Sebagai seorang Kepala Sekolah, salah satu tugas yang harus dilaksanakan adalah supervisi akademik. Lakukan Supervisi Akademik perangkat pembelajaran dari perangkat salah seorang guru di sekolah yang dipimpin. Lakukan telaah RPP yang telah dibuat guru. Kepala Sekolah dapat menggunakan instrumen berikut.
Instrumen Telaah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
- Berilah tanda cek (V) pada kolom skor ( 0, 1, 2) sesuai dengan kriteria yang tertera pada kolom tersebut. Berikan catatan atau saran untuk perbaikan RPP sesuai penilaian Saudara.
- Isilah Identitas RPP yang ditelaah. Isilah instrumen ini berdasarkan Dokumen RPP guru saudara. Sertakan dokumen RPP guru Saudara sebagai pendukung dan bukti instrumen ini.
INSTRUMEN TELAAH RPP
Nama : .............................................................
Mata Pelajaran : .............................................................
Kelas/Semester : .............................................................
Materi : .............................................................
Pertemuan ke : .............................................................
No
|
Komponen/Aspek
|
Hasil Telaah
|
Catatan
|
||
Tidak
Ada/
Tidak
Sesuai
|
Kuarng
Lengkap/
Kurang
Sesuai
|
Lengkap/
Sesuai
|
|||
A
|
Identitas RPP
|
0
|
1
|
2
|
|
1
|
Terdapat : nama satuan pendidikan, kelas/semester,
mata pelajaran, materi pokok, dan alokasi waktu
|
||||
B
|
Komponen Utama RPP
|
||||
2
|
Minimal memuat 8 komponen utama dan lampiran
pendukung RPP, yaitu: (a) KI, (b) KD dan IPK, (c) Tujuan Pembelajaran, (d)
Materi pembelajaran, (f) Media pembelajaran dan sumber belajar, (g)
Langkah-langkah pembelajaran, (h) Penilaian hasil pembelajaran, (i) Lampiran
pendukung RPP (materi pembelajaran, instrumen penilaian, dan lain-lain
|
||||
C
|
Lelengkapan Komponen RPP
|
||||
C1
|
Rumusan KI, KD, dan IPK
|
||||
3
|
Mencakup KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4 sesuai dengan
Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016
|
||||
4
|
Kompetensi dasar (KD) mencakup sikap, pengetahuan,
dan keterampilan (khusus PPKn dan PABP) sedangkan mata pelajaran lain
mencakup pengetahuan dan keterampilan
|
||||
5
|
Menjabarkan IPK berdasarkan KD dan KI-3, KD dari
KI-4, KD dari KI-1 dan KD dari KI-2 (khusus PPKn dan PABP) sedangkan mata
pelajaran lain KD dari KI-3 dan KD dari KI-4
|
||||
6
|
IPK disusun menggunakan kata kerja operasional yang
dapat diukur/dilakukan penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.
|
||||
7
|
IPK dan KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses
kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedural,
dan/atau metakognitif
|
||||
8
|
IPK dan KD keterampilan memuat keterampilan abstrak
dan/atau keterampilan konkret
|
||||
C2
|
Rumusan Tujuan Pembelajaran
|
||||
9
|
Mencerminkan pencapaian kompetensi sikap,
pengetahuan, dan keterampilan
|
||||
10
|
Memberikan gambaran proses pembelajaran
|
||||
11
|
Memberikan gambaran pencapaian hasil pembelajaran
|
||||
No
|
Komponen/Aspek
|
Hasil Telaah
|
Catatan
|
||
Tidak
Ada/
Tidak
Sesuai
|
Kuarng
Lengkap/
Kurang
Sesuai
|
Lengkap/
Sesuai
|
|||
0
|
1
|
2
|
|||
12
|
Dituangkan dalam
bentuk deskripsi, memuat kompetensi yang hendak dicapai oleh peserta didik
|
||||
C3
|
Materi
Pembelajaran
|
||||
13
|
Ditulis dalam
bentuk butir-butir sesuai dengan cakupan materi yang termuat pada IPK atau KD
pengetahuan
|
||||
14
|
Memuat materi yang
bersifat faktual, konseptual, prosedural, dan/atau metakognitif
|
||||
15
|
Cakupan materi
sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan
|
||||
16
|
Mengakomodasi
muatan lokal, dapat berupa keunggulan lokal, kearifan lokal, kekinian dan
lain-lain yang sesuai dengan cakupan materi pada KD pengetahuan
|
||||
C4
|
Metode
Pembelajaran
|
||||
17
|
Menggunakan
pendekatan ilmiah dan/atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik
mata pelajaran.
