitian bagi guru untuk memperkuat pedagogisiber di era pembelajaran digital. Para guru akan mendapatkan kesempatan untuk merasakan suasana pembelajaran dalam smart classroom yang secara bertahap kedepan akan dikembangkan di daerah-daerah.

Guru harus menjadi lokomotif perubahan di negara ini. Tuntutan pembelajaran di abad ini sudah jauh berbeda. Perlu ada transpormasi penyiapan guru secara revolusioner, dengan menyediakan pusat pelatihan yang sarat penguatan pembelajaran digital untuk guru dan sekolah. Guru harus terus mengembangkan profesionalisme.

Para guru juga dapat saling berbagi praktik untuk guru lain. Dengan berhimpun guru yang sama diharapkan juga memperbanyak munculnya karya inovasi guru dalam pembelajaran. 

logoblog
Previous Post
Newer Post
Next Post
Older Post

Post a comment

Copyright © Manajemen Sekolah. All rights reserved.