|
||||
18
|
Menerapkan
pembelajaran aktif yang bermuara pada pengembangan HOTS
|
||||
19
|
Menggambarkan
sintaks/tahapan yang jelas (apabila menggunakan model pembelajarn tertentu)
|
||||
20
|
Sesuai dengan
tujuan pembelajarn
|
||||
21
|
Menggambarkan
proses pencapaian kompetensi
|
||||
C5
|
Media Pembelajaran
dan Sumber Belajar
|
||||
22
|
Mendukung
pencapaian kompetensi dan pembelajaran aktif dengan pendekatan ilmiah
|
||||
23
|
Sesuai dengan
karakteristik peserta didik
|
||||
24
|
Sumber belajar
yang digunakan mencakup antara lain bahan cetak, elektronik, alam, dan sumber
belajar lainnya
|
||||
25
|
|||||
C6
|
Langkah
kegiatan pembelajaran
|
||||
26
|
Memuat kegiatan
pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup
|
||||
27
|
Kegiatan
pendahuluan memuat: pengkondisian peserta didik, kegiatan religius,
apresiasi, penyampaian tujuan pembelajaran, urutan kegiatan, dan penilaian
yang akan dilakukan
|
No
|
Komponen/Aspek
|
Hasil Telaah
|
Catatan
|
||
Tidak
Ada/
Tidak
Sesuai
|
Kuarng
Lengkap/
Kurang
Sesuai
|
Lengkap/
Sesuai
|
|||
0
|
1
|
2
|
|||
28
|
Kegiatan Inti
a. Bentuk
kegiatan pembelajarannya berupa pembelajaran aktif (active learning) dengan
menggunakan berbagai model dan/atau metode pembelajaran dengan pendekatan
ilmiah maupun pendekatan lain yang relevan
|
||||
b.
Sesuai dengan model dan/atau metode pembelajaran yang digunakan
|
|||||
c.
Menggambarkan proses pembelajaran yang menimbulkan interaksi
multi-arah, antar peserta didik dengan guru, dan interaksi dengan
bahan/alat/lingkungan belajar
|
|||||
d.
Menggambarkan proses pembelajaran yang menyenangkan, menantang dan
memotivasi peserta didik
|
|||||
e.
Mengintegrasikan keterampilan hidup abad ke-21 (PPK, literasi,
kompetensi/4C)
|
|||||
29
|
Kegiatan penutup meliputi:
a.
Refleksi dan evaluasi terhadap seluruh rangkaian aktivitas
pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama
menemukan menfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang
telah berlangsung
|
||||
b.
Memberikan umpan balik terhadap proses dari hasil pembelajaran
|
|||||
c.
Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik
tugas individual maupun kelompok
|
|||||
d.
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya
|
No
|
Komponen/Aspek
|
Hasil Telaah
|
Catatan
|
||
Tidak
Ada/
Tidak
Sesuai
|
Kuarng
Lengkap/
Kurang
Sesuai
|
Lengkap/
Sesuai
|
|||
0
|
1
|
2
|
|||
C7
|
Penilaian Hasil Belajar
|
||||
30
|
Memuat rancangan penilaian
|
||||
31
|
Memuat jenis/teknik penilaian, bentuk penilaian,
instrumen dan pedoman penskoran
|
||||
32
|
Mencakup penilaian pengetahuan, keterampilan, dan
sikap (khusus pada mata pelajaran PPKN dan PABP)
|
||||
33
|
Sesuai dengan kompetensi (IPK dan atau KD)
|
||||
34
|
Sesuai dengan kegiatan yang dilakukan dalam
pembelajaran
|
||||
35
|
Sesuai dengan materi pembelajaran
|
||||
36
|
Memuat soal HOTS
|
||||
Jumlah
|
|||||
Skor
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